Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas vii
Advertisements

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !
OPERASI DASAR PERALATAN KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Komponen Sistem Teknologi Informasi
STMIK AKBA MAKASSAR.
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
One: Pengenalan Komputer dan System Perangkat Lunak.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KOMPUTER.
Nama Kelompok : Ahmad Rais NO BP :
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
Perangkat Keras Komputer dan Perangkat Input Output
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak kOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
KOMPUTER.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kenalan dulu, yuk !. Kenalan dulu, yuk ! Nama : Alifia Dyah Ratu Anisa Tempat/tgl lahir : Dili, 12 Juli Alamat : Sukolilo Park Regency M-4 No.
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Pengenalan Hardware Andri Pranolo.
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Pertemuan ke 2 pengantar teknologi informasi
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Mari Menjodohkan Istilah Berikut
KOMPONEN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER
Pengantar Aplikasi Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
PERKEMBANGAN HARDWARE
PERKEMBANGAN HARDWARE
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Oleh Surya Puspita Sari
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
DATA & INFORMASI DALAM KOMPUTER TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah

Definisi Komputer Pada umumnya , komputer dipergunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Masalah yang sering dihadapi seperti: mengambil data,memproses data dan mengeluarkan data yang telah diproses. Ketika memproses data , pekerjaan penting yang dilakukan komputer adalah : – transfer data – kalkulasi data

Definisi Komputer Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dalam komputasi, proses adalah contoh dari program komputer yang sedang dieksekusi. Ini berisi kode program dan kegiatan saat ini. Tergantung pada sistem operasi (SO), proses ini dapat terdiri dari beberapa benang eksekusi yang mengeksekusi instruksi bersamaan

Sebuah program komputer adalah kumpulan instruksi pasif; proses adalah pelaksanaan sebenarnya dari instruksi tersebut. Beberapa proses dapat dihubungkan dengan program yang sama, misalnya, membuka beberapa contoh program yang sama sering diartikan lebih dari satu proses sedang dieksekusi. Berdasarkan generasinya komputer terbagi menjadi empat masa, yaitu : Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Komputer Generasi Kedua (1959-1964) Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)

Berdasarkan data yang diolah, ada tiga golongan komputer yaitu : a) Komputer Analog, b) Komputer Digital dan c) Komputer Hybrid. Sedangkan berdasarkan penggunaannya ada komputer untuk tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum. Berdasarkan kapasitas dan ukurannya ada enam golongan komputer yaitu : a) Komputer Mikro, b) Komputer Mini, c) Komputer Kecil, d) Komputer Menengah, e) Komputer Besar dan f) Komputer Super. (Wahono, 2003 : 1).

Peran Komputer Dalam Pembelajaran Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut : Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media. Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.

Feedback and Reward : Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran

Komputer adalah media yang dapat digunakan dalam pengajaran dengan berbagai metode yang berbeda-beda. Peran komputer secara umum adalah : Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar. Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar. Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.

Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut : Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de) Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar. Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.

Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office. Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan. Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.

Proses kerja komputer secara sederhana adalah Proses pertama: Menerima perintah yang User masukan melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse Proses kedua: Mengolah perintah yang sudah diterima dari User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer, prosesor memiliki tiga bagian penting yaitu: - Control Unit(CU)=Mengontrol semua kerja perangkat yang terpasang dalam komputer - Arithmatic Logical Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika, seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses oleh ALU - Memory Unit(MU)=Sebagai unti pendukung, dimana proses yang sering dilakukan oleh prosesor sementara akan tersimpan dalam unit ini

Proses ketiga: Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan tampilan), spiker(Mengeluarkan suara), printer(Mengeluarkan hasil cetakan) dan melalui perangkat output lainDalam sebuah computer terdapat alat input dan output yang bekerja saling berhubungan satu sama lain.

Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung),spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek(berperan langsung).