Pemrograman Berorientasi Objek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
1.Overloading method 2.Konstruktor 3.Overloading konstruktor 1.Overloading method 2.Konstruktor 3.Overloading konstruktor.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
Kelas dan Objek.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK STMIK MAHAKARYA 2013 Oleh : FARIDI,S.Kom.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
PAKET DAN IMPORT.
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
Pemrograman Berorientasi Objek
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Access Modifier.
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Inheritance (Pewarisan)
Parameter dan Konstruktor
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Encapsulation, Inheritance, Polymorphism
Pemprograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Teori *Karakteristik PBO*
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
BAB 1 PACKAGE (PAKET) Pokok bahasan : 1. Pembuatan paket 2.
MODIFIER JAVA.
Array dan Argumen Baris Perintah
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
PPBO.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
PENERAPAN DASAR-DASAR SYNTAX JAVA
Pengenalan Program Java
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Pemrograman Berorientasi Objek
1.3 Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
Konstruktor -1- Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat.
Dasar Bahasa Java.
PEMROGRAMAN JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Contoh.
PACKAGE.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
STUDI KASUS.
Pemograman Lanjut M. Failrul Filza, S.Kom
Pemrograman Berorientasi Obyek
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Pertemuan 3 Class dan Objek (Lanjutan)
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pertemuan 1 Class dan Objek.
Pertemuan 6 Praktek Pembuatan Program dengan menggunakan Inheritance
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
Pertemuan 4 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek (Lanjutan)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Objek ENCAPSULATION Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM D3 Manajemen Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo 2009

Sub Topik Class Object Method Package

Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman berorientasi objek merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Contoh objek : manusia, Meja, kursi, jam dinding

Class dan Objek Objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud. Meja, kursi dan jam dinding berada dalam objek ruangan. Ruang A, ruang B, dan Ruang C berada dalam objek rumah

Class dan Objek Setiap objek memiliki atribut (state) dan method (behaviour) Atribut merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek seperti : tipe, warna Method adalah fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan objek, seperti melindungi dari panas, hujan.

Class dan objek Ruangan dan rumah ini yang dinamakan class Class adalah prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Objek merupakan instansiasi dari class.

Class dan Objek

Class dan Objek Objek yang mengandung variabel dan method dapat ditentukan hak aksesnya kemudian dibungkus dalam bagian yang terlindungi yang dinamakan encapsulation

Class dan Objek Deklarasi objek Objek diciptakan melalui new. Sintak: class namaclass { // definisi class }

Class dan Objek class mobil{ String warna; int tahunproduksi; } public class coba { public static void main(String[]args) { mobil mobilku= new mobil(); // mengisi variabel instan mobilku.warna="Hitam"; mobilku.tahunproduksi=2006; //menampilkan isi variabel instan System.out.println("Warna : " + mobilku.warna); System.out.println("Tahun Produksi : " + mobilku.tahunproduksi); }

Kata kunci this this digunakan pada pembuatan class yang menyatakan objek sekarang.

Contoh : class lingkup{ //variabel instan String warna = "Merah"; //metode void infolingkup(){ String warna = "Biru"; System.out.println("warna pada metode : "+ warna); System.out.println("Warna pada kelas : "+this.warna); } public class lingkupvariabel { public static void main(String[] args){ lingkup varx = new lingkup(); varx.infolingkup(); }

Penentu akses : public dan private Public berarti pengaksesan suatu variabel instan atau metode dapat dilakukan dari luar kelas Private berarti pengaksesan suatu variabel instan atau metode hanya dapat dilakukan di dlm kelas, tidak bisa dari luar kelas.

Paket (Package) Paket merupakan pengelompokan sejumlah kelas yang terkait ke dlm sebuah unit.

Java class package Java memiliki beragam paket yang didalamnya terdapat kelas-kelas dengan beragam fungsi Java lang, Java AWT, Java swing, Java Util, java Math adalah diantara contoh paket yang jumlahnya sangat banyak karena lengkapnya library java

Java Class Packages public class Math { public void Perkalian(long A, long B) long C=A*B; System.out.println("Hasil Perkalian="+ C); } public void Pembagian(long A, long B) long C=A/B; System.out.println("Hasil Pembagian="+C); public void Penjumlahan(long A, long B) long C=A+B; System.out.println("Hasil Penjumlahan="+C); public void Pengurangan(long A, long B) long C=A-B; System.out.println("Hasil Pengurangan="+C);

Java Class Packages import java.util.Scanner; public class AksesMath { public static void main (String args []) int X; int Y; int Pilih; Scanner input= new Scanner(System.in); System.out.println("Masukkan Nilai Pertama ="); X= input.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai Kedua ="); Y= input.nextInt(); System.out.println("Menu Pilihan Test Math :"); System.out.println("1. Penjumlahan"); System.out.println("2. Pengurangan"); System.out.println("3. Perkalian"); System.out.println("4. Pembagian");

Java Class Packages Pilih=input.nextInt(); Math FungsiMath = new Math(); switch (Pilih) { case 1: FungsiMath.Penjumlahan(X,Y); break; } case 2: FungsiMath.Pengurangan(X,Y); case 3: FungsiMath.Perkalian(X,Y); case 4: FungsiMath.Pembagian(X,Y); default : System.out.println("Pilihan Anda Ngawur...!");

Java Class Packages import javax.swing.JOptionPane; public class Welcome2 { public static void main (String args []) JOptionPane.showMessageDialog (null, "Hello\nWorld!"); System.exit (0); } Welcome2.java

Java Class Packages Dari kedua contoh Package diatas, Paket java.util diakses kedalam kelas java.Scanner yang memiliki kelas dengan metode pembacaan input sedangkan untuk contoh kedua adalah penggunaan Package java.Swing.JOptionPane yang merupakan kelas window untuk menampilkan ataupun menerima pesan Class static JOptionPane memiliki metode showMessageDialog () yang berfungsi menampilkan pesan window terdapat metode yang lain dari kelas ini yaitu showInputDialog().

Mendeklarasikan paket Contoh 1 : package kendaraan; public class Mobil{ public void info(){ System.out.println("Mobil"); } Contoh 2 : public class sepeda{ System.out.println("Sepeda");

Mendeklarasikan paket Dari kedua contoh diatas menyatakan bahwa kelas berikutnya(mobil maupun sepeda) disatukan dalam sebuah paket kendaraan. Sebuah berkas hanya boleh mengandung sebuah pernyataan package.

Menggunakan import import merupakan mekanisme dalam program utk mengakses kelas yang terdapat pada paket. Bentuk : import nama_paket.nama_berkas Apabila menemui pengimporan paket spt dibawah ini import nama_paket.*; tanda * (wildcard) menyatakan semua kelas pada paket nama_paket. Contoh : import kendaraan.*; berarti semua kelas yang berada pada paket kendaraan.

Menggunakan import import kendaraan.Mobil; import kendaraan.sepeda; public class tespaket{ public static void main(String[] args){ Mobil obj1 = new Mobil(); obj1.info(); sepeda obj2 = new sepeda(); obj2.info(); }