Aplikasi Komputer Betha nurina sari.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer
Advertisements

DASAR-DASAR KOMPUTER. APAKAH KOMPUTER ITU ??? KOMPUTER MUDAH RUSAK HARUS PINTAR HARUS PINTAR KEBUTAAN ANDA SALAH BESAR ANDA SALAH BESAR.
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PERANGKAT PADA KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI & SI 1A Minggu 2 - Jenis Komputer.
Pengantar Tekno. Komp. & Informatika A
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
PENGENALAN KOMPUTER.
PEMANFAATAN KOMPUTER - 2
Pertemuan 7 Penggolongan Komputer
Komponen Sistem Teknologi Informasi
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
KOMPUTER MENURUT DATA YANG DIOLAH
JENIS-JENIS KOMPUTER Oleh: Roy Sari Milda, ST.
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
KOMPUTER, SEJARAH & PERKEMBANGANNYA
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN
KOMPUTER.
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
Computare (Latin) to compute menghitung
Pertemuan 3 Pengenalan Komputer.
Introduction Aplikasi Komputer Chapter 1 SY. Yuliani.
komputer to compute menghitung
Pengenalan Perangkat Keras
Computare (Latin) to compute menghitung
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
computare to compute menghitung
SISTEM KOMPUTER Aplikasi Komputer 1.
Oleh : Ari Muhardono, S.Kom., M.Kom
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
Pengantar Teknologi Informasi
Sejarah komputer dan perkembangannya
Henny Indriyawati, S.Kom
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMKN 1 ) 2008
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Pertemuan ke 2 pengantar teknologi informasi
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Sejarah komputer dan perkembangannya
Khoiriyatul Mukhfiyah
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Computare (Latin) to compute menghitung
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Modul ke: Fakultas Program Studi 01 MKCU Ida Farida, M.Kom APLIKASI KOMPUTER Pengenalan, Sejarah Komputer dan Sistem Komputer.
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Teknologi informasi Novi Hendriyanto, M.Kom
Computare (Latin) to compute menghitung
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Konsep Sistem Komputer
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
PENGENALAN KOMPUTER.
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
Pengenalan Perangkat Keras
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
 Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan.
Berdasarkan data yang diolah :
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

Aplikasi Komputer Betha nurina sari

Pengertian komputer Kata komputer berasal dari bahasa latin yatu computare yang artinya menghitung Dalam bahasa inggris di sebut to compute.

Definisi Komputer Komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memory yang saling bekerja sama.

Konsep dasar Komputer INPUT PROSES OUTPUT

Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya

Tujuan System komputer Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.

Elemen-elemen system komputer Hardware merupakan peralatan di system komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Software merupakan program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data Brainware manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer

Konsep dasar komputer INPUT merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device) PROSES merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh pemroses (Processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalkan dan sebagainya. OUTPUT merupakan proses menghaslkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device) yaitu berupa informasi

HARDWARE Hardware dalam PC terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), input device, dan output device.

CPU (Central Processing Unit) CPU berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengi-ngat, mengurutkan maupun membandingkan dll

CPU CPU terdiri dari beberapa komponen penting, yaitu : Processor Motherboard / Mainboard RAM (Random Access Memory) VGA (Video Graphics Array) Card Hardisk Drive (HDD) Floppy Disk Drive (FDD) CDROM / DVDROM Drive Network Adapter Sound Card dan Speaker Power Supply dan UPS

Processor Microprocessor atau biasa disebut dengan processor adalah otak yang mengatur kerja sebuah komputer. Seluruh aktivitas sebuah komputer dikontrol dan diperintah dari processor. Processor pertama kali diproduksi oleh Intel pada tahun 1974. Adapun produsen processor komputer yang paling besar saat ini adalah Intel dan AMD (Advanced Micro Device).

Generasi Processor Intel Corporation Intel® Pentium® 4 Advanced Media Devices (AMD) Intel® Pentium® 4 Intel® Pentium® Dual-Core Intel® Core™2 Duo                       Intel® Core™2 Quad Intel® Core™2 Extrme Intel® Core™ i7, i5, i3 AMD Sempron™ AMD Athlon™ FX AMD Athlon™ 64 AMD Athlon™ X2 AMD Athlon™ X3                         AMD Athlon™ X4

MotherBoard Motherboard atau biasa disingkat dengan MB, adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunya slot-slot untuk komponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan saling bekerja sama dengan baik.

RAM (Random Access Memory) RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta oleh processor.

VGA (Video Graphics Array Card) VGA Card adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh pengguna.

Hardisk Drive Hardisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC karena pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada di PC disimpan.

CDROM dan DVDROM CDROM atau DVDROM drive adalah alat untuk membaca data dari media CD atau DVD. Karena bersifat ROM (Read Only Memory), alat ini hanya mampu membaca data saja. Namun akhir-akhir ini berkembang teknologi penulisan CD, sehingga muncul yang disebut CD-RW dan DVD –RW Drive. CD-RW dan DVD-RW drive selain dapat membaca (read) data dari media CD dan DVD, juga mampu menulis (write) data ke dalam media tersebut.

Network Adapter Network Adapter bisa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), LAN (Local Area Network) Card, dan Ethernet Card. Network adapter adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Berkomunikasi di sini bukan berarti bercakap-cakap, melainkan bertukar data dan sumber daya lainnya (misalnya pemakaian printer bersama-sama).

Power Supply dan UPS Power supply adalah komponen PC yang mengatur supply listrik dari PLN ke komponen di dalam PC tersebut. UPS (Uninterruptible Power Suplly) Alat ini merupakan alat yang berdiri sendiri di luar PC yang berguna untuk menyuplai tenaga listrik tanpa berhenti, meskipun sumber listrik PLN sedang mati. Ini dimungkinkan karena UPS memakai baterai cadangan untuk menyuplai listrik ke PC di saat sumber listrik dari PLN mati. Pada saat listrik PLN hidup, UPS akan secara otomatis men-charge baterainya untuk digunakan saat listrik PLN mati.

Input Device Mouse Keyboar Scanner Barcode reader

Keyboard Keyboard adalah alat input utama dari sebuah PC selain mouse. Melalui keyboard kita dapat memberikan instruksi kepada komputer untuk mengerjakan sesuatu yang kitainginkan. Keyboard memuat tombol-tombol penting di antaranya : Tombol penulisan huruf. Tombol enter untuk mengeksekusi sebuah action. Tombol Esc (escape) untuk membatalkan sebuah action. Tombol-tombol fungsi khusus (F1 – F12). Tombol penulisan angka. Tombol kontrol sistem operasi (tombol windows, tombol right click menu). Keyboard dikenal dalam 3 jenis, yaitu keyboard serial keyboard PS2 (baca PS Two) Keyboard USB

Jenis-jenis keyboard Qwerty DVORAK CHORD Numeric Maltron KLOCKENBERG alphabetic

Mouse Karena berbentuk seperti seekor tikus, alat ini disebut dengan mouse. Mouse adalah komponen input yang memungkinkan pointer bergerak ke segala arah. Untuk menggerakkan pointer digunakan bola atau optic. Mouse dilengkapi dengan minimal 2 tombol untuk melakukan clicking, yaitu tombol kiri (untuk left click) dan tombol kanan (untuk right click). Klik kiri untuk mengeksekusi sebuah point yang ditunjuk oleh pointer, sedangkan Klik kanan untuk memunculkan menu yang berhubungan dengan point yang ditunjuk oleh pointer.

Output device Monitor /Video Display Unit. Printer LCD Projector. Speaker

Monitor Monitor adalah komponen untuk menampilkan apa yang sedang diproses PC dalam bentuk visual, sehingga kita dapat dengan mudah memahaminya. Monitor diproduksi dengan menggunakan 2 jenis teknologi yang berbeda, yaitu Monitor yang menggunakan tabung CRT (Catode Ray Tube) dan monitor yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display).

Printer Printer adalah output device utama untuk menghasilkan output dalam bentuk cetakan (handcopy). Jenis – jenis Printer printer dot-matrix printer ink-jet printer laser

Software Seperangkat hardware yang membentuk sebuah PC (komputer) lengkap tidak dapat bekerja tanpa software di dalamnya. Software ini yang mengontrol seluruh jalannya perangkat keras yang ada. Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan dalam software, yaitu Operating system, Program aplikasi, dan driver hardware.

Operating System Operating system atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Sistem operasi ini mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer.

macam-macam sistem operasi Microsoft DOS (Disk Operating System). Microsoft Windows (Win 3.1, Win 95, Win 98, Win 98 SE, Win 95 For Workgroup, Win ME, Win NT 4.0, Win 2000 Professional, Win 2000 Server, Win XP, Win 2000 Adavanced Server, Win 2000 Data Center Server). Linux (SuSE, RedHat, Caldera, Mandrake, Debian, Corel Linux, Slakewave, dsb). Mac OS. IBM O/S 2 Warp. UNIX (Sun Solaris, AIX, SCO, dsb).

Program Aplikasi Adalah program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktivitasnya.Melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user. Program-program dalam dunia perbankan yang digunakan untuk menyediakan informasi rekening bulanan para nasabah. Program dalam perusahaan penerbangan yang memberikan informasi pemesanan dan jadwal penerbangan

Jenis – jenis aplikasi Aplikasi bisnis dan perkantoran Didominasi oleh Microsoft Office. Microsoft Office ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan pengguna, yaitu Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, Ms Access, Ms Outlook, dan Ms Publisher. Sedangkan aplikasi bisnis yang berjalan pada Linux antara lain Star Office dan K-Office.

Jenis – jenis Aplikasi Aplikasi hiburan dan entertainment kita kenal dengan Windows Media Player, WinAm, Jet Audio, XingMPEG, dan sebagainya. Aplikasi untuk komunikasi, kita kenal dengan MiRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express, ICQ, dan sebagainya. Aplikasi grafis dan multimedia, kita mengenal Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Freehand, ACDSee, dan sebagainya. Aplikasi teknik, kita kenal Ms Visio, AutoCAD, dan sebagainya.

Jenis – Jenis Aplikasi Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee Virus Scan, dan sebagainya. Aplikasi untuk pemrograman komputer, kita kenal Visual Basic, Delphi, C++, dan sebagainya. Aplikasi server, kita kenal Ms Personal Web Server, IIS untuk Win NT dan Win 2000, Ms Exchange untuk mail server, Apache Web Server, dan sebagainya. Dan Lain-lain

Driver Hardware Driver hardware atau lebih dikenal sebagai driver, adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat hardware. Misalnya perusahaan HP, mereka membuat driver untuk printer-printer produksi mereka. Setiap hardware yang dijual, selalu disertai dengan driver buatan pabriknya. Tanpa driver, sebuah hardware tidak dapat dikontrol dari PC.

Brainware Orang yang mampu mengoperasikan komputer Menurut tugasnya brainware dikelompokkan menjadi 4, yaitu : System Analyst and Design Programmer Operator Teknisi

PR - 2 Menurut anda apakah penerapan komputer di dunia pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan Menurut anda apakah komputer dapat lebih meningkatkan kemauan belajar dan prestasi pelajar Apakah menurut pendapat anda penerapan E-Goverment dapat menegakkan good governance serta dapat meniadakan penyakit pelayan masyarakat yaitu KKN

Generasi Komputer Komputer masa depan Komputer masa depan2

Sejarah Komputer 5rb tahun yg lalu Abacus/sempoa Tahun 1641, Blaise Pascal  kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) Pascaline Tahun 1822, Charles Babbage Mesin Differensial 1944-1958 Generasi I penggunaan tube vakum 1970 – 1990 Generasi IV Penggunaan VLSI 1964-1970 generasi III Penggunaan IC 1959-1963 generasi II Penggunaan Transistor 1990-now Generasi V Microprocessor

Generasi Pertama Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar, Cepat panasProses kurang cepat , Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada saat itu di gunakan sebagai alat militer amerika untuk keperluan menghitung. 1946 : ENIAC, komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts 1953 : IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling populer

Generasi Kedua Sirkuitnya berupa transistor Program dapat dibuat dengan bahasa tingkatTinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik. Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik

Generasi Ketiga Menggunakan IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan aplikasi software 1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. 1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama

Generasi KeEmpat Penggunaan LSI (Large Scale Integration)  chip VLSI (Very Large Scale integration) Lebih murah Ukuran fisik lebih kecil Lebih meningkatnya daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer IBM PC/486, pentium II, III, IV AMD K6, Athlon, dll

Generasi Kelima Menggunakan Teknologi pasir slikon Menggunkan teknologi nano milimeter Adanya dua  procecor dalam 1 inti ( lebih di kenal dengan dual corenya, core2 duo dll) Lebih hemat listrik Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa melakukan perhitungan akurat dengan sangat cepat

Komputer Masa depan

Lanjutan

Jenis – Jenis Komputer Penggolaongan Komputer Berdasarkan tiga hal, yaitu : Data Penggunaan Ukuran

Berdasarkan data yang diolah Komputer analog Komputer Digital Komputer Hybrid

Komputer Analog Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu kejadian. Seperti misalnya : keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran. Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer

Komputer Digital Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Digunakan utk data berbentuk angka atau huruf. Yang memiliki keunggulan : Memproses data lebih tepat Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses Dapat melakukan operasi logika Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar Contoh: Calculator, Apple IIe, IBM PC

Komputer Hibrid Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

Berdasarkan penggunaan General-Purpose Computer Komputer jenis ini dapat menyelesaikan berbagai macam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini, yaitu komputer digital dan analog, tetapi yang umum digunakan yaitu komputer digital. ciri-cirinya adalah Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah Dapat berupa komputer analog maupun digital Umumnya adalah komputer digital

Special-Purpose Computer Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, Sebagai contoh, komputer yang di gunakan di rumah sakit. ciri-cirnya adalah Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus Program tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya Dapat berupa komputer analog maupun digital Umumnya adalah komputer analog

Berdasarkan kapasitasnya Komputer Mikro/ personal Computer komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (personal).

Komputer MINI Komputer mini mempunyai kemampuan beberapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Microprocessor yang digunakan untuk memproses data mempunyai kemampuan jauh lebih unggul dari pada microprocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Contoh komputer mini : IBM AS-400

Komputer mainframe Mainframe memiliki processor lebih dari satu. Kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer. Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Mainframe digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar Mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama. Contoh jenis mainframe yang terkenal adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.

Super-komputer Super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi. Memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan mainframe. Kemampuan lain yang dimiliki oleh super komputer adalah mampu membaca/menyadap pelbagai data dari satelit. Harga super komputer sangatlah mahal. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, Misalnya industri pesawat terbang Nurtanio. Salah satu contoh super komputer adalah Cray-2.  IBM ASCI White (buatan IBM / International Business Machine)

KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN

TUJUAN: Memberi kemudahan dan kesederhanaan prosedur, sehingga penerapannya memerlukan perubahan struktur organisasi pemerintahan itu sendiri. Membentuk hubungan: G2C (Governmet to Citizen) G2B (Government to Business) G2G (Government to Government). Manfaat Umum Peningkatan hubungan antara: Pemerintah Pelaku bisnis Masyarakat umum

APLIKASI KOMPUTER DI PEMERINTAHAN Aplikasi kepegawaian Aplikasi di pemerintahan daerah Aplikasi Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) Aplikasi perpajakan Aplikasi pertanahan dll

E-Goverment

PEMICU UTAMA e-GOV Era Globalisasi melanda lebih cepat Perkembangan ICT yang pesat Tuntutan penyelenggaraan pemerintah yang transparan, efisien dan efektif. Pesatnya pertumbuhan Digital Enterprize

DEFINISI e-GOVERNMENT Penyelenggaraan pemerintahan berbasis ICT yang kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-Government relationship) sehingga mampu meningkatkan kualitas layanan publik secara transparan, efektif dan efisien.

MANFAAT e-GOVERNMENT Menunjang Good Governance Meningkatnya layanan publik 24/7 Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pelayanan publik( Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan) Menjadi sarana Public Relation untuk meningkatkan citra Pemerintah Menciptakan peluang bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru. Pemberdayaan masyarakat (Masyarakat mudah melakukan pengaduan atau keluhan terhadap kondisi lingkungannya) Meningkatkan kualitas data kependudukan

KARAKTERISTIK GOOD GOVERNANCE Visi Strategis Partisipasi masyarakat Aturan hukum yang jelas Transparansi Dapat dipertanggung-jawabkan Responsif Keadilan dan persamaan Profesional

JENIS LAYANAN e-GOV (1) Ruang lingkup Layanan e-Gov yang terintegrasi (Sumber: Winarno, 2004, 23)

JENIS LAYANAN e-GOV (2) Layanan e-Gov yang terintegrasi dapat dipilah dalam tiga level, yaitu: Publikasi, pemerintah secara transparan mempublish ke website segala macam informasi, kebijakan, prosedur, aturan perundangan, aktivitas pemerintahan dsb Interaksi, pemerintah dan masyarakat dapat melakukan komunikasi dua arah melalui media web maupun email, sebagai upaya mengikut sertakan masyarakat dalam proses pembangunan daerah, tentunya hal ini sangat sejalan dengan semangat otonomi daerah Transaksi, pemerintah mengikutsertakan masyarakat secara terbuka untuk bertransaksi dengan pemerintah, misalnya dalam hal lelang maupun tender online, lebih jauh lagi pemerintah dapat memfasilitasi masyarakat dengan investor untuk melakukan kegiatan e-business.

INFRASTRUKTUR Sarana fisik Sarana non-fisik Perangkat hardware yang berkembang pesat Jaringan Telekomunikasi yang sudah terbangun baik jaringan back bone maupun jaringan akses seperti: VSAT, ISDN, SKSO, DSL, VoIP, dsb Sarana non-fisik Perangkat peraturan dan perundang-undangan Kebijakan

Restrukturisasi Sistem Informasi

PETA APLIKASI e-GOV E-Gov Portal (Public & Internet Portal) Share Service Grup Fungsi Kelembagaan Layanan Publik Layanan Bisnis Layanan Pemerintah Grup Aplikasi Berorientasi Publik Berorientasi Bisnis Berorientasi Pemerintah Aplikasi Dasar Umum Basis Data Terintegrasi Internet Enabled Inter Application Communication Inter Apliccation Integration Scheme Security Servive Pemerintah Bisnis Masyarakat Comm Aplikasi dasar Aplikasi Fungsi Kelembagaan & Kepemerintahan Services Basis Data

KUNCI SUKSES e-GOV (1) Pemanfaatan ICT dalam proses penyelenggaraan pemerintahan Penggunaan Internet Penggunaan Infrastruktur Telematika Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Standarisasi Metadata Transaksi dan Pertukaran Data Elektronik Sistem Dokumentasi Elektronik Pembangunan Basis Data Terintegrasi

KUNCI SUKSES e-GOV (2) Adanya 5 kategori ketersediaan : akses jaringan yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat baik medianya (PC,PDA, Mobile Phone dll) maupun tempat aksesnya (Kantor, Kampus, Fasilitas Pemerintah, Warnet, Warintek, dll). kepemimpinan pemerintah dan industri dalam mengusahakan e-government dan e-business kekuatan hukum dalam melindungi hak intelektual, ketersediaan tenaga kerja yang mendukung e-business iklim e-business. 

KUNCI SUKSES e-GOV (3) Perubahan Paradigma ICT hanyalah sebatas tools, namun yang terpenting dari e-government adalah perubahan paradigma, dari Government Centric menuju Customer Centric sehingga layanan-layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Hambatan dalam E‑Government Masalah Pendanaan Sudah tersedia dana, tapi belum tahu bagaimana memanfaatkannya Sudah tersedia dana, perencanaan penggunaannya masih semrawut Dana yang sudah dikeluarkan tidak tepat sasaran Alokasi dana kurang proporsional Perlu metoda untuk optimalisasi dana Infrastruktur (fisik dan non-fisik) Sarana fisik: perangkat hardware, Jaringan telekomunikasi, fasilitas IT lainnya Sarana non-fisik: Perangkat peraturan dan perundang-undangan Kebijakan

Hambatan dalam E‑Government (2) Masalah Standarisasi Agar proses pelayanan dapat memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan Agar proses berjalan secara seragam Agar ada prosedur operasional yg stabil Agar terjadi keunikan dalam identifikasi data dan kemampuan penelusuran data Agar integrasi e-government secara nasional dapat berjalan dengan lancar Sumber Daya Manusia (SDM) Kultur berbagi belum ada. Kultur mendokumentasi belum lazim. Tempat akses yang terbatas.