PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

Pertemuan 5 PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont Febriyanno Suryana, S.Kom, MM SI
Klasifikasi Sistem Sistem Abstrak vs Sistem Fisik
Pengembangan perangkat lunak
TESTING & IMPLEMENTASI SISTEM
Pengembangan dan Perancangan Perangkat Lunak
Aktifitas Pengembangan Sistem
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
System Development Life Cycle
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK
Tugas Sistem Informasi Manajemen
Testing dan Implementasi Sistem
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Software Development. SW Development Ready made Reinventing the wheel  Sumber SW komersial dari vendor Dibuat sendiri (custom) atau kontraktor programmer.
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
KONSEP SISTEM INFORMASI KORPORASI
PENGEMBANGAN APLIKASI
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Implementasi Sistem Akuntansi
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
Anna dara andriana., M.kom
Perancangan Sistem Informasi
System Development Life Cycle (SDLC)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Seleksi Sistem & Implementasi Sistem
IMPLEMENTASI SISTEM.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (ANSI)
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI Tinjauan Umum Implementasi Sistem
Analisa dan Perancangan Sistem
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 3.
Nency Extise Putri, M.Kom
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Anna dara andriana., M.kom
KELOMPOK 8 NAMA ANGGOTA : Firda Firdaus W.L( ) M. Ichsan Rauf ( ) Rananda Putra I.( ) Taufan Herman ( ) Trisna Syahputra(
Pengembangan Perangkat Lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengujian, Pengimplementasian dan Pemeliharaan
Proses Pengembangan Sistem
BAB III ANALISIS DAN PERENCANAAN SISTEM
Pengembangan Perangkat Lunak
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Pengembangan Perangkat Lunak
END-USER COMPUTING SEBAGAI MASALAH STRATEGIS
Siklus Hidup System.
Rekayasa Perangkat Lunak
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Pengantar SIM 2.
Pengembangan Sistem Informasi
IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Sistem Informasi
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK.
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Sistem Informasi Erliyan Redy Susanto.
LANGKAH-LANGKAH ANALISA SISTEM Oleh : Saenal Abidin, S.IP., M.Hum.
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Pertemuan 4

Pengembangan Perangkat Lunak Perancangan Perangkat Lunak Pengkodean Perangkat Lunak Pengujian Perangkat Lunak

Sumber Perangkat Lunak 1. Perangkat Lunak Komersial (Vendor) 2. Perangkat Lunak In House /Customized Software Paket (off-the-self) yang tersedia bisa diterapkan dalam berbagai kebutuhan bisnis. Beberapa paket bersifat generik dan multifungsional yang memungkinkan para pemakai memprogram sofware tersebut untuk kebutuhannya sendiri. Paket-paket tersebut mengotomisasi fungsi-fungsi bisnis dasar yang umumnya tidak terlalu bervariasi dari satu organisasi dengan organisasi lain. Jika system yang sedang dikembangkan tidak bisa didukung oleh paket software maka harus memesan dari perusahaan jasa/kontraktor independen atau membangun sendiri perangkat lunak (in-house) agar sesuai dengan rancangan sistemnya.

Perangkat Lunak Komersial, Keuntungan/kelebihan : 1 Implementasi yang cepat 2 Penghematan Biaya 3 Estimasi biaya dan waktu 4 Reliabilitas

Kerugian/Kelemahan : Kesesuaian rancangan sistem yang tidak baik Paket software komersial dibuat untuk berbagai organisasi (paket) Ketergantungan Vendor (Jika memerlukan perubahan paketnya ) Biaya tidak langsung dari kerusakan SDLC 1 2 3

Menyeleksi paket : Menentukan paket software dari vendor yang menawarkan manfaat terbesar dengan biaya/harga termurah. Metode untuk menentukan angka penilaian total terlihat padaTabel 1. Bobot relatif ditentukan ke setiap faktor kinerja umum yang didasarkan pada kepentingan relatifnya.Base atau nilai dasarnya adalah 100. Penilaian setiap faktor kinerja 1 s/d 10 (1=jelek dan 10 = sangat bagus).Skor adalah bobot dikalikan penilaian. Setiap skor yang dihasilkan dijumlahkan yang merupakan angka penilaian total untuk setiap vendor.

Tabel 1: Penilaian Kinerja Umum Faktor kinerja umum Bobot Vendor A Vendor B Nilai Skor Penilaian vendor 10 6 60 8 80 Kinerja pengoperasian 20 7 140 160 Dokumentasi 9 90 Kemudahan belajar 120 Kemudahan pemakaian 5 50 Kendali dan penanganan kesalahan 4 Dukungan 70 Total 100   620 710

Lanjutan… Misalkan biaya atau harga paket vendor A adalah $22.700 dan paket vendor B adalah $27.690. Paket mana yang harus dipilih ? Jawabannya ditentukan dengan membagi angka biaya total dengan skor total untuk memperoleh biaya perangka penilaian. Vendor A mempunyai penilaian= $22.700/620= $37, sedangkan Vendor B= $27.690/710= $39

Biaya per angka penilaian Tabel 2 : Biaya per angka penilaian Biaya Total Angka Penilaian Total Biaya per angka penilaian Vendor A $22.700 620 $37 Vendor B $27.690 710 $39 Vendor A mempunyai penilaian lebih rendah, namun biaya per angka penilaiannya sebesar $37 menjadi pilihan biaya atau manfaat yang lebih baik dari pada vendor B.

mengikuti tiga tahapan, yaitu : Rancangan (Design) Kode (Code) Perangkat Lunak Pesanan (customized software), Keuntungan/kelebihan : Menggunakan Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Life Cycle), mengikuti tiga tahapan, yaitu : Rancangan (Design) Kode (Code) Uji (Test)

Pendekatan Organisasional

1. Tim pengembangan program Manajer Tim Pengembangan Program Perancang Pengkode Penguji Tersusun atas 2 perancang, 1 pengkode, 2 penguji. Interface dan lintasan komunikasi berada antara perancang dan pengkode, pengkode dan penguji, perancang dan penguji. Interface dan lintasan komunikasi ke manajer tim hanya memberikan rekapitulasi dan informasi kinerja karena manajer tidak terlibat langsung dalam pekerjaan yang sebenarnya.

2. Tim programmer kepala Terdiri dari lima programmer pendukung mempunyai lima interface dan lintasan komunikasi, dan lebih mungkin memenuhi deadline yang ketat.

3. Tim pemrograman bersama Tim pemrograman bersama terdiri dari lima programmer.