Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Pemrograman Berbasis Objek
Workshop SCS: Java Game Programming
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Pemrograman Berorientasi Objek
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Class.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Bagian 6 Pembahasan Kelas Dalam C++
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
1 Pertemuan 14 Operator Overloading Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Operator Overloading Pertemuan 20 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 4 ELEMEN DASAR C++ Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 6 Encapsulation Lanjutan Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
OOP pada pemrograman Web
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 17 Polymorphism Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Nested Object. Friend Keyword. Pointer This. Operator Overloading.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
1 Pertemuan 8 Structure Data Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 18 Template Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Matakuliah : T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 5 Encapsulation Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pertemuan 10 Constructor dan Destructor
1 Pertemuan 7 Review 1 – 6 Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 10 Pemrograman Berorientasi Objek Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Access Modifier.
Objek-Oriented Programming (OOP)
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Constructor dan Destructor Pertemuan 17
Inheritance Pertemuan 21
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
Struct.
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Kelas.
QUIS Algoritma Pemrograman I
Class.
Object Oriented Programming
Generic Data Type Pertemuan 25
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Object
(Object Oriented Programming)
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Objek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4 - 1
Transcript presentasi:

Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun : 2005 Versi : 5 Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek

Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan : Mahasiswa dapat menghasilkan sebuah class sederhana (encapsulation), serta dipakai kedalam program utama

Data member dan Member Function Accesability: private dan public Outline Materi Konsep OOP Class dan Objek Data member dan Member Function Accesability: private dan public

Memecahkan program (pemrograman) menjadi beberapa object Konsep OOP Memecahkan program (pemrograman) menjadi beberapa object Object dunia nyata = state + abilities Object pemrograman = data + fungsi Kecocokan antara object dunia nyata dengan object pada pemrograman merupakan hasil yang menggembirakan dalam menyatukan data dengan fungsi2nya

Class Adalah sebuah tipe data baru yang digunakan untuk mendefinisikan object. Class berperan sebagai perencana dan template yang menyediakan data dan fungsi apa yang dipunyai oleh object dari class itu. Menulis sebuah class tidak berarti membuat object (object instan dari class)

A adalah object dari class Point Class merupakan tipe data dengan object sebagai variabel. Contoh: Point A; A adalah object dari class Point (tipe data dari object A adalah Point) Data dan fungsi dalam sebuah class disebut member(anggota) dari class itu

<visible member function & data> private: Class Syntax: class className { public: <visible member function & data> private: <hidden member function & data> };

class point { int x, y; public: void move(int, int); void print(); }; Contoh Class class point { int x, y; public: void move(int, int); void print(); };

Pengendalian akses anggota class Alasan pengendalian hak akses:. Menjaga bagian program yang bersifat rahasia dan tidak boleh disentuh/akses Ada data yang hanya boleh diakses class tersebut, sehingga perubahannya tidak mempengaruhi class lain Menjaga perubahan data pada object secara mendadak

Public, private dan protected Private, bagian class yang hanya dapat diakses oleh lingkungan internal class. Protected, bagian class yang dapat diakses oleh lingkungan internal class itu sendiri dan turunannya. Public, bagian class yang dapat diakses oleh umum, baik dari dalam maupun dari luar class itu sendiri.

Public, private dan protected Pada deklarasi class, semua anggota pada kondisi default bersifat private, untuk implementasi information hiding

Membuat fungsi dalam class Fungsi dalam class dapat didefinisikan dengan 2 cara: 1. Di dalam class (inline) 2. Di luar class Untuk mempercepat proses compilasi dan mempermudah pembacaan class, hindarkan penulisan inline function.

Deklarasi fungsi di luar class Sintak: Type NameKelas::NamaFungsi(parameter) { // Tubuh fungsi }

Pengaksesan Anggota class Diluar class hanya visible member yang dapat di akses, yaitu anggota yang dideklarasikan dengan cara public. Operator yang digunakan untuk mengakses anggota class adalah dot (.) dan arrow (->). Fungsi anggota di dalam class dapat mengakses semua anggota class tanpa perlu notasi dot ataupun arrow.

Contoh program bola pantul Contoh Program Class Contoh program bola pantul

(diskusikan dalam kelompok) Penutup Untuk dapat menghasilkan sebuah class sederhana (encapsulation), serta dipakai kedalam program utama, mahasiswa membahas tugas pertemuan 9 no 1, 2, dan 3. (diskusikan dalam kelompok)