Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Advertisements

Created By : Siti arofah, s.soS
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
The Product and the Process CHAPTER 1 The Product Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
Requirement Document.
RPL.
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Software Engineering ( Pressman )
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Engineering ( Pressman )
Sistem dan Teknologi Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Bagian 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (APSI) 01. Pengantar APSI
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
R.S. Pressman & Associates, Inc
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Defri Kurniawan PERANGKAT LUNAK Defri Kurniawan
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar Perangkat Lunak
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom perima_beri@yahoo Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S.Kom perima_beri@yahoo.co.id

SEKILAS BIODATA Beri Perima, S.Kom. Rumah : 1. Kota Lubuk-Linggau – Sumatera Selatan (Asal) 2. PCI Blok B43 Telp : 087 774 73 7640 e-mail : perima_beri@yahoo.co.id Pendidikan : S - 1 Teknik Informatika UNSERA Lulus November 2012

Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th Edition, Addison-Wesley, 2007. Stephen R. Schach: Object-Oriented and Classical Software Engineering, 7th Edition, Prentice Hall, 2001

Tujuan Mata Kuliah RPL Dapat Menjelaskan Pengertian Perangkat Lunak, Program, Prosedur dan Rekayasa Perangkat Lunak. Memahami tujuan Rekayasa Perangkat Lunak. Memahami Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak. Memahami posisi bidang Rekayasa Perangkat Lunak pada disiplin ilmu komputer dan keterkaitannya dengan bidang ilmu lain. Mengetahui perkembangan ilmu Rekayasa Perangkat Lunak. Menjelaskan prinsip-prinsip pemecahan masalah dalam Rekayasa Perangkat Lunak.

Peran Ganda Perangkat Lunak (PL) PL adalah sebuah produk Menyajikan potensi komputasi Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi, menampilkan atau mengirimkan informasi PL adalah alat untuk menyajikan sebuah produk Mendukung atau menyediakan langsung fungsi sistem Mengendalikan program lain (mis : sistem operasi) Mempengaruhi komunikasi (mis : PL jaringan) Membantu membangun PL lain (mis : tool PL)

Apakah RPL ? RPL adalah sekelompok item atau objek Yang membentuk “konfigurasi” dimana di dalamnya termasuk : • program • dokumen • data ...

Pengertian secara Umum Rekayasa Perangkat Lunak suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisis kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, Implementasi, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Rekayasa Perangkat Lunak ≠ Program Rekayasa Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Rekayasa Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi (O’Brien, 1999).

TUJUAN RPL Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.

Apakah PL ? Sebuah perbandingan dengan Hardware PL ‘dirakit’ PL tidak kadaluwarsa/ter update PL lebih kompleks

RUANG LINGKUP

RPL Bagian dari Disiplin Ilmu Komputer

POSISI RPL

SEJARAH RPL

TIPE MASALAH

SIKLUS SOLUSI RPL

Aplikasi PL system software application software engineering/scientific software embedded software product-line software WebApps (Web applications) AI software

Kategori Baru PL Obiquitous computing — jaringan nirkabel Netsourcing—Web sebagai mesin komputasi Open source—kode program dibuka gratis kepada komunitas komputasi) Juga … Data mining Grid computing Cognitive machines Software for nanotechnologies

Perubahan PL Kenapa harus berubah ? PL harus ber-adaptasi untuk memenuhi kebutuhan lingkungan komputasi atau teknologi baru. PL harus di-perbaiki untuk mengimplementasi kebutuhan bisnis baru. PL harus diperluas untuk membuatnya dapat berinteroperasi dengan sistem dan database modern yang lain. PL harus di-arsitek ulang untuk membuatnya ‘hidup’ di tengah-tengah lingkungan jaringan.

Pertanyaan

SEKIAN Terima Kasih