KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN 4 PEMROGRAMAN API OOP Concept mudafiqriyan.com.
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek Chapter 03 Meizano Ardhi M., S.T.
Pemrograman Berorientasi Objek
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Object Oriented Programming
Abstract Class & Interface
Inheritance (Pewarisan) As’ad Djamalilleil
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Pemrograman Java Pewarisan / Inheritance Polimorfisme Pemrograman Java.
Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
1.Polymorphism Polymorphism adalah konsep yang memungkinkan mendefinisikan metod pada class anak (sub class) yang memiliki definisi sama dengan metod.
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Encapsulasi ( Pengkapsulan )
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Aplikasi Bergerak
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Konsep Dasar OOP.
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
BAB 1 OBJECT Pokok bahasan :
11. Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Encapsulation, Inheritance, Polymorphism
Outline: Pewarisan/Inheritance Polymorphism
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Abstract Class.
Pertemuan 1 KONSEP PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Pewarisan (Inheritance)
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Object Oriented Programming
Konsep Object Oriented
Inheritance (Turunan)
Pewarisan (Inheritance)
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
Pemrograman Berorientasi Objek
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Algoritma dan Struktur Data
MENGENAL OBJEK ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
OO Sebagai Paradigma Pemrograman
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
- PERTEMUAN 1- CLASS Mustazzihim Suhaidi,M.Kom
Perkembangan Teknik Pemrograman
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Teknik OOP Abstract Class & Method, Object Interface dan Polimorfisme
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Transcript presentasi:

KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi) Polymorphism (polimorfisme)

Inheritance (Pewarisan) -1- Dalam pohon hirarki inheritance, sebuah subclass mewujudkan abstraksi yang lebih spesifik dari superclassnya: subclass = superclass + (fitur-fitur baru) Subclass dapat menambahkan fields dan methods baru Subclass dapat mengambil alih (override) method milik superclass dan mengubah implementasi method tersebut Manfaat inheritance: Pemanfaatan kembali (reuse) kelas Menyediakan model yang bersifat generik (abstract class); implementasi spesifiknya bisa dilakukan kemudian (mungkin oleh pemrogram yang berbeda)

Inheritance (Pewarisan) -2- Contoh : Dulu mobil remote kontrol tanpa kabel hanya ada satu tombol untuk maju mundur, sekarang bisa bergerak sesuai keinginan kita. Dulu fungsi jam tangan hanya sebagai penunjuk waktu saja, sekarang fungsinya sudah bertambah, bisa menampilkan tanggal hingga kalender. Sekarang contoh yang dimodifikasi. Jika dulu perseneling mobil hanya manual sekarang sudah ada yang otomatis. Jadi, dengan inheriten semua perubahan itu gak ngerubah bulat-bulat objek yang ada, tetapi hanya menambah dan memodifikasi dengan mempertahankan objek (class) awalnya.

Enkapsulasi -1- Enkapsulasi menyembunyikan property dan behaviour object dari pihak luar (object yang lain)  object lain melihat object ini sebagai “black box” saja

Enkapsulasi -2- sPink Pihak luar (object lain) melihat sPink public class SegiEmpat { int panjang; int lebar; string warna; public SegiEmpat(string w, int p, int l) { panjang = p; lebar = l; warna = w; } public setWarna (string w) { warna = w; Pihak luar (object lain) melihat sPink sebagai sebuah “kotak hitam” yang tidak terlihat isinya, kecuali fields dan methods yang memang dideklarasikan secara publik sPink setWarna(string w) SegiEmpat sPink = new SegiEmpat(“pink”, 20,10); Object lain tidak bisa melihat apa yang dilakukan sPink secara internal

Enkapsulasi -3- Intinya adalah kita tidak perlu mengetahui apa sih yang ada dalam objek itu (class), yang kita butuhkan adalah apa kegunaan, bagaimana cara memakainya dan apa yang akan terjadi. Ilustrasinya adalah motor. Bagaimana cara menghidupkan motor? Masukkan kunci, tekan tombol starter dan gas atau kalo tidak ada, pakai kick starter. Kita tidak perlu tahu apa yang terjadi sebenarnya waktu kita menekan starter atau kick starter. Yang penting motor hidup dan bisa dijalankan. Ilustrasi lainnya adalah remote control tanpa kabel pada mobil-mobilan. Kita tidak perduli kerja remote control itu yang sebenarnya, yang penting begitu dihidupkan dan dan stiknya digerakkan ke atas dia akan maju. Begitu digerakkan ke kanan, dia akan belok, dst. Contoh terakhir adalah jam tangan. Waktu membeli jam tangan, kita hanya memilih tampilan dan kualitas yang bagus, itu yang terpenting. Tidak peduli cara mesin rangkaian digital yang bekerja di dalam jam itu.

Polymorphism -1- Poly: banyak; morphism: bentuk  sebuah fitur (generik) bisa diimplementasikan dengan berbagai cara Polymorphism diimplementasikan dengan mekanisme inheritance hewan “bersuara” anjing “menggonggong” kucing “mengeong” kuda “meringkik”

Polymorphism -2- Dengan satu baris perintah kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, fungsi itu akan menyesuaikan sendiri ke pemanggilnya. Ilustrasinya adalah tombol play. Dimana-mana tombol play fungsinya sama, untuk menjalankan. Padahal beda cara kerja tombol play di vcd dan radio. Inti Polimorfisme adalah objek yang kita gunakan ini bisa berubah sesuai dengan kondisi yang terjadi. Jadi kita tidak perlu menulis kode program yang panjang.