Assalamu’alaikum wr. Wb Tugas TIK SUKABUMI, 11 juni 2016 Salam Inovasi Agis Arwanti Amala 13.T1. 4315 Loading...
Agis Arwanti Amala ______________________________________________ Profil Agis Arwanti Amala ______________________________________________ Pekerjaan : Mahasiswa STAI Syamsul’ulum Jurusan : Tarbiyah Semester : VI b (enam) NIM : 13.T1.4315 E-MAIL : AgisArwanti03@gmail.com BLOG : AgisArwanti03blog@wordpress.com Facebook : Agis Arwanti Amala
Pengertian Media Pembelajaran Pengertian di atas Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Jadi, media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran.
Beberapa fasilitas yang tersedia melalui jaringan internet yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran adalah : pencarian informasi dengan menggunakan mesin pencari (search engine) termasuk didalamnya layanan pengelolaan uploud dan download dokumen. Search engine tersebut diantaranya google, yahoo, altavista, ask, dsb. layanan kelompok diskusi dengan menggunakan mailing-list. layanan komunikasi melalui surat elektronik (email). Dalam perkembangannya, email dipergunakan sebagai pendukung layanan jejaring sosial seperti facebook, twitter, dsb. layanan media komunikasi (interaksi) berbasis situs web, seperti blog. ketersediaan aplikasi/progam yang bersifat freeware (boleh diunduh) untuk media pembelajaran, seperti aplikasi perhitungan zakat, aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, aplikasi perhitungan warisan, dsb
Mengolah Materi menjadi Berbasis ICT Tahap 1 Seleksi Buku Tahap 2 Strukturisasi-sturkturisasi Tahap 3 Seleksi Materi yang Sesuai Kebutuhan Siswa Tahap 4 Reduksi
Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT 1. Materi abstrak (diluar pengalaman sehari-hari) 2. Kekuatan Hypertext (dibandingkan Buku) 3. Penggambaran ulang object belajar dan pola pikir siswa 4. Meningkatkan retensi/daya ingat siswa dengan belajar secara multimedia 5. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan tenaga 6. Memungkinkan siswa belajar mandiri, sesuai bakat, kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya 7. Memberikan rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama 8. Pembelajaran dapat lebih menarik 9. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek 10. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
Kesimpulan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. Dampak negatifnya yaitu terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat. Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya. Pendidikan tidak antipati atau alergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya.