Metode Perancangan Program

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERCABANGAN # IF…THEN IF…THEN…ELSE SELECTION STIKOM
Advertisements

Pseudocode & Flowchart
DASAR-DASAR ALGORITMA
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma - 2 PTIIK - UB.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
Spesifikasi Proses.
ALGORITMA Algoritma urutan langkah-langkah yang logis utuk memecahkan masalah Kata algoritma diambil dari nama seorang ilmuwan Persia Abu Ja’far Mohammed.
Pseudocode Dengan Modularisasi
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
(Lanjutan Tugas Pertemuan ke 1)
Flowchart dan Pseudocode
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Identitas dosen Suherman, ST Address: Cilegon Mobile : Ym: leeput Blog:
LOGIKA ALGORITMA Pertemuan 6.
Oleh Nila Feby Puspitasari
Materi 7 ARRAY Processing
Notasi Algoritma.
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
Metode Perancangan Program
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Dasar Pemrograman Komputer
Struktur seleksi.
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Metode Perancangan Program
REPETITION CONTROL STRUCTURES
Algoritma dan Pemrograman
PERTEMUAN 2 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA.
Kasus Buat algoritma untuk menghitung total pembayaran dari proses pembelian.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
Algoritma dan Struktur Data
Metode Perancangan Program
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
Algoritma dan Pemrograman 1
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
Algoritma Pemrograman I
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Algoritma pemrograman I
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Metode Perancang Program
Metode Perancangan Program
Ucu Nugraha, ST. Algoritma.
Pemrograman Terstruktur
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Penyeleksian
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
Bab 2B Struktur Dasar 2 Pengulangan
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
minggu ke-3 Imam Fahrur Rozi
Metode Perancangan Program
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
minggu ke-2 Imam Fahrur Rozi
Structure Theorem Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Minggu ke-10 Imam Fahrur Rozi
Latihan Pertemuan Pengembangan Algoritma
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
Algoritma pemrograman I
LN New 01 Istilah Struktur Dasar Teknik Puncak-Turun
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Metode Perancangan Program Pert 1 Pseudocode

Menulis Pseudocode Enam operasi komputer dasar Menerima informasi Menampilkan Informasi Melakukan perhitungan aritmetik Memberikan nilai ke data Membandingkan dan memilih Melakukan pengulangan

1. Menerima Input Sewaktu komputer menerima informasi atau input, maka statement yang biasa digunakan adalah Read, Get, atau Baca Contoh: Read Bilangan Get kode_pajak Baca nama_mahasiswa

2. Menampilkan Informasi Sewaktu komputer menampilkan informasi ataupun output, maka yang biasa digunakan adalah Print, Write, Put, Output, Display atupun Cetak Contoh: Print “Universitas Bina Nusantara” Cetak “Metode Perancangan Program” Output Total

3. Melakukan perhitungan Aritmetika Untuk melakukan operasi aritmetika digunakan pseudocode berikut: + untuk penjumlahan (add) - Untuk pengurangan (subtract) * Untuk perkalian (multiply) / untuk pembagian (divide) () untuk kurung Kata kata Compute, Calculate ataupun hitung juga dapat digunakan Contoh: Add number to total Total = Total + number

4. Memberikan nilai ke data Ada tiga cara untuk memberikan nilai ke dalam data : Memberikan nilai awal, kata Initialise atau set digunakan Memberikan nilai sebagai hasil suatu proses, maka tanda ‘=‘ digunakan Untuk menyimpan suatu nilai maka kata Save, dan store digunakan Contoh: Set Counter to 0 Total = Harga * Jumlah

5. Membandingkan dan memilih Salah satu operasi terpenting yang dapat dilakukan komputer adalah membandingkan dan memilih salah satu alternatif solusi. Keyword yang digunakan : IF, THEN. Dan ELSE Contoh IF Pilih=‘1’ THEN Discount = 0.1 * harga ELSE Discount = 0.2 * harga ENDIF

6. Melakukan pengulangan Jika ada beberapa perintah yang harus diulang, maka dapat digunakan keyword DOWHILE dan ENDDO. Contoh DOWHILE bil < 10 cetak bil bil = bil +1 ENDDO

Teorema Terstruktur Teorema terstruktur memungkinkan untuk menulis program hanya dengan menggunakan tiga struktur kontrol yaitu sequence, selection dan repetition

Sequence Sequence merupakan urutan pengerjaan dari perintah / statement 1 sampai dengan perintah / statement terakhir Sequence dapat digunakan untuk menampilkan empat operasi dasar komputer yang telah dibahas sebelumnya yaitu: menerima informasi, menampilkan informasi, melakukan perhitungan aritmetika dan memberikan nilai

Sequence Contoh: Penjelasan Cetak “Jumlah Mahasiswa” Set Jumlah to 49 Cetak “Tambahan mahasiswa baru” Baca mhs_baru Jumlah = Jumlah + mhs_baru Cetak jumlah Penjelasan Urutan pengerjaan adalah mulai dari urutan pertama sampai dengan urutan terakhir, jika mhs_baru diisi dengan 2, maka jumlah yang tercetak adalah 51

Selection Struktur Kontrol Selection adalah penggambaran sebuah kondisi dan pilihan diantara dua aksi. Statement Pertama akan dikerjakan jika kondisi bernilai benar, jika tidak maka akan mengerjakan perintah setelah else (jika ada)

Selection Contoh : Penjelasan IF Hari=1 THEN Cetak “Senin” ELSE Cetak “Bukan hari Senin” Penjelasan Tulisan “Senin” akan ditampilkan jika Hari bernilai 1, jika tidak maka tulisan “Bukan hari Senin” yang akan ditampilkan

Repetition Beberapa statement/perintah dapat diulang dengan menggunakan struktur kontrol repetition. Statement / perintah akan tetap diulang selama kondisi memenuhi (jika menggunakan DOWHILE – ENDDO)

Repetition Contoh: Penjelasan: Bintang = 0 DOWHILE bintang < 5 Cetak bintang bintang = bintang + 1 ENDDO Penjelasan: Pertama kali bintang akan diisi dengan 0, setelah itu isi dari bintang akan dicetak sebanyak lima kali, sehingga tampilannya akan sebagai berikut: 0 1 2 3 4