INTELLIGENT AGENT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
HO-2 KTL401 Kecerdasan Buatan Intelligent Agents
Advertisements

 Kita perlu memperhatikan struktur probabilistik yang mendasari pengamatan ini.  Kita menulis Z t untuk pengamatan pada waktu t.  Dalam hal ini,
Artificial Intelligence
PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
PENGANTAR ANALISIS DESAIN SISTEM INFORMASI
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengenalan Intelligent Agents
Pengantar kecerdasan buatan
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Sensasi dan Persepsi Akademi Perawat Panti Waluya.
Kecerdasan Buatan: 2. Agent Cerdas
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Pertemuan 2 Kecerdasan Buatan
SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
Data Mining: Klasifikasi dan Prediksi Naive Bayesian & Bayesian Network . April 13, 2017.
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
Oleh: Dewi Liliana IT PNJ
INTELIGENT AGENT RASUKO VIDYA P ( ) ALUX PERMANA ( )
DASAR – DASAR SISTEM INFORMASI
KONSEP DASAR SISTEM.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 2.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Kecerdasan Buatan Intelligent Agents
PERTEMUAN 10 Diema Hernyka Satyareni, M.Kom
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
Interaksi Manusia dan Komputer
KOSEP DASAR SISTEM KARAKTERISTIK SISTEM.
Pemecahan Masalah (Problem Solving) & Pengambilan Keputusan (decesion making) Pertemuan ke 4.
Pengambilan Keputusan Etis Dalam Perusahaan
Oleh : Yusuf Nurrachman, ST., MMSI
Artificial Intelligence
Dasar-dasar proses pengawasan
Konsep Sistem Informasi
RUANG LINGKUP SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN     ·  PENGENDALIAN ·  MANAJEMEN ·  PERBEDAAN ANTARA PROSES PENGENDALIAN MANAJEMEN DENGAN PROSES YANG LEBIH.
Konsep Kecerdasan Buatan
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Learning Theory Artificial Intelligence Teknik Informatika – UNIKOM
Problem solving by Searching
Semester VII/Kelas A, B, C
Pengambilan Keputusan sebagai ilmu dan seni
Nelly Indriani Widiastuti S.Si., M.T IF - UNIKOM
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
Problem solving by Searching
Konsep Kecerdasan Buatan
Learning Theory Artificial Intelligence Teknik Informatika – UNIKOM
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
Hakikat Sistem Pengendalian Manajemen
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
SISTEM PAKAR DIAGNOSA KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN METODE BAYES MUHAMAD ALFARISI ( ) MUHAMAD RALFI AKBAR ( ) ANDHIKA DWITAMA.
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Intelligent Agent Kecerdasan Buatan.
Konsep Kecerdasan Buatan
Pertemuan 11 PENGANTAR SISTEM PAKAR
Agen CErdas SENSOR LAMPU OTOMATIS.
PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
Pengenalan Sistem Pakar
PENGENDALIAN STRATEGI
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
Pemecahan Masalah (Problem Solving) & Pengambilan Keputusan (decesion making) Pertemuan ke 4.
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
Dasar-dasar proses pengawasan
Pemecahan Masalah Menurut Anderson:
DASAR – DASAR SISTEM INFORMASI
Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
Transcript presentasi:

INTELLIGENT AGENT

Nelly Indriani Widiastuti S.Si., M.T. nelly.indriani@email.unikom.ac.id

DEFINISI RASIONALITAS AGEN TIPE AGEN LINGKUNGAN 1 MATERI DEFINISI RASIONALITAS AGEN TIPE AGEN LINGKUNGAN

DEFINISI

INTELLIGENT AGENT IS… RUSSEL&NORVIG, 1955 Sesuatu yang memiliki kemampuan merasakan pengaruh lingkungan melalui sensor dan mampu melakukan respon balik kepada lingkungan tsb melalui effector OKAMOTO & TAKAOKA, 1997 Mempunyai tujuan Memberdayakan resource Memecahkan masalah Environment Action Perceipt Sensors Actuator HUMAN AGENT (agen yang menyerupai manusia) Sensor : mata, telinga. Effector : tangan, kaki, mulut dan lain-lain. .

Intelligent Agent Perceptions The process by which intelligent agents sense, perceive, and interpret their external worlds, called domains. Agents use built-in sensors in order to obtain sensory data Intelligent Agent Perceptions

Cara sensor menginterpretasi data Probabilitas Bayes Theorem Akibat keterbatasan sensor, kebisingan, dan dinamisme lingkungan dan ketidakpastian, masukan menjadi tidak pasti. Algoritma probabilistic menggunakan data sensor dengan cara yang menghitung distribusi probabilitas mengenai apa yang mungkin terjadi di lingkungan agen secara keseluruhan, versus menghasilkan satu tebakan terbaik Neural Network Backpropagation Teknik pengolahan informasi terinspirasi sistem saraf manusia. JST terdiri dari tiga lapisan: lapisan masukan, lapisan tersembunyi, dan lapisan keluaran. Setiap masukan sensorik masuk dalam simpul masukan. Masukan ini kemudian diberikan ke setiap simpul di lapisan tersembunyi. Nilai output dari setiap simpul tersembunyi kemudian diberikan ke node output, dan output sebagai persepsi

RASIONALITAS AGEN

Agent yg rasional : sesuatu yang melakukan dengan benar

KONSEP RASIONALITAS Environment Perception and Learning TARGET GOAL ALTERNATIVE AND CHOSEN COURSE OF ACTION Environment Perception and Learning

Prior Knowledge of environment RATIONALITAS Performace Measures Prior Knowledge of environment ACTIONS Percept Sequence

PERFORMANCE MEASURES (PM) Dalam setiap rangkaian persepsi yang memungkinkan, Agen rasional seharusnya memilih aksi yang diharapkan memaksimalkan PM, dengan memiliki bukti persepsi dan pengetahuan apapun yang ada dalam agen. .

THE AGENTS (consideration) PM Environment Sensors Actuators

TIPE-TIPE AGEN

STRUKTUR AGEN Arsitektur AI Program merancang program agen yang mengimplementasikan pemetaan fungsi agen dari persepsi ke aksi

SIMPLE REFLEX AGENT Memilih aksi berdasarkan persepsi saat ini, dan mengabaikan persepsi yang lalu Contoh : agen penyedot debu hanya memutuskan menyalakan alat sedot saat terindikasi ada kotoran. If car-in-front-is-braking then initiate-braking

MODEL BASE REFLEX AGENT Menggunakan model lingkungan. Model lingkungan : pengetahuan bagaimana lingkungan bekerja. Contoh : taxi akan semakin mendekati tujuan setelah lima menit melaju. Function Reflex_Agent_State(percept) StateUpdate_state(state, action,percept) RuleRule_match(state,rule) ActionRule_action(rule)

GOAL BASE AGENT Agent membutuhkan gambaran/informasi tujuan yg menggambarkan situasi yang diharapkan untuk menentukan aksi. Pencarian dan perencanaan Contoh : agen taxi harus mengetahui tujuan penumpang untuk memutuskan belok kiri, kanan, atau lurus pada suatu persimpangan

UTILITY BASE AGENT Tujuan bukan satu-satunya ukuran tercapainya perilaku yang berkualitas tinggi Banyaknya aksi yang dilakukan agen untuk mencapai tujuandapat menjadi ukuran. Contoh : kepuasan penumpang dapat diukur juga dari kecepatan, keamanan, atau biaya yang dikeluarkan.

LEARNING AGENT Memungkinkan agen untuk beraksi dalam lingkungan yg tidak dikenal, dan menjadi semakin kompeten dari sebelumnya. memilih aksi menyarankan aksi yang mengarah pada pengalaman baru Monev kinerja elemen menentukan strategi agar lebih baik dilain waktu. untuk peningkatan. Learning element Critics Performance element Problem generators

LINGKUNGAN

Environment Actuators Sensors Performance : kualitas atau harapan yg diinginkan Environment lingkungan yg akan dihadapi oleh agen Actuators alat yg akan mendukung pencapaian tujuan Sensors alat atau cara agen mendeteksi kondisi lingkungan Task Environment (PEAS)

Contoh PEAS Tipe agen PM Environment Actuators Sensors Taxi Aman, cepat, legal, nyaman, menguntungkan Jalan, kendaraan lain, pejalan kaki, penumpang Stir, rem, klakson, display, Kamera, sonar, GPS, keyboard Sistem diagnosa medis Kesehatan pasien, ongkos murah Pasien rumah sakit Pertanyaan, uji, perawatan Gejala, jawaban pasien Sistem analisa image satelit Memperbaiki kategorisasi Image dari satelit yang mengorbit Cetak kategorisasi Pixel , intensitas warna Tutorial interaktif bhs. Inggris Memaximalkan nilai siswa pd tes Himpunan siswa Cetak latihan, saran, perbaikan Kata-kata yang dimasukan

Agen dipengaruhi juga oleh lingkungan dimana agen digunakan. Lingkungan & sifatnya Agen dipengaruhi juga oleh lingkungan dimana agen digunakan.

PERBEDAAN PRINSIP LINGKUNGAN BERDASARKAN SIFAT : Fully observable Deterministic Episodic Static Discrete partially observable Stochastic Sequential Dynamic continous

Fully observable vs. partially observable jika sensor agen memberi akses untuk melengkapi status lingkungan pada tiap titik dalam satu waktu. Sensor akan mendeteksi semua aspek yang relevan untuk memilih tindakan. Partially observable Dapat disebabkan oleh noisy dan ketidakakuratan sensor atau karena sebagian kondisi hilang dari sensor data. Contoh : taxi otomatis tidak mengetahui apa yg dipikirkan sopir mobil lain.

Deterministic vs Stochastic jika status lingkungan selanjutnya ditentukan dengan lengkap oleh status saat ini. Stochastic Jika sebaliknya dari Deterministic Contoh : taxi otomatis jelas stokastik karena tidak dapat memprediksi kemacetan jalan raya.

Episodic vs Sequential jika pengalaman agen dibagi menjadi episode yang kecil-kecil. Setiap episode berisi tentang agen memahami dan melakukan sebuah tindakan. Secara krusial episode berikutnya tidak tergantung pada tindakan yang diambil pada episode sebelumnya. Sequential Tindakan agent sangat tergantung pada kondisi sebelumnya Contoh : taxi ototmatis memiliki lingkungan sequential karena sistem ini harus mengetahui apa yg ada di depan.

Static vs Dynamic Dynamic jika lingkungan berubah selama agent melakukan penyesuaian. Static Lingkungan statis lebih mudah karena agen tidak perlu terus mengamati lingkungan saat memutuskan tindakan atau mengkhawatirkan perjalanan waktu. Contoh : taxi otomatis karena kendaraan lain tetap berjalan selama algoritma taxi menentukan keputusan berikutnya.

Discrete vc Continous Discrete /continuous dapat diterapkan pada status lingkungan, ke cara menangani waktu, dan ke persepsi dan tindakan sebuah agen. Contoh : status lingkungan diskrit seperti permainan catur memiliki jumlah tertentu status yang berbeda. Status lingkungan Taxi otomatis kontinyu dari waktu ke waktu.

Single agent vs. multi agent Tergantung bagaimana agent memandang lingkungannya sebagai agent lain atau bukan. Kunci perbedaannya adalah apakah tingkah laku agen B dapat menggambarkan dengan baik hal-hal yang memaksimalkan PM yang nilainya tergantung ukuran kinerja agen A. Contoh : crossword puzzle adalah single-agent environment catur adalah two-agent environment.

Thanks! ANY QUESTIONS?

TUGAS KECIL 1 Cari beberapa artikel yang mengulas teknologi yang memiliki AI. Buat ulasan tentang agent tersebut dengan mengisi table berikut sehingga semua kolom terisi TABEL 1. TABEL 2. Unggah ke kuliah online di kelas masing-masing dalam waktu kurang dari 1 minggu dari pemberian tugas ini Tipe agen PM environment actuator sensor Tipe agen observable agent deterministic episodic static discrete