PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Fadjar N. Hidayat
Media Pembelajaran Media : diturunkan dari bahasa Latin yang berarti “diantara” yang merujuk kepada segala sesuatu yang membawa informasi dari suatu sumber informasi ke penerima (Smaldino dkk, 2005) Media pembelajaran : jika media tersebut memberikan pesan untuk tujuan pembelajaran. Kegunaan media itu untuk memfasilitasi komunikasi dalam pembelajaran.
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini adalah media yang paling umum digunakan.Teks adalah karakter-karakter alphanumeric (angka dan abjad) yang mungkin ditampilkan dalam berbagai format seperti buku, poster, papan tulis hitam, layar komputer dan sebagainya
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini juga media yang umum digunakan. Audio mencakup segala bentuk yang dapat didengar, misal suara orang, musik, suara-suara mekanis (menjalankan mesin mobil) dan sebagainya. Suara-suara itu mungkin didengar secara langsung atau telah direkam.
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Visual secara teratur digunakan untuk mempro-mosikan pembelajaran yang meliputi diagram pada poster, gambar pada papan tulis, foto, grafik pada buku, gambar kartun dan sebagainya.
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini adalah media yang menunjukkan suatu yang bergerak. Yang mencakup video, animasi dan sebagainya.
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini adalah obyek 3 dimensi dan dapat disentuh dan dipegang oleh siswa.
Jenis-jenis Media Pembelajaran Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Yang termasuk dengan ini mungkin guru, murid atau pakar di bidang tertentu. Murid dapat belajar dari guru, murid yang lain dan orang dewasa yang lain.
KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER Hardware (Perangkat Keras) Software (Perangkat Lunak) Brainware (Pengguna)
Hardware (Perangkat Keras) Input (Masukan) Keyboard, Mouse, Microphone, dll Pemroses Processor Penyimpan Harddisk, Disket, Flasdisk, dll Output (Keluaran) Monitor, Printer, speaker, dll
SOFTWARE ( Perangkat Lunak ) Sistem Operasi Program Aplikasi Bahasa Pemrograman
KELEBIHAN KOMPUTER DIGUNAKAN KARENA KECEPATANNYA KETELITIANNYA KEMAMPUAN GRAFISNYA KEMAMPUAN WARNANYA KEMAMPUAN A A N N N N I M M M M A S I N Y A KEMAMPUAN KOMUNIKASINYA PAKET INTERAKTIF, LAN, INTERNET KEMAMPUAN SIMPANANNYA …
SEBAGAI MEDIA KOMPUTER MEMILIKI KEMAMPUAN DALAM ASPEK (1) video (2) audio (3) teks Segitiga : suatu segi banyak dengan 3 sudut dan 3 sisi yang lurus (4) grafik (5) animasi
KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN Membantu administrasi Membantu instruksional/pembelajaran
APLIKASI KOMPUTER DI BIDANG ADMINISTRASI Word processor (pengolah kata: WS, MS Word, Word Perfect) Spreadsheet (Pengolah angka: Lotus, MS Excel) Database (Pengolah data: MS Access, MySQL, ORACLE) Presentation (Alat bantu presentasi: MS PowerPoint) Image Editor (Pengolah gambar: AutoCad, CorelDRAW, Ilustration - vector dan Photoshop, MS Paint – bitmap) Video Editor (Pengolah Video: Adobe Premiere, Windows Movie Maker) Sound Editor (Pengolah suara: Sound Forge, CoolEdit, Audicity) Communication (Alat bantu komunikasi: MS Outlook, Yahoo Messenger, Skype)
APLIKASI KOMPUTER DI BIDANG INSTRUKSIONAL Tutor Applications (drill and practice, tutorial, simulation, game) Tool Applications (Word Processor, Spreadsheet, Database) Tutee Applications (Pascal, Basic, Visual Basic, Delphi)
KENAPA MEMAKAI KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA? Keuntungan menggunakan komputer : Pembelajaran berbantuan komputer bila dirancang dengan baik, merupakan media pembelajaran yang sangat efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Materi dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa harus menimbulkan rasa jenuh guru atau nara sumbernya. Melatih siswa untuk terampil memilih bagian-bagian isi pembelajaran yang dikehendaki. Membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
Tugas Unit Media Komputer Mengembangkan dan menyusun naskah software pembelajaran Mengembangkan dan membuat CD software pembelajaran matematika Mengembangkan teknologi komputer dan ICT untuk mendukung pembelajaran matematika Memberikan layanan dan konsultasi pembelajaran dengan media komputer dan berbasis ICT Pengelolaan Lab. Komputer
Komputer untuk membantu administrasi di PPPPTK Matematika Kegiatan perkantoran sehari-hari, SIM Kepegawaian, SIM Perpustakaan, SIM Diklat, dll
Komputer sebagai media pembelajaran Matematika di PPPPTK Pembuatan software pembelajaran (termasuk karya WI) Pembuatan software permainan/game matematika Diklat Komputer sebagai media pembelajaran matematika Dokumentasi diklat (Pengumpulan materi- materi diklat dan hasil diklat) Dokumentasi sumber-sumber belajar matematika Website
Diklat di PPPPTK Matematika Diklat pendalaman materi matematika Diklat Komputer sebagai media Pembelajaran Matematika
UNTUK MEMBANTU PENYIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN (MATEMATIKA) v OPTIMALISASI MSWORD, · PENGGUNAAN NOTASI MATEMATIKA · OPTIMALISASI PEMANFAATAN EQUATION EDITOR · MENGGAMBAR (Misal DRAW pada MsWord) · PENGGUNAN KALKULATOR PADA KOMPUTER v PEMANFAATAN MS-EXCEL v PEMANFAATAN POWER POINT v PEMANFAATAN PAKET-PAKET APLIKASI (MISAL UNTUK STATISTIKA, ABS)
DALAM PENGGUNAAN LAMBANG/NOTASI MATEMATIKA OPTIMALISASI MSWORD, DALAM PENGGUNAAN LAMBANG/NOTASI MATEMATIKA CONTOH: 1. Perkalian, misal: a b dan bukan a x b 2. Pengurangan, misal: 72 – 48 dan bukan 72 - 48 3. ax2 + bx + c, dengan ukuran angka pada pangkat yang dapat dipilih. 4. A B = {x | x A dan x B} 5. A B = {x | x A atau x B} 6. ABC siku-siku di C 7. m1 = m2 g1 g2 8. 2x2 – 5x – 12 = 0 (2x + 3)(x – 4) = 0
OPTIMALISASI EQUATION EDITOR 1. x1,2 = 2 3 4 (am)n = 5
Menggambar Diagram Batang Memanfaatkan Ms Excel Menggambar Diagram Batang
Beberapa produk software yang ada di PPPPTK Matematika SEKOLAH DASAR Software Latihan Operasi Hitung dan Permainan Matematika Sekolah Dasar Software Penemuan Rumus Luas Bangun Datar Untuk Jenjang Sekolah Dasar (Bagian 1) Software Penemuan Rumus Luas Bangun Datar Untuk Jenjang Sekolah Dasar (Bagian 2) Who wants to be millionaire.
Beberapa produk software yang ada di PPPPTK Matematika (2) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Persamaan Garis Lurus Persamaan Garis Lurus II (Kedudukan Dua Garis Lurus) Model Pembelajaran Matematika dengan MS Excell.
Beberapa produk software yang ada di PPPPTK Matematika (3) SEKOLAH MENENGAH ATAS Software Grafik Fungsi Pecah Software karya WI dan Peserta Kumpulan Soal-soal International Mathematics Olimpyade dari Internet Software Grafik Fungsi Pecah.
Terima Kasih ...
CD-ROM Kotak CPU Monitor Printer Scanner Mouse Modem Keyboard Speaker Flash Disk
SEBAGAI MEDIA KOMPUTER MEMILIKI KEMAMPUAN DALAM ASPEK (1) video