FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1 Pendahuluan & Pengenalan Algoritma
Sylabus Fondasi Pemrograman & Struktur Data Intro Fondasi Pemrograman (Pengenalan Algoritma) Structured Control & Flowchart Fundamentals Data Type String Arrays Sort Stack & Queue Tree Graph & Path
Sejarah Metodologi Pemrograman Metodologi pengembangan program pertama kali diperkenalkan Prof E.W Dykstra tahun 1960. Pemrograman terstruktur mengurangi pemakaian instruksi GOTO.
Ciri-ciri Program Baik Run correctly Run efficiently Be easy to read and understand Be easy to debug Be easy to modify
Langkah–langkah Pengembangan Program Definisikan masalah Rancang outline pemecahan masalah Buat algoritma berdasarkan outline pemecahan masalah Test algoritma Coding Execute Dokumentasi dan pemeliharaan
1. Definisi Masalah Keluaran (Output) Masukan (Input) Proses (Proces) Contoh tabel definisi masalah: Input Proces Output
2. Outline Pemecahan Masalah Buat langkah – langkah proses Buat rincian/detail Proses Tentukan Variable dan/atau record Tentukan struktur kontrol (pengulangan, kondisi, dsb) Buat logika ‘Mainline’ (logika utama)
Teorema Strutured Control Sequence Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya Contoh : Perintah A Perintah B Perintah C A B C
Teorema Strutured Control Selection Instruksi akan dikerjakan jika kondisi tertentu dipenuhi Contoh : Penggunaan IF-ELSE Penggunaan CASE w var x y default A B C D B ? A=5 C Ya Tidak
Teorema Strutured Control Repetition Instruksi dikerjakan berulang – ulang sampai suatu kondisi dicapai. Contoh : Penggunaan WHILE Penggunaan For For x = 0 to 5 A B x ? Kondisi A B
See You Next Session Thanks