Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Fungsi Friend Dalam bahasa C++ kita dapat membuat suatu fungsi yang berada di luar kelas (class) dan dapat meng-ak-ses bagian private suatu kelas. Fungsi.
10 KELAS class nama_class struct nama_struct
Workshop SCS: Java Game Programming
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Struktur.
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Class.
Pemrograman Dasar Pointers.
Bagian 6 Pembahasan Kelas Dalam C++
1 Pertemuan 14 Operator Overloading Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Operator Overloading Pertemuan 20 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Object Oriented Programming Bag.2 Pertemuan 24 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
1 Pertemuan 4 ELEMEN DASAR C++ Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Friend. Adalah fungsi bukan anggota kelas yg dapat mengakses anggota kelas. Secara umum friend berguna jika terdapat suatu operasi yg hendak mengakses.
1 Pertemuan 6 Encapsulation Lanjutan Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
1 Pertemuan 17 Polymorphism Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
Fungsi, Array dan String
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
1 Pertemuan 8 Structure Data Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 18 Template Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Struktur Kendali Pengulangan Pertemuan 6 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Matakuliah : T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 5 Encapsulation Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pertemuan 10 Constructor dan Destructor
Matakuliah : T0456 / Algoritma dan Metode Object
Algoritma sorting dasar (lanjutan) Pertemuan 11
1 Pertemuan 7 Review 1 – 6 Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 10 Pemrograman Berorientasi Objek Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Access Modifier.
Inheritance Pertemuan 8
MODIFIER JAVA.
Polymorphism Pertemuan 23-24
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Constructor dan Destructor Pertemuan 17
Inheritance Pertemuan 21
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Struct.
Structure Data - Struct Pertemuan 8
Pemrograman Berorientasi Objek
Matakuliah : M0864/Programming I
Membuat Kelas.
Inheritance lanjutan Pertemuan 22
QUIS Algoritma Pemrograman I
Class.
Object Oriented Programming
Generic Data Type Pertemuan 25
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
Pemrograman Berorientasi Objek
(Object Oriented Programming)
Pemrograman Berorientasi Objek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4 - 1
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15 Matakuliah : T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun : 2007 Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15

Pada akhir pertemuan ini, diharapkan: Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan: Mahasiswa dapat menguraikan definisi object dan class dalam pemrograman berorientasi object Buku Referensi: C++ - How to program, Deitel & Deitel, Prentice Hall, 2001. Websites: http://www.deitel.com 3 Bina Nusantara

Outline Materi Konsep OOP Class dan Objek Data dan function member class Akses data anggota class Deklarasi class Definisi fungsi dan class 4 Bina Nusantara

Konsep OOP Memecahkan program (pemrograman) menjadi beberapa object Object dunia nyata = state + abilities Object pemrograman = data + fungsi Kecocokan antara object dunia nyata dengan object pada pemrograman merupakan hasil yang menggembirakan dalam menyatukan data dengan fungsi2nya 5 Bina Nusantara

Class Adalah sebuah tipe data baru yang digunakan untuk mendefinisikan object. Class berperan sebagai perencana dan template yang menyediakan data dan fungsi apa yang dipunyai oleh object dari class itu. Menulis sebuah class tidak berarti membuat object (object instan dari class) 6 Bina Nusantara

A adalah object dari class Point Class merupakan tipe data dengan object sebagai variabel. Contoh: Point A; A adalah object dari class Point (tipe data dari object A adalah Point) Data dan fungsi dalam sebuah class disebut member(anggota) dari class itu 7 Bina Nusantara

Class Syntax: class className { public: <visible member function & data> private: <hidden member function & data> }; 8 Bina Nusantara

Contoh Class class point { int x, y; public: void move(int, int); void print(); }; 9 Bina Nusantara

Pengendalian akses anggota class Alasan pengendalian hak akses:. Menjaga bagian program yang bersifat rahasia dan tidak boleh disentuh/akses Ada data yang hanya boleh diakses class tersebut, sehingga perubahannya tidak mempengaruhi class lain Menjaga perubahan data pada object secara mendadak 10 Bina Nusantara

Public, private dan protected Private, bagian class yang hanya dapat diakses oleh lingkungan internal class. Protected, bagian class yang dapat diakses oleh lingkungan internal class itu sendiri dan turunannya. Public, bagian class yang dapat diakses oleh umum, baik dari dalam maupun dari luar class itu sendiri. 11 Bina Nusantara

Public, private dan protected Pada deklarasi class, semua anggota pada kondisi default bersifat private, untuk implementasi information hiding 12 Bina Nusantara

Membuat fungsi dalam class Fungsi dalam class dapat didefinisikan dengan 2 cara: 1. Di dalam class (inline) 2. Di luar class Untuk mempercepat proses compilasi dan mempermudah pembacaan class, hindarkan penulisan inline function. 13 Bina Nusantara

Deklarasi fungsi di luar class Sintak: Type NameKelas::NamaFungsi(parameter) { // Tubuh fungsi } 14 Bina Nusantara

Pengaksesan Anggota class Diluar class hanya visible member yang dapat di akses, yaitu anggota yang dideklarasikan dengan cara public. Operator yang digunakan untuk mengakses anggota class adalah dot (.) dan arrow (->). Fungsi anggota di dalam class dapat mengakses semua anggota class tanpa perlu notasi dot ataupun arrow. 15 Bina Nusantara

Contoh Program Class Contoh output program: #include <constrea.h> class Lingkaran{ private: int R; public: void input(){cout << “input R? “; cin >> R;} double luas(){return(3.14*R*R);} void tampil(){ cout << “Luas lingkaran = “ << luas();} }; void main(){ Lingkaran objku; objku.input(); objku.tampil(); } Contoh output program: Input R? 10 Luas lingkaran = 314 16 Bina Nusantara

Diskusi dan Tanya Jawab Latihan soal 17 Bina Nusantara