KOMPUTER DAN MASYARAKAT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
Tahapan information engineering
TIKO : (Teknologi Informasi, Komputatsi, & Otomasi)
Manajemen Proyek.
Analisis dan Perancangan Sistem
MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
© 2007 by Prentice Hall Management Information Systems, 10/e Raymond McLeod and George Schell 1 Management Information Systems, 10/e Raymond McLeod and.
AUDIT SISTEM INFORMASI
Distance Learning.
Pengantar Sistem Basis Data
PENGELOLAAN INFORMASI DALAM BISNIS
Pengantar Teknologi Informasi Akuntansi Dan Solusi Bisnis
IMPLEMENTASI CRM Pertemuan 7.
PENGEMBANGAN SISTEM.
Interaksi Manusia & Komputer Website
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Pengantar Teknologi Informasi
Management Information Systems, 10/e
Penyebaran, Pengiriman, dan Berbagi Knowledge
System Development Life Cycle (SDLC)
1 DASAR-DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS CHAPTER
Bismillahirrohmaanirrohiim
SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS
Support System IT Putri Taqwa Prasetyaningrum,S.T.,M.T.
INFRASTRUKTUR E-BUSINESS
Manajemen Proyek TI (Perancangan Jaringan)
KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER
Manajemen Proyek TI.
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN ELEARNING
MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
Information Technologies
Pengantar Teknologi Informasi Akuntansi Dan Solusi Bisnis
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
SISTEM INFORMASI.
Dosen : Fajar Y. Zebua Manajemen Proyek TI Dosen : Fajar Y. Zebua
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Perancangan Sistem Informasi Manajemen
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Information System Today
– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri
Chapter 13 Karir dan Sertifikasi di bidang Komputer
KONSEP SISTEM INFORMASI Sistem Informasi Perusahaan
Pengantar Teknologi Informasi Introduction to Computers and Networks
REKAYASA WEB Development Process
Konsep Manajemen Proyek
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
Siklus Hidup System.
BISNIS DAN SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
COOPERATIVE WORK by dwights.
Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Information Technology MWU110 (2 sks)
KONSEP SISTEM INFORMASI
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
CSCW (Computer Supported Cooperative Work)
KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER
Jaringan Komputer.
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MUH. AGUS, S.KOM.,MM.
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
Manajemen Proyek.
Transcript presentasi:

KOMPUTER DAN MASYARAKAT

Community Concepts Konsep Masyarakat/Komunitas

Komunitas/Community Sekelompok orang (A group of people) Berbagi interaksi sosial (Shared social interaction) Ikatan yang biasa di antara anggotanya (Common ties among members) Orang yang berbagi suatu area pada beberapa perioda waktu (People who share an area for some period of time)

Komunitas Maya/Virtual Community Suatu area online yang menunjukkan bahwa manusia berbagi ikatan biasa untuk dapat berinteraksi satu sama lain. (An area online where people who share common ties can interact with one another.) Merupakan sekelompok orang yang mungkin atau tidak mungkin bertemu satu sama lainnya melalui tatap muka, dan yang bertukar kata dan ide melalui mediasi computer bulletin boards dan jaringan (It is a group of people who may or may not meet one another face to face, and who exchange words and ideas through mediation of computer bulletin boards and networks.)

Perbedaan diantara Komunitas Online dan Portals Portals dimulai sebagai search engines dan kemudian ditambah isi, Internet, dan jasa e-commerce. Agar dapat bertahan, portals telah menambah banyak gambar pengembangan komunitas (many community-building features) termasuk kelompok ngobrol (chat groups), bulletin boards, free Web site design and hosting, dan gambaran lain yang membangkitkan pengunjung untuk tetap/diam pada site tersebut dan berinteraksi dengan lain orang yang berbagi (share) ketertarikan mereka. Yahoo, misalnya, menggunakan gambaran isi yang mendalam dan vertikal (deep vertical content features) untuk menahan pendengar/pengunjung pada site dan memaksimumkan kesempatan mendapat keuntungan (to retain its audience on site and maximize revenue opportunities). Portals mulai mengukur kesuksesannya dalam bentuk gambar yang disukai komunitas mereka (have begun to measure their success in terms of their community-like features)

Jenis Komunitas Online dan Model Bisnis Mereka Umum – kumpul secara online untuk mendiskusikan dan berkomunikasi tentang topik umum (online gathering for general topical discussions and communication) Praktek – Para praktisi komunitas , pencipta artifacts seperti kode komputer atau musik (community practitioners, creators of artifacts such as computer code or music) Ketertarikan – Masyarakat dibangun dalam lingkungan ketertarikan yang sama, seperti games, sport, musik, politik, kesehatan, keuangan, masalah luar negeri, gaya hidup (community built around a common interest, such as games, sports, music, politics, health, finance, foreign affairs, lifestyle)

Daya tarik menarik (Affinity) – komunitas dari anggota yang identitasnya berdasar demografi atau kategori geografi, seperti wanita, African Americans, Arab Americans (community of members who self-identity with a demographic. Or geographical category, such as women, African Americans, Arab Americans) Disponsori (Sponsored) – Komunitas yang diciptakan oleh komersial, pemerintah, dan organisasi non-profit untuk berbagai maksud; setiap site yang menggunakan teknik komunitas untuk menarik pengunjung , konsumen, dan/atau mencari keuntungan (community created by commmercial, government, and nonprofit organizations for a variety of purposes; any site that uses community techniques to attracts visitors, customers, and/or generate revenue.)

Gambaran Komunitas dan Teknologi Gambaran Penjelasan Isi Artikelnya fokus pada keterarikan E-mail Alamat E-mail dan korespondensi diarahkan ke individu yang identitas dirinya dengan topik khusus. Instant messaging Kontak langsung seorang dengan teman melalui fasilitas komunitas Message boards Posting dari pesan ke seluruh komunitas dan pakar secara online Chat Diskusi kelompok langsung melalui online; internet relay chat (IRC) Diskusi kelompok Disksi kelompok diorganisir oleh topik Experts online Pakar bersertifikat (Certified experts) di area terpilih merespon ke pertanyaan (to queries) Penciptaan Personal and group Web pages

INFORMATION SYSTEM CONCEPT

SISTEM Serangkaian komponen yang saling berenteraksi untuk mencapai tujuan yang disepakati bersama

INFORMATION INFORMATION DATA CHARASTERISTICS OF BOTH STORAGE OF DATA INPUT-----> PROCESS--- OUTPUT FEEDBACK

SISTEM INFORMASI Perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia dan prosedur yang kerja bersama untuk menghasilkan informasi yang bermutu atau berkualitas Anda memberikan data ke beberapa sistem informasi. Jadi data di proses menjadi informasi adalah Sistem Informasi (IPO)

QUALITY OF INFORMATION SYSTEMS TECHNOLOGY DATABASE CONTROL A C U R y T V A N C Y TECHNOLOGY DATABASE CONTROL

Quality of Information System Akurasi (Accuracy) Informasi bebas dari kesalahan dan kekeliruan Informasi bebas dari bias Tepat Waktu (Timeliness) Penerima mendapat informasi pada waktu mereka memerlukan Relevan (Relevancy) Apakah informasinya secara khusus menjawab penerima dengan pertanyaan apa, mengapa, dimana, kapan, siapa, dan bagaimana? (what, why, where, when, who, and how?)

TECHNOLOGY TECHNOWARE  perangkat Teknologi HUMANWARE  perangkat Manusia INFORWARE  perangkat Informasi ORGAWARE  perangkat Organisasi CAPABILITY/ABLE TO HEARTWARE/COMMITMENT

Communications Media and Network Support COMPONENTS OF INFORMATION SYSTEMS Sumberdaya Manusia Sumberdaya Data End Users dan IS Specialist Data dan Knowledge Base Kontrol dari Kinerja Sistem Input dari Produk Data Pemrosesan Data ke dalam Informasi Output dari Produk Informasi Program dan Prosedur Mesin dan Media Sumberdaya Software Sumberdaya Hardware Penyimpanan Sumberdaya Data Communications Media and Network Support Sumberdaya Network

SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM Serangkaian kegiatan yang digunakan oleh pengembang (developers) untuk membangun sistem informasi System developers juga menggunakan siklus sistem pengembangan untuk maintain (merawat dan memperbaiki) dan memantau kegiatan yang sedang berjalan (ongoing activities)

Tahapan pada Siklus Pengembangan Sistem Perencanaan Analisis Dukungan Kegiatan yang sedang Berjalan (Ongoing Implementasi Desain

SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM Terdiri dari lima (5) tahap yang membentuk putaran (loop) Perencanaan Me-Review (Peninjauan) permintaan proyek Meprioritaskan permintaan proyek Mengalokasikan sumberdaya Membentuk tim pengembangan proyek Analisis Melakukan investigasi permulaan Melakukan analisis kegiatan secara rinci: Studi sistem yang paling mutakhir Menentukan kebutuhan users Merekomendasikan solusi

Lanjutan Desain Implementasi Dukungan Memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, apabila diperlukan Mengembangakan rincian sistem Implementasi Mengembangkan program, apabila diperlukan Memasang (Install) dan mentes sistem baru Melatih users Merubah ke sistem baru Dukungan Melakukan tinjauan sistem sesudah implementasi (post-implementation system review) Mengidentifikasi kesalahan dan peningkatan Memantau (monitor) kinerja sistem

PEDOMAN UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM Pengembangan sistem seharusnya mengikuti tiga (3) pedoman umum, yaitu menyusun kegiatan ke dalam tahapan, mengikut sertakan users dan membangun standar Siklus pengembangan sistem seharusnya mengelompokkan kegiatan atau tugas ke dalam tahapan. Ada siklus pengembangan sistem yang mempunyai tahapan lain disebut Konstruksi (Construction) atau Pengembangan, yang memasukkan pengembangan kegiatan program. Perbedaannya adalah pada terminologi yang digunakan, order dari kegiatannya dan tingkat rincian di dalam setiap tahapan

Lanjutan System developers harus mengikut sertakan users selama keseluruhan proses pengembangan sistem. Users termasuk seseorang untuk siapa sistem ini dibuat. Sebagai users, maka dia atau mereka dapat berinteraksi dengan sistem informasi pada bank, perpustakaan,toko pangan, pusat kebugaran, kerja dan sekolah. System developers harus ingat bahwa mereka pada akhirnya mengirim sistemnya ke users. Apabila sistem harus sukses, maka users seharusnya termasuk di dalam setiap tahapan pengembangan. Users lebih cocok untuk menerima sistem baru apabila mereka berkontribusi pada desainnya.

Lanjutan Proses pengembangan seharusnya mempunyai standar yang jelas ditentukan. Standar adalah serangkaian aturan dan prosedur yang diharapkan diterima dan diikuti oleh karyawan perusahaan. Dengan standar tersebut menolong orang yang bekerja di proyek yang sama untuk menghasilkan hasil yang konsisten

Aplikasi Komputer di Masyarakat Pendidikan Keuangan Pemerintah Pelayanan Kesehatan Ilmu Pengtahuan Percetakan Perjalanan Industri

Pendidikan = mendapatkan knowledge Traditional: Belajar dari orang lain Menggunakan bahan cetakan Modern: Turunnya biaya Kcomputer Telekomuniasi teknologi Digital divide: Mempunyai akses dan tidak mempunyai akses ke teknologi. Anytime Anywhere Learning