- Indra Kusumah. 144020178. - Ahmad Hadian. 144020191. - Bobby Faizal - Indra Kusumah 144020178 - Ahmad Hadian 144020191 - Bobby Faizal 144020200 - Gilang Oktavian B 144020215 - Muhammad Galih G 144020216 - Rizky Noer Abdullah 144020176 - Rizky Ramdhani 144020175 - Reza Ardiansyah 144020211
Fundamentals of Information Systems Fourth Edition Chapter 5 Elektronik Bisnis & Mobile Bisnis
PENGANTAR E-BISNIS Pengertian E-bisnis Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenue dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi diantaranya.
Model-model E-business Terdapat 4 model E-business, yaitu : 1 Model-model E-business Terdapat 4 model E-business, yaitu : 1. B2C (Business to Consumers) 2. B2B (Business to Business) 3. B2G (Business to Government) 4. B2E (Business to Education)
B2C (Business to Consumers) Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi. Business to consumers atau business to costumer menggambarkan kegiatan bisnis melayani konsumen dengan produk atau jasa.. Karakteristik B2C : - Antara organisasi dengan perorangan - Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil - Transaksi tidak sering terjadi - Relatif sederhana
B2B (Business to Business) Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi). menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara manfaktur dan grosir, atau antara grosir dan pengecer. Volume transaksi B2B jauh lebih tinggi dibandingkan volume transaksi B2C. Alasan utamanya karena dalam rantai pasokan (Supply chain) ada banyak transaksi B2B yang mencakup bahan baku dan penjualan produk jadi ke konsumen. Karakteristik B2B : - Antar organisasi - Nilai uang yang dilibatkan lebih besar - Hubungan yang kuat dan berkelanjutan - Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan - Lebih kompleks
3. B2G (Business to Government) Interaksi terjadi antara organisasi dengan pemerintah. B2G memiliki karakteristik yang sama dengan B2B sehingga B2G dapat dikelompokkan kedalam B2B. B2G adalah turunan dari B2B yang sering disebut sebagai public sector marketing atau pemasaran sektor publik yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk berbagai tingkat pemerintahan, negara bagian dan lokal melalui integrated marketing communication atau komunikasi pemasaran terpadu seperti strategic public relation, advertising, dan komunikasi berbasis web.
4. B2E (Business to Education) Interaksi yang terjadi antara organisasi dengan pendidikan. Sama halnya dengan B2G, B2E juga memiliki karakteristik yang sama dengan B2B.
faktor - Faktor Keberhasilan E-Bisnis. • Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business. • Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan. • Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu Validitas, Integritas, dan Privasi.
Pengertian M-Commerce Mobile commerce (m-commerce) Menurut magic, 2000, p.3 Pengertian atau definisi dari Mobile Bisnis dapat di jelaskan sebagai berikut, perluasan dari traditional e-bisnis ke perangkat lunak nirkabel. Misalnya; Handpone, notebook, ipad, maupun PDA. Menurut Robinson, 2002, p.8 Pengertian M-bisnis Adalah M-bisnis sebagai aplikasi yang dibutuhkan untuk mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, penyajian informasi, jasa, dan komoditi-komoditi dengan menggunakan peralatan mobile.
Teknologi Dibutuhkan untuk Mobile Commerce Perangkat genggam yang digunakan untuk m-commerce memiliki keterbatasan yang menyulitkan penggunaannya Wireless application protocol (WAP): satu set standar spesifikasi untuk aplikasi Internet yang berjalan di handheld, perangkat wireless
Komunikasi Mobile Komunikasi dari perangkat mobile dapat dibedakan menjadi; jaringan besar(Global) jaringan lokal jaringan kecil
Jaringan Besar adalah jaringan yang ruang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit atapun kabel bawah laut. Contohnya keseluruhan jaringan Bank BCA yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara-negara lain 2. Jaringan Lokal adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolahdan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
Global System for Mobile Communication (GSM) Adalah Jaringan yang awalnya dikembangkan untuk telepon selular. Namun, jaringan GSM menawarkan layanan lainnya. GSM dikembangkan oleh group special mobile, sebuah divisi darin sejarah eropa konferensi pos dan telekomunikasi administrasi(CEPT) GSM didasarkan pada gelombang elektromagnetik. Frekuensi gelombang radio panjang gelombang untuk data transmisi diukur dalam Hertz(siklus per detik)