PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Komputer di bidang seni
Kategori Desain Grafis
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
Pengolahan Citra Digital
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
KANTOR MAYA (VIRTUAL OFFICE)
Grafika Komputer 3 sks.
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Sistem Multimedia.
KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK
Visualisasi INFORMASI
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
VISION.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pengenalan Grafika Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
DIGITAL MODELLING (Computer Aided Design / CAD)
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KOMPUTER ALAT PEMECAH MASALAH
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
KONSEP INTERFACE
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
IF37325P - Grafika Komputer Pendahuluan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pengertian Aplikasi Komputer
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
GRAFIKA KOMPUTER Part 2.
Pengantar Grafika Komputer
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPUTER GRAFIK unindra
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Grafika komputer 1.
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
RAGAM SISTEM INFORMASI
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Transcript presentasi:

PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi

Pengantar grafik komputer

Definisi Grafika komputer adalah teknik-teknik dalam ilmu komputer dan matematika untuk merepresentasikan dan memanipulasi data gambar menggunakan komputer Salah satu aplikasi yang nyata dari grafika komputer adalah untuk visualisasi data dalam bentuk grafis 2D atau 3D dilengkapi dengan animasi Penekanan diberikan dalam rangka menjawab pertanyaan bagaimana menghasilkan gambar benda yang realistis sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi.

Sejarah Grafika Komputer (1) Beberapa nama menjadi pionir dalam pengembangan grafika komputer yaitu: William Fetter. Mempopulerkan istilah computer graphics pada tahun 1960. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan metode perancangan pesawat baru yang dikembangkan di tempat ia bekerja yaitu Boeing. Citra, yang direproduksi menggunakan plotter, menggambarkan rancangan kokpit menggunakan model 3D tubuh manusia. Ivan Sutherland. Seorang mahasiswaMIT pada tahun 1961 menciptakan program komputer yang disebut Sketchpad. Dengan bantuan light pen seseorang dapat menggambar bangun sederhana pada layar komputer.

Sejarah Grafika Komputer (2) Steve Russell. Di tahun yang sama menciptakan video game pertama yang disebut Spacewar. Program ini dijalankan pada mesin DEC-PDP-1, dan sekaligus menjadi program uji bagi setiap komputer DEC yang dipasarkan. E. E. Zajac. Seorang ilmuwan dari Bell Telephone Laboratory, tahun 1963, menciptakan sebuah film yang mensimulasikan gerakan-gerakan satelit pada saat mengorbit bumi. Animasinya dilakukan menggunakan komputer mainframe IBM 7090.

Sejarah Grafika Komputer (3) The Whirlwind Computer, tahun 1950 di MIT memiliki Cathode Ray Tube (CRT) untuk memperagakan keluaran alternatif dari hardcopy Munculnya CAD/CAM tahun 1964 di General Motor yang memiliki DAC system Perkembangan tahun 70’an grafika sangat lambat karena masih mahalnya perangkat keras grafika. Pertengahan tahun 80-an muncul kelas komputer grafik workstation yaitu suatu sistem komputer yang dilengkapi dengan fasilitas peragaan dan kemampuan grafika dan peranti I/O interaktif. Nama-nama terkenal saat itu adalah HP, Appolo, DEC, Xerox, dll.

Implementasi Grafika Komputer . Implementasi Grafika Komputer Setidaknya ada tujuh area dimana aplikasi grafika komputer dapat dimanfaatkan, yaitu User Interface. Penggunakan grafika komputer sebagai antar muka komputer pada sistem operasi dan aplikasi modern dewasa ini, misalnya Windows dan Visual Studio. Membuat Presentasi. Digunakan untuk membuat diagram-diagram. Office Automation Penggunakan grafis pada aplikasi otomasi perkantoran seperti Office sudah menjadi `trend’ aplikasi modern dengan konsep point and click.

Implementasi Grafika Komputer Percetakan Dijital. Penggunaan untuk percetakan, pembuatan brosur, billboard dijital, buku dan sebagainya CAD/CAM (Computer-Aided Design/Computer-Aided Manufacturing). Aplikasi pada bidang teknik, misalnya untuk pembuatan rancang bangun rumah, kendaraan dan alat-alat suku cadang.

Implementasi Grafika Komputer Seni dan Komersil. Aplikasi grafika komputer pada bidang seni dan komersil, misalnya lukisan dijital, promosi barang-barang yang dijual secara online yang dilengkapi dengan gambar Pengontrolan Proses. Aplikasi visualisasi data dengan menghubungkan alat dengan komputer melalui saluran USB atau RS-232. Digunakan untuk memonitor lokasi, webcam dan pengawasan dan sebagainya

Pengguna Grafik Komputer (1) Movies

Pengguna Grafik Komputer (2) Games

Pengguna Grafik Komputer (3) Doctors

Pengguna Grafik Komputer (4) Scientists

Pengguna Grafik Komputer (5) Engineers

Applications (1) Simulators (flight, driving) Mechanical CAD (Computer Aided Design) Advertising

Applications (2) Architectural visualization

Applications (3) Scientific visualization

Applications (4) Computer games Special effects Medical imaging

Applications (5) Computer Art

Context Image Processing: from images to images Computer Vision: from images to models Computer Graphics: from models to images Image Image Image Processing Computer Graphics Computer vision Text, Garis, Titik, Polygon Deskripsi

Tentang Apa Grafik komputer itu? Grafik komputer, adalah tentang pengambilan suatu model komputer dan memproduksi suatu citra dari model tsb. Secara pasti bagian dari area yang lebih luas tentang grafik komputer: Kita sering ingin berhubungan dengan model tsb, maka kita menciptakan image yang baru. Kadang-Kadang kita ingin membuat animasi/menghidupkan model dalam cara yang ditentukan (seperti suatu script/naskah) atau menurut satu kumpulan aturan. Juga, ada isu bagaimana cara terbaik untuk menampilkan kembali (represent) model itu. Tentu saja, semua ini mengasumsikan suatu cara untuk capture/menangkap atau menciptakan model tsb, kemudian akhirnya menampilkan image tsb.

Jenis Apa saja yang dimodelkan? Shape/bentuk : Apakah itu? Dapatkah kita mengira-ngiranya dengan bentuk yang lebih sederhana? Position/posisi : Dimanakah ia? Surface properties/ciri-ciri permukaan : Apa warnanya? Apakah ia berkilau/shinny? Apakah ia lembut/kasar? Volumetric properties/ciri-ciri volumetric : Apakah ia tebal/padat? Bagaimana cara ia menyebarkan cahaya? Lights/cahaya : Seberapa terang? Apa warnanya? dimana? Apakah terarah?

Model Dasar Grafik Komputer Grafik Komputer adalah ilmu yang berhubungan dengan pembuatan (produksi) gambar (citra) mengggunakan komputer melalui tahapan (tasks): 1. Pemodelan 2. Rendering 3. Animasi Secara sederhana grafika komputer juga dapat didefiniskan sebagai berikut Computer graphics is generating 2D images of a 3D world represented in a computer

Model Dasar Grafik Komputer Modelling Modelling atau pemodelan adalah upaya untuk menggambarkan objek nyata ke dalam objek yang memiliki karakteristik geometris. Pemodelan objek 3D dalam bentuk geometris ini dimaksudkan agar gambar dapat dimanipulasi tanpa kehilangan akurasi karena perhitungan dilakukan secara numeris berdasarkan kaidah matematis. Gambar-gambar geometris tersebut disebut wireframe.

Model Dasar Grafik Komputer Secara umum pemodelan geometris dapat diartikan sebagai: Memotret objek nyata dan lalu mengubahnya menjadi menjadi objek maya (virtual) Menjelaskan dunia nyata atau objek nyata menggunakan matematika Jika objek tidak ada, penggambaran dilakukan berdasarkan imajinasi artis

Model Dasar Grafik Komputer Rendering Rendering adalah pemberian nuansa realistis kepada model-model geometris sehingga memiliki sifat/keadaan yang menyerupai sebenarnya. Gambar berikut menunjukkan contoh graphics rendering.

Model Dasar Grafik Komputer Langkah-langkah yang dilakukan pada proses rendering antara lain adalah: Penggambaran objek 3D dalam 2D Pemberian warna Pengaturan cahaya Pemberian gradasi warna Penambahan tekstur permukaan Pembuatan bayangan gambar Pantulan cahaya (reflection) maupun serapan cahara (transparancy) Perhatian terhadap perpotongan antar objek Penghilangan objek-objek yang tersebunyi

Model Dasar Grafik Komputer Gambar di bawah ini mengilustrasikan proses rendering dari objek wireframe.

Model Dasar Grafik Komputer Animation Animation atau animasi adalah teknik-teknik untuk memberikan efek gerakan atau motion pada objek grafis. Pemberian efek gerak ini harus mengikuti kaidah-kaidah normal dari gerakan baik gerakan manusia, gerakan alam maupun gerakan objek-objek lainnya. Efek animasi merupakan efek yang paling penting khususnya dalam pembuatan film yang bersifat banyak gerak. Dengan adanya animasi komputer maka terjadi efisiensi dalam hal pembuatan film sekaligus juga menciptakan kreativitas-kreativitas baru yang terkadang cukup sesasional.

Arsitektur Sistem Grafika Komputer