Kelas & Objek.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
Kelas & Objek.
Pemrograman Berorientasi Objek
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
METHOD Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012.
CLASS Tipe data kelas didefinisikan dengan kata kunci (keyword) class, yang merupakan generalisasi dari pernyataan struct. Pernyataan struct secara umum.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
By : Anggarda Dewantara Yosua Asta CKW Falya Kautsar Setyawan
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
PEWARISAN Pertemuan 7.
MEMBUAT KELAS SENDIRI Dewi Sartika, M.Kom.
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Perulangan.
Access Modifier.
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Inheritance (Pewarisan)
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
DASAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Encapsulation, Inheritance, Polymorphism
Pemprograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Constructor dan Overloading
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
ARRAY Misalnya kamu pelatih sebuah tim sepakbola anak-anak, dan kamu ingin mengawasi pemain mana yang hadir latihan di lapangan. Apa yang kamu perlukan.
MODIFIER JAVA.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Pengenalan dan Struktur Java (Deklarasi dan Inisialisasi Variabel)
Array dan Argumen Baris Perintah
Array dalam JAVA.
Constructor overloading
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
Method.
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Kelas & Objek.
MATERI PENDUKUNG PENGGUNAAN THROW
Membuat Kelas.
MATERI PENDUKUNG PENGENALAN DASAR CLASS
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
BPJ – Pertemuan 13 OOP.
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
PBO Lanjutan Kelas (Lanjutan).
MENGENAL KEYWORD this, static, final
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB IV – CLASS (2)
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB III – CLASS (2)
Java Class Library.
Perulangan.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pertemuan 3 Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 1 Class dan Objek.
Pertemuan 6 Praktek Pembuatan Program dengan menggunakan Inheritance
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
Logika dan Algoritma Agung Brastama Putra.
Pemrograman Berorientasi Objek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Kelas & Objek

Tujuan Di akhir pertemuan, mahasiswa diharapkan : Memahami konsep kelas & objek Mampu mengidentifikasi perbedaan antara kelas & objek Mampu membuat kelas & objek di Java

Kelas (Class) Adalah cetak biru (blueprint) atau prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel (data) dan method-method (perilaku) umum dari sebuah objek. Membuat kelas baru == membuat tipe data baru Variabel yang tipe datanya berupa kelas  variabel reference Membuat kelas != membuat objek Membuat objek == membuat instance dr kelas

Contoh Kelas Mobil Kelas Manusia Mobil warna merk tipe kapasitas tangki start stop dipercepat Manusia nama tinggi badan berat badan usia data/atribut bersuara berjalan belajar perilaku/ method

Membuat Kelas class NamaKelas { tipe data1; tipe data2; … tipe dataN; tipe method1(daftar-parameter) { //kode untuk method1 } tipe method2(daftar-parameter) { //kode untuk method2 tipe methodN(daftar-parameter) { //kode untuk methodN instance variable class members

Contoh Kotak panjang lebar tinggi k //Deklarasi Kelas class Kotak { double panjang; double lebar; double tinggi; } //Membuat objek //deklarasi Kotak k; //alokasi k = new Kotak();

Contoh Penggunaan (1) class DemoKotak1 { public static void main(String[] args) { double volume; Kotak k = new Kotak(); // Mengisikan nilai ke dalam data-data kelas Kotak k.panjang = 4; k.lebar = 3; k.tinggi = 2; // Menghitung isi/volume kotak volume = k.panjang * k.tinggi * k.lebar; // Menampilkan nilai volume ke layar monitor System.out.println("Volume kotak = " + volume); }

Contoh Penggunaan (2) class DemoKotak2 { public static void main(String[] args) { double volume1, volume2; Kotak k1 = new Kotak(); // mendeklarasikan objek k1 Kotak k2 = new Kotak(); // mendeklarasikan objek k2 // Mengisikan nilai ke dalam objek k1 k1.panjang = 4; k1.lebar = 3; k1.tinggi = 2; // Mengisikan nilai ke dalam objek k2 k2.panjang = 6; k2.lebar = 5; k2.tinggi = 4; // Menghitung isi/volume dari objek k1 volume1 = k1.panjang * k1.tinggi * k1.lebar; // Menghitung isi/volume dari objek k2 volume2 = k2.panjang * k2.tinggi * k2.lebar; // Menampilkan nilai volume k1 dan k2 ke layar monitor System.out.println("Volume k1 = " + volume1); System.out.println("Volume k2 = " + volume2); }

Membuat Objek Ada 2 tahap : Contoh : //mendeklarasikan variabel Mengalokasikan memori & memasangkannya dg variabel yang telah dideklarasikan dg operator new Contoh : //mendeklarasikan variabel Kotak k; // melakukan alokasi dan memasangkan k = new Kotak ();

Contoh Penggunaan (3) class DemoReferensi1 { public static void main(String[] args) { double volume1, volume2; Kotak k1, k2; k1 = new Kotak(); k2 = k1; // Mengisikan nilai ke dalam objek k1 k1.panjang = 4; k1.lebar = 3; k1.tinggi = 2; // Menghitung isi/volume dari objek k1 volume1 = k1.panjang * k1.tinggi * k1.lebar; // Menghitung isi/volume dari objek k2 volume2 = k2.panjang * k2.tinggi * k2.lebar; // Menampilkan nilai volume k1 dan k2 ke layar monitor System.out.println("Volume k1 = " + volume1); System.out.println("Volume k2 = " + volume2); }

Contoh Penggunaan (4) class DemoReferensi2 { public static void main(String[] args) { double volume1, volume2; Kotak k1, k2; k1 = new Kotak(); k2 = k1; k1.panjang = 4; k1.lebar = 3; k1.tinggi = 2; // Sebelum nilai k1 diubah volume1 = k1.panjang * k1.tinggi * k1.lebar; volume2 = k2.panjang * k2.tinggi * k2.lebar; System.out.println("Sebelum k1 diubah:"); System.out.println("Volume k1 = " + volume1); System.out.println("Volume k2 = " + volume2); k1.panjang = 6; k1.lebar = 5; k1.tinggi = 4; // Setelah nilai k1 diubah System.out.println("\nSetelah k1 diubah:"); }

Latihan A. Buatlah kelas-kelas berikut : 1. 3. 2. 4. Mobil warna tahun merek MataKuliah nama bobotSKS semester Manusia nama usia tinggi badan KartuATM noKartu namaPemilik noRekening

B. Buatlah program berikut : 1 B. Buatlah program berikut : 1. Buatlah objek dari kelas Mobil bernama m1. Isilah warnanya dengan hitam, merek Avanza, dan tahun 2011. Tuliskan ke layar “Mobil Avanza warna hitam keluaran tahun 2011”. 2. Buatlah objek dari kelas Manusia bernama man. Isilah namanya dg “Budi Prasetya”, usia 30, dan tinggi 175. Tuliskan ke layar : Nama : Budi Prasetya Usia : 30 th Tinggi badan : 175 cm

3. Buatlah objek dari kelas Matakuliah 3. Buatlah objek dari kelas Matakuliah. Isikan nama =“Kalkulus”, semester 2, bobotSKS 2. Tuliskan ke layar “Kalkulus diberikan pada semester 2 dengan bobot 2 SKS.” Kemudian ubahlah semesternya menjadi 3, tuliskan ke layar “Kalkulus dipindah ke semester 3”