Bahasa Pemrograman 2 Oleh : Safitri Juanita.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Advertisements

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Java Progamming Operasi I/O
Praktikum Bahasa Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Algoritma & Pemrograman 1
Inheritance Konsep Inheritance Protected Member
Dasar pemrograman.
Pendahuluan Definisi :
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Mendapatkan input dari keyboard
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pengenalan Pemrograman Java
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
JAVA ARRAY.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Inheritance dan Kata Kunci static
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Dasar pemrograman java
Algoritma & pemrograman 1B
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan dan Struktur Java (Operator dan Input)
JAVA Mudah dipelajari jika telah mengenal konsep OOP, terbuka (open source) dan mudah dikembangkan SEDERHANA KEUNGGULAN JAVA AMAN Dibuat dengan pertimbangan.
Pemrograman Berorientasi Objek
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pengenalan Program Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Method (Metode).
S. Indriani Lestariningati, M.T
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
PEMROGRAMAN JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Dasar-Dasar Pemrograman
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Review C/C++ & Intro to Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Transcript presentasi:

Bahasa Pemrograman 2 Oleh : Safitri Juanita

Konsep Object-Oriented Ide dasarnya adalah menggabungkan data dan fungsi menjadi satu kesatuan unit yang dikenal sebagai object. GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Yang harus diperhatikan : Object Class Attribute Method Inheritance Encapsulation/data hiding Polymorphism GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Object (Obyek) Di real-world, tiap obyek memiliki ciri dan tingkah laku (behavior). Misalnya : Obyek-obyek mhs, ciri bisa dilihat dari warna kulit, suara, jenis kelamin. Tingkah laku : berlari, menulis, makan. GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Tingkah laku diimplementasikan menjadi “method” (atau fungsi) Di programming, ciri dari tiap obyek diimplementasikan menjadi “attribute” (atau variabel) Tingkah laku diimplementasikan menjadi “method” (atau fungsi) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Class (Kelas) Di real-world, kita sering melihat banyak obyek dengan model yang sama. Obyek-obyek tersebut bisa memiliki perbedaan atau tidak. Misalnya : Buku, mahasiswa. Class adalah wadah yang digunakan untuk membentuk obyek. Objek adalah sesuatu yang memiliki data dan proses Class menjelaskan seluruh data dan proses setiap objek GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Mahasiswa Buku Contoh Class NIM : No. Buku: Nama: Judul: Menulis, Kuliah, Makan, Buku No. Buku: Judul: Dibaca, Disampul Nama class atribut Metoda/ method GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Contoh Obyek Mahasiswa NIM : 0211500001 Nama : Jack Menulis, Kuliah, Makan, Buku No.Buku : B001 Judul : BP2 Dibaca, disampul GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Contoh hubungan Antara Kelas dan Obyek Person Budi Lusi Sri Obyek = an instance of GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Atribut dan Metode Atribut adalah data atau field yang menentukan ciri dari suatu class / obyek. Bisa disebut juga data anggota. Metode adalah fungsi yang dilakukan oleh class atau yang dikenakan terhadap class. Bisa disebut juga sebagai fungsi anggota (member function). GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Inheritance (Pewarisan) Dapat diartikan bahwa sebuah class dapat menggunakan kembali attribute dan method yang telah didefinisikan oleh class yang lain Sifat dari suatu kelas diturunkan kepada kelas yang lain. Superclass : class yang diturunkan ke kelas lain. Subclass : class yang diturunkan dari kelas lain. Contoh : class “tabung” diturunkan dari kelas “lingkaran” GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Contoh inheritance Bidang Lingkaran Segi empat Tabung Kubus superclass subclass GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Encapsulation Suatu mekanisme yang menggabungkan proses dan data ke dalam sebuah object GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Polymorphism Dapat diartikan bahwa “pesan” yang sama akan diinterpretasikan berbeda oleh class yang berbeda GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Pengenalan Lingkungan Java Program Java akan melalui 5 tahap proses, yaitu : Edit Compile Load Verify Execute GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

a. Edit Menulis program java dengan menggunakan program editor seperti JCreator, Notepad, dll Disimpan dengan ekstensi file .java Misal : HelloWorld.java GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

b. Compile Menggunakan perintah javac untuk meng-compile program java Akan menghasilkan bytecode (instruksi-instruksi yg dimengerti oleh Java interpreter). Contoh perintah untuk meng-compile program java : javac HelloWorld.java Jika proses kompilasi benar, akan dihasilkan file dengan ekstensi .class, misal : HelloWorld.class GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

c. Load Menempatkan program (.class) ke dalam memory sebelum dijalankan. Dilakukan oleh class loader. File .class dapat di-load dari penyimpanan di komputer kita atau dari jaringan/network (jaringan lokal atau internet). GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

d. Verify Memastikan agar bytecode dalam file .class valid GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

e. Eksekusi Menggunakan Java Interpreter Membaca bytecode dan menerjemahkannya menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa mesin). Perintahnya adalah : java HelloWorld Java Interpreter = Java Virtual Machine (JVM) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Java API Packages / Java Class Library Java menyediakan banyak class yang di kelompokkan ke dalam bermacam-macam kategori yang disebut Packages. Packages ini disebut sebagai Java Application Programming Interface (Java API) atau Java Class Library. GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Contoh Packages : Java.io (Java Input/Output packages). Java.lang (Java Language packages, kita tdk perlu menggunakan perintah import pada saat ingin menggunakan class-class yg ada di dalamnya). Javax.swing (Java Swing GUI Component packages). Utk lebih jelasnya lihat di http://java.sun.com/javase/6/docs/api/ GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Program Sederhana GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Komentar / Comments Komentar diawali dg tanda // 1 // Fig. 2.1: Welcome1.java 2 // Text-printing program. Komentar diawali dg tanda // Komentar diabaikan selama proses eksekusi program Sebagai dokumentasi atas kode program Memudahkan pembacaan kode (code readability) Traditional comments: /* ... */ /* Ini ada adalah remark beberapa baris */ Baris kosong Membuat program lebih mudah dibaca Baris kosong, spasi, dan tab adalah ‘white-space characters’ Diabaikan oleh compiler GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Catatan : Awal pendeklarasian utk class Welcome1 4 public class Welcome1 Awal pendeklarasian utk class Welcome1 Sebuah program java minimal mempunyai 1 pendeklarasian class. By convention (aturan tdk tertulis), semua nama class di Java dimulai dengan huruf besar dan huruf besar pada tiap katanya. Misal : class Welcome1, class HelloWorld, class HitungLembur. GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Catatan lanjutan : Java identifier Sekumpulan karakter yang terdiri dari huruf, angka, underscores ( _ ) dan tanda dollar ( $ ) Tdk boleh diawali dg angka, tdk boleh ada spasi Contoh : Welcome1, $value, _value, button7 7button is invalid Java bersifat case-sensitive. Sehingga AB dan Ab adalah berbeda. GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Pada tiap aplikasi Java Aplikasi mulai dieksekusi pada ‘main’ Tanda kurung menandakan ‘main’ adalah method Aplikasi Java terdiri dari 1 atau lbh method Satu method hrs bernama ‘main’ ‘void’ berarti ‘main’ tdk mengembalikan nilai Kurawal kiri (brs 8) menandakan dimulainya pendeklarasian method Diakhiri dg kurawal kanan } (brs 11) 7 public static void main( String args[] ) 8 { GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Perintah utk mencetak sekumpulan karakter String – sekumpulan karakter yg berada di antara tanda kutip ganda System.out Standard output object Print ke command window (i.e., MS-DOS prompt) Method System.out.println Stlh mencetak, cursor akan berada di baris baru Baris 9 ini disebut sebagai statement Tiap statement harus diakhiri tanda semicolon ; 9 System.out.println( "Welcome to Java Programming!" ); GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Contoh Program Lain : GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022) import java.util.Scanner; public class Addition2 { public static void main (String args[]) { Scanner input = new Scanner(System.in); int number1; int number2; int sum; System.out.print("Masukkan angka pertama : "); number1 = input.nextInt(); System.out.print("Masukkan angka kedua : "); number2 = input.nextInt(); sum = number1 + number2; System.out.println("Jumlahnya : "+sum); } GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Hasilnya : GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Tipe Data GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Real and Integer Expressions Operand real menggunakan + - * / menghasilkan real Expression Result 27.3 + 8.4 35.7 7.0 – 10.0 -3.0 3.0 * 5.0 15.0 Operand integer + - * / menghasilkan integer 27 + 8 35 7 – 10 -3 3 * 5 15 GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Type Casting Konversi tipe data ke tipe data lain (untuk numeric) Syntax-nya: (NewDataType) (expression) Examples: a,b,c,d : int dan x,y,z : double average = (double) (a + b + c + d) / 4.0; z = (double) (a + b); a = (int) y; x = (double) (a / b); Jika terjadi konversi tipe data real ke integer maka akan terjadi pemotongan nilai real (i.e. bukan rounding/pembulatan) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator Matematika GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator Presedence GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator Increment dan Decrement Java mempunyai operator ++ dan – seperti dalam bahasa C public class Count { public static void main (String args[]) { for (int i=0; i<50; i++) { System.out.println(i); } } { for (int i=50; i>0; i--) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator Relasi GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator Logika Operator && (AND) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator || (OR) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator Λ (XOR) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)

Operator ! (Negasi) GENAP 2006/2007 BHS. PEMROGRAMAN 2 (PG022)