BAGIAN PENGOLAHAN DAN MEMORI Grace L.A Sihombing P2- APLIKASI KOMPUTER BAGIAN PENGOLAHAN DAN MEMORI Grace L.A Sihombing
2.1 Bagian Dalam Komputer Beberapa komponen penting dalam sebuah komputer yang perlu di ketahui yaitu : Chasis Motherboard Processor Memory Hard disk Power Supply Expansion Slot Device Controller Disk Drive Bus Komponen-komponen lainnya
Chasis Chasis : Kasing komputer atau selubung komputer (bahasa Inggris: computer chase, dikenal juga dengan computer chassis, cabinet, box, tower, enclosure, housing, system unit atau sederhananya, kasing) adalah adalah tempat (kotak/wadah) yang berisi sebagian besar komponen dari sebuah komputer.
Motherboard Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari perangkat peyimpanan (harddisk, CD-ROM), masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
Hard Disk Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Tempat dimana seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan. Dalam sebongkah hard disk, terdapat berbagai macam ruang ruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
2.2 Bagian Pengolahan Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas : Arithmetic and Logic Unit (ALU) Controt Unit
Processor Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” Cth Merek Prosessor AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel
Menjalankan Program Oleh Prosesor Ada 2 cara menjalankan program : Fetch Cycle adalah suatu proses dimana CPU mengambil atau membawa (menjemput) instruksi dari memori ke CPU. Execution Cycle adalah proses dimana CPU melaksanakan instruksi yang tersimpan pada register yang berasal dari memori. Kedua cara tersebut di sebut Machine Cycle
2.3 Memory Ada 2 Jenis Memori yaitu : Memori Utama (Primary Memory) - RAM (Random Acces Memory) - ROM (Read Only Memory) Memori Tambahan (Scondary Memory) - Hard disk - floppy disk
Memory Utama RAM (Random Acces Memory) merupakan memori bersifat volatile (hanya menyimpan data pada saat komputer hidup). Struktur RAM : Input Storage (menampung semua data yang di input melalui alat input) Program Storage (menyimpan semua intruksi program yang akan diproses) Working Stroge (menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahannya Output Storage (menampung hasil akhir dari pengolahan data)
Jenis-Jenis RAM ada 2 jenis RAM yaitu : DRAM (Dinamic Random Access Memory) mempunyai kapasitas terbesar 4 GB/Chip. tipe DRAM : SDRAM, DDR SDRAM, BAT-RAM SDRAM, EDO DRAM dan RDRAM SRAM (Static Random Access Memory) tipenya : DDR SRAM, QDR SRAM, SyncBurst dan ZBT SRAM Ukuran memory utama atau RAM ditunjukan oleh satuan Kilo Byte (KB), Mega Byte (MB) dan Giga Byte (GB).
ROM (Read Only Memory) merupakan memory yang datanya hanya dapat dibaca dan bersifat tidak volatile. Jenis ROM Yaitu : PROM (Programble Read Only Memory) EPROM (Erasable Programble Read Only Memory) EEPROM (Electricaly Erasable Programble Read Only) Flash Memory
Memory
BUS Bus merupakan suatu sirkuit yang digunakan sebagai jalur transformasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer. Diantaranya : a. Internal bus (CPU – Memori) b. External bus (CPU – input/Output) Struktur Bus Address Lines Data Lines Control Lines
Pertimbangan dalam menentukan memory Ada tiga hal yang dipertimbangkan dalam memilih memori utama (RAM) : Kecapatan Jumlah / Kapasitas Biaya
Bahasa Komputer Bahasa komputer didasarkan kepada bilangan biner yaitu 0 dan 1 Sistem Bilangan Bilangan Desimal Bilangan Biner Bilangan Hexadesimal
Bilangan Desimal Disebut dengan bilangan desimal karena menggunakan 10 simbol bilangan dari 0 sampai 9. contoh : 12.39810 Bilangan dasar 10/ desimal Bilangan diatas terdiri dari (1,2,3,9,8), masing-masing angka memiliki nilai kelipatan 10 dan dihitung mulai dari angka paling kanan seperti : 1 x 104 = 10.000 2 x 103 = 2.000 3 x 102 = 300 9 x 101 = 90 8 x 100 = 8 12.39810
Bilangan Biner Sistem bilangan biner menggunakan simbol 0 dan 1 . Setiap posisi angka dalam bilangan biner merupakan kelipatan dari 2 dan dihitung mulai dari kanan. contoh : 10110010 Bilangan dasar 2/biner Tentukan ekivalensinya dalam bilangan desimalnya? 1 x 27 = 128 0 x 26 = 0 1 x 25 = 32 1 x 24 = 16 0 x 23 = 0 0 x 22 = 0 1 x 21 = 2 0 x 20 = 0 17810 Jadi angka desimal dari bilangan 10110010 adalah 178
Bilangan Hexadesimal Sistem bilangan hexadesimal menggunakan 16 lambang yaitu : 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F Contoh : bilangan biner 0010 1100 0110 1110 bilangan hexadesimal 2 C 6 E
Latihan Ubahlah 2 angka nomor NPM anda menjadi Bilangan Biner . Example: NPM Dian : 1233121 Binernya : 0 0 0 1 0 1 0 1 = 21