Data dan Informasi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TIPS ERGONOMI BAGI PENGGUNA KOMPUTER
Advertisements

ERGONOMIKA TEMPAT DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA
2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
BAB IV – Mulai bekerja di komputer
BAB 10 ASPEK ERGONOMIK.
Aspek Ergonomik.
Visual Display Terminal
4 Bab Mulai Bekerja di Komputer Teknologi Informasi dan Komunikasi
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA (Improving Work Efficiency) Pertemuan 3
TIPS ERGONOMI BAGI PENGGUNA KOMPUTER
TEORI KEJURUAN ANIMASI
K3.
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
FAKTOR MANUSIA.
Oleh : Wahyuni Tri Widayati
Ergonomik INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Erik Kurniadi 1 1.
Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
KARPAL SYNDROME Baehaqi - Indoforum. Hati Hati TerLaLu sering Menggunakan Mouse Komputer!! Bisa Terkena KARPAL SINDROM! Bagi Anda yang selalu bekerja.
DAMPAK KESEHATAN PADA PEMAKAIAN KOMPUTER
2 Kompetensi Dasar Indikator
Aspek Ergonomi Dalam IMK
ASPEK ERGONOMIK.
Oleh : Yermias Kapa Kado, SKM 1. 2 Kata Komputer dari segi bahasa berasal dari kata “to compute” yaitu alat hitung digital. Perbedaan antar komputer.
Asrinah_ “Hardware” MONITOR.
Mouse optis Kelompok XXIV.
SMA SWASTA HARAPAN MEDAN
VISION VISION Pertemuan 6 Matakuliah: L0252 – Computer Aided Learning = Technology Psychology Tahun: 2009/2010.
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Disusun oleh: Nama: Firdaus Tri W( ) Sony( ) Arshad( ) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD.
Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Negeri 1 Mantewe Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pengukuran Intensitas Penerangan
MEDIA PEMBELAJARAN TIK Kelas IX SMPN 1 SEMANU
Desain Tempat Kerja Rahmi Lubis,S.Psi.,M.Psi..
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
Media Pembelajaran ADP
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
TEKNIK ANTARMUKA.
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Informasi.
Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
K3 DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI
PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
ASPEK ERGONOMIK.
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Aspek Ergonomi dalam IMK
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
TEKNOLOGI INFORMASI I HERY SUHARSO.
ASPEK ERGONOMIK KELOMPOK : 1. Noval Azmi 2. Yulizar Ikhsan. F 3. M. Wahyu Setiawan 4. Riki Supriyadi 5. Adi Gilang Wahyu. A 6. Achmad Rinandar. F AMIK.
المختبر اللغوي واستخدامه لتعليم اللغة العربية
Mempelajari Administrasi Perkantoran
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
A. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Pertemuan 7 Hardware.
PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
SIKAP TUBUH YANG ERGONOMI DALAM BEKERJA DAN DAMPAKNYA
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
TIPS ERGONOMI BAGI PENGGUNA KOMPUTER
PERIPHERALS By : Nima Lestari
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3) dalam Menggunakan TIK
Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3) dalam Menggunakan TIK
Imanuel Christiansen Mamudi, S.Pd, Gr. MENGIKUTI PROSEDUR KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN (K3)
Pengukuran Intensitas Penerangan
ASPEK ERGONOMIK.
Desain Tempat Kerja Rahmi Lubis,S.Psi.,M.Psi..
Transcript presentasi:

Data dan Informasi

Secara garis besar siklus informasi pada komputer adalah DATA INFORMASI Diolah

Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum bisa bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi. Data dapat berbentuk symbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk sinyal, gambar dll. Sedangkan informasi adalah hasil dari proses pengolah data sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna. Dan kualitas informasi tergantung dari tiga hal yaitu informasi harus akurat, tepat waktu dan relevan. Dan informasi dikatakan bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

Kegunaan informasi sendiri adalah mengurangi hal ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan. Contohnya : didalam sebuah perusahaan misalnya dari hasil transaksi penjualan oleh sejumlah salesmen, dihasilkan sejumlah faktur-faktur yang merupakan data dari penjualan pada suatu periode tertentu. Faktur tersebut masih belum dapat bercerita banyak kepada manajemen. Untuk keperluan pengambilan keputusan maka faktur-faktur tersebut diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu informasi.

Beraneka ragam informasi dapat dihasilkan darinya, misalnya: Informasi berupa laporan penjualan tiap-tiap salesmen,berguna bagi manajemen untuk menetapkan besarnya komisi dan bonus Informasi berupa laporan penjualan tiap-tiap daerah, berguna bagi manajemen untuk melaksanakan promosi dan pengiklanan Informasi berupa laporan penjualan tiap-tiap jenis barang, berguna bagi manajemen untuk mengevaluasi barang yang tidak atau kurang laku terjual, dll

ASPEK KESELAMATAN KERJA DALAM TI

Pemakaian komputer pada saat ini sudah sangat luas, hampir semua kegiatan manusia tidak terlepas dari pemakaian komputer. Manusia seolah-olah sudah sangat tergantung pada kemampuan komputer yang memang diciptakan untuk membantu aktivitas manusia. Komputer tidak hanya digunakan di kantor-kantor penting, di lembaga penelitian, di perguruan tinggi atau di perusahaan-perusahaan saja, tapi komputer juga sudah banyak digunakan di rumah tangga

Walaupun sudah banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian komputer, namun belum banyak yang menyadari bahwa pemakaian komputer juga dapat menimbulkan masalah tersendiri. Masalah yang dimaksudkan adalah penyakit-penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh pemakaian komputer, terutama bila bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama secara terus menerus. Adapun sumber yang dapat menimbulkan penyakit akibat kerja karena pemakaian komputer adalah peralatan berikut ini: Keyboard. Layar monitor. Meja dan kursi komputer. Printer.

Keyboard Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer. Keyboard sebagai penghubung antara manusia dengan komputer merupakan salah satu sumber penyebab penyakit akibat kerja selain disebabkan karena layar monitor, meja dan kursi komputer maupun printer, yang pada urnumnya berupa nyeri otot.

Layar Monitor Bekerja dengan komputer ternyata dapat mengalami penyakit akibat kerja yang berasal dari layar monitor. Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor. Bila operator komputer menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata. Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap.

Posisi bekerja dgn komputer yang baik

Meja dan Kursi Komputer Meja dan kursi komputer adalah alat penunjang kerja yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja operator komputer. Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik (tidak ergonomis). Meja komputer yang baik adalah meja yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot rest) dan bawah meja memberikan ruang gerak bebas bagi kaki. Tinggi meja komputer yang baik adalah sekitar 55 - 75 cm (disesuaikan dengan ukuran kursinya dan juga disesuaikan dengan tinggi operatornya).

Printer Printer sebagai alat pencetak hasil kerja dengan komputer ternyata dapat pula menimbulkan kelelahan kerja. Operator komputer seringkali merasa terganggu karena kebisingan yang ditimbulkan oleh mesin printer. Printer yang baik pada umumnya tidak menimbulkan kebisingan, Printer sistim buble jet kebisingannya relatif lebihrendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.

Jadi yang harus diperhatikan dalam aspek keselamatan kerja adalah Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga tidak ada pantulan cahaya dari sumber cahaya lain seperti lampu ruang kerja dan jendela yang dapat menyebabkan kesilauan pada mata. 2.Agar mata dapat membaca dengan nyaman, letakkan layar komputer lebih rendah dari garis horizontal mata dengan membentuk sudut hurang lebih 30 derjat. Keadaan ini dapat dicapai bila pusat layar monitor terlettak sekitar 25 cm dari garis horizontal mata sehingga mata akan mengarah ke bawah (ke layar monitor). Jarak layar monitor dengan mata sekitar 40 cm. Posisi demikian akan sangat mengurangi kelelahan pada mata.

Buatlah cahaya latar layar komputer dengan warna yang dingin, misalnya putih keabu-abuan dengan warna huruf yang kontras. Hindari penggunaan font huruf yang terlalu kecil (kecuali terpaksa). Font huruf yang termasuk norrnal adalah font 12, lebih kecil dari ini mengakibatkan mata akan cepat lelah membacanya. Resolusi layar monitor sudah barang tentu sangat berpengaruh terhadap ketajaman huruf maupun gambar. Layar monitor SVGA akan jauh lebih baik dari pada layar monitor VGA apalagi dengan yang monokrom. 2. Agar mata tidak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali pindahkan arah pandangan mata ke luar ruangan. Bila perlu usaplah kelopak mata secara lembut (memijit ringan bola mata). 3. Kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandarannya (back rest) serta tingginya dapat diatur. Tinggi kursi adalah sedemikian rupa sehingga kaki operator tidak menggantung pada saat duduk.