KOMUNIKASI MASSA CYBER COMMUNICATION
Perbedaan Media Baru dari Media Lama Internet menggabungkan radio, film dan televisi dan menyebarkan melalui teknologi ‘tekan’ (push): Media baru mengabaikan batasan percetakan dan model penyiaran dengan : Memungkinkan terjadinya percakapan dengan banyak pihak Memungkinkan penerimaan secara simultn, perubahan dan penyebaran kembali objek- objek budaya Mengganggu tindakan komunikasi dari posisi pentingnya, dari hubungan kewilayahan dari modernitas Menyediakan kontak global secara instan
Perubahan utama yang berkaitan dengan munculnya media baru Digitalisasi dan konvergensi atas segala aspek media Interaktifitas dan konektivitas jaringan Mobilitas dan delokasi untuk mengirim dan menerima Adaptasi terhadap peranan publikasi dan khalayak Munculnya beragam bentuk baru ‘pintu’ (gateway) media Pemisahan dan pengaburan dari ‘lembaga media’
Metafora untuk portal internet: ciri-ciri Utama Gateway: pintu terhadap akses informasi di web atau akses diluar web itu sendiri Billboard: membantu meningkatkan kesadaran akan ada keyakinan pada situs lain di portal sebagaimana situs luar Jaringan: tempat yang tersedia bagi pengguna dengan kesamaan minat dan saling memarkan minat satu sama lain Niche: memenuhi peran khusus bagi pengguna secara umum atau yang ditargetkan Merek: sumber online tanpa henti yang menawarkan beberapa atau perangkat tertentu dari fungsi transaksi
Karakteristik kunci untuk membedakan media lama dengan media baru dari perspektif pengguna Interaktivitas Kehadiran sosial Kekayaan media Otonomi Unsur bermain-main Privasi Personalisasi
CYBER COMMUNICATION Media komunikasi yang disajikan melalui Internet Menyampaikan pesan dapat dengan cepat Bersifat Luas tanpa batas & uptodate Sangat berbeda dengan Media Massa Cetak & Elektronik Ruang lingkup lebih global & universal Efisien, efektif, interaktif
SEJARAH CYBER COMMUNICATION Berawal dari teknologi telepon yang dibuat oleh Alexander Graham Bell lalu diperbaharui oleh Antonio Santi Giuseppe pada abad ke-18. Teknologi tersebut disebut dengan Transmitters and Receivers for Telegraphs. Pada tahun 1910 mulai berkembang dengan teknologi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM. 1940 terus berkembang dengan terciptanya televisi. Ilmuwan Jerman Kondrad Zuse berhasil membuat Komputer Z3 pada tahun 1941. Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan Personal Computer atau PC. ARPANET berhasil membuat teknologi TCP/IP pada tahun 1969 dan inilah yang menjadi awal dari perkembangan internet hingga saat ini
PERKEMBANGAN CYBER COMMUNICATION Berawal dari teknologi media tradisional seperti kentongan. Masuk ke era modern seperti televisi dan radio. Munculnya istilah New Media atau yang sering kita sebut Internet. Mulai munculnya era digital seperti koran digital dan lain sebagainya. Mulai berjamurnya sosial media Sosial media semakin berkembang dengan tidak hanya chatting tetapi juga bisa melakukan video call
CONTOH KASUS LOVE ONLINE Munculnya emosi cinta dalam dunia virtual. Mulai munculnya Biro Jodoh Online Media sosial sebagai tempat mencari pasangan hidup
3 Faktor yang menjadikannya menarik : Memungkinkannya untuk lebih sedikit menampakkan perilaku dengan lawan bicara Terlalu banyak artribut dalam penyampaian pesan terhadap lawan bicara Suatu pesan positif dari lawan bicara dapat mendorong kesan terhadap lawan bicaranya yang lain
DAMPAK Dampak Positif Dapat berkomunikasi dengan teman atau saudara dari jauh dengan hanya menggunakan chatting atau video call. Dapat bertukar pengalaman dengan teman-teman dari luar negeri. Dapat mengetahui berita secara cepat terhadap apa yang sedang terjadi Dapat secara cepat mengetahui informasi apa saja yang kita butuhkan dari internet. Bagi para pebisnis akan merasa sangat terbantu karena adanya jasa I-Banking. Bisa membuat lahan bisnis dengan memanfaatkan New Media, dengan sosial media yang tersedia seperti Facebook atau Twitter dan juga dapat dengan mudah membeli barang yang kita inginkan dengan jasa online shop yang banyak tersedia seperti sekarang.
Dampak Negatif : Internet selalu saja disalahgunakan oleh penggunanya seperti melakukan penipuan, pornografi dan hack akun sekalipun. Banyak terjadinya cyber bullying di sosial media sehingga banyak terjadinya pembunuhan karakter suatu individu. Tidak adanya hak privasi. Banyak terjadinya eksploitasi anak.