Solikin, WS.,M.T.*) solikin2004@yahoo.com Menjamah IT/Dunia Maya Dalam Ruang Lingkup SI (Pengenalan IT secara Umum dan Prospek Kerjanya) Solikin, WS.,M.T.*)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IT & Pengembangan Mahasiswa FD-IT MAKASSAR. The world is Flat.
Advertisements

SESI 12 KARIR DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI Materi
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Tahun 1999 Dikembangkan SMK-TI pola tandem dengan 3 kompetensi
Peminatan Mobile Computing
Profesi di Bidang Teknologi Informasi
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Strategi dan Metode Pengembangan E-Business
PETEMUAN 7 ETIKA PROFESI.
JURUSAN SISTEM INFORMASI
Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Proses Belajar-Mengajar
1.  Apakah pembelajaran blended?  Mengapa memerlukan blended?  Bagaimana Menyiapkan Pembelajaran Variatif- integratif?  Bagaimana pendidiknya? 2.
PEMASARAN PRODUK UKM MELALUI INTERNET
Materi MP. TIK MTs Kelas IX
Bab VIII Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi
MENINGKATKAN PROFESIONALISME DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
PT INTI – RICE, Gedung Pusat Teknologi Lt 3
Profesionalisme Kerja Bidang IT
SOFTWARE.
Fakultas Teknologi Informasi Tahun Akademik 2007/2008 S1 S1 Teknik Informatika Sistem Informasi Sistem Komputer.
Aplikasi Komputer.
JURUSAN SISTEM INFORMASI Oleh Maimunah, M.Kom Kepala Jurusan Sistem Informasi.
INTERNET By APRI SISWANTO, S.KOM.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT
PERANAN ICT DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
Cyber Crime AND Cyber Law
Sertifikasi IT Etika Profesi Defri Kurniawan, M.Kom.
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Karier dan Sertifikasi Komputer
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
SOFTWARE KOMPUTER.
Prof. Dr. Budi Murtiyasa Wakil Direktur I Pascasarjana UMS
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
KETENTUAN GRUP DISKUSI
Sistem Informasi Manajemen
Mobile Computing Dan Aplikasinya
Pengantar Teknik Elektro
Aplikasi Komputer.
Pertemuan 5 Electronic Commerce
Information System Today
Implementi E-Government di Indonesia
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
AKSES INTERNET By ; ‘’MUHAMAD HUMAIDY ‘’.
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Etika Profesi KSU 1304 (Chapter 2: Profesi IT dan Profesionalisme)
Chapter 13 Karir dan Sertifikasi di bidang Komputer
AKSES INTERNET.
Membangun Sistem Informasi ERP
Yudho Giri Sucahyo Dosen Fakultas Ilmu Komputer - UI
Membangun Sistem Informasi ERP
Infrastruktur E-Business
Pengantar Teknologi Informasi
Sistem dan Teknologi Informasi
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE PENJUALAN HARDWARE DENGAN for further detail, please visit
Pengantar Teknologi Informasi
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Pengantar Teknologi Informasi
Pertemuan IV Profesi di Bidang Teknologi Informasi
IT JOBS IT JOBS IT JOBS IT JOBS.
Information Systems Department.
Aplikasi Komputer.
Meningkatkan Profesionalisme di bidang Teknologi Informasi
Aplikasi Komputer Dr. Mesterjon, S.Kom, M.Kom.
Profesionalisme Kerja Bidang IT
Pengantar Teknologi Informasi
ESKAD CAMP PROGRAM Held on : 1 Nov 2018 – 15 Jan 2019.
Manajemen Sumber Daya Informasi
Studium Generalle Fakultas Sains dan Teknologi
Transcript presentasi:

Solikin, WS.,M.T.*) solikin2004@yahoo.com Menjamah IT/Dunia Maya Dalam Ruang Lingkup SI (Pengenalan IT secara Umum dan Prospek Kerjanya) Solikin, WS.,M.T.*) solikin2004@yahoo.com Seminar Jur SI Universitas Widyatama, Sabtu 12 April 2008 *) Sekretaris Aptikom Wil.IV Jawa Barat dan Banten Kooedinator D3-TKJ Jawa Barat

Kata Kunci : IT, Ruang Lingkup SI & Prospek Kerjanya

Era Kini Era DIGITAL Era Hidup dengan Konsep : “ANTARA ADA dan TIADA”

“0” dan “1” Era Kini Era DIGITAL Era Hidup dengan Konsep : Konsep 0 dan 1 ya konsep sederhana yg hanya 2 digit telah ditemukan oleh manusia berabad2 lampau tp baru di implementasikan pd awal abad 20

“DUNIA MAYA” Era Kini Era DIGITAL Konsep 0 dan 1 atau konsep antara ada dan tiada saat ini di kenal dengan sebutan “DUNIA MAYA”

By the age of 21, the average person will have spent: Millennial Generation-The Digital Learners By the age of 21, the average person will have spent: 10,000 hours – video game 200,000 – emails 20,000 hours – TV 10,000 hours – cell phone Under 5,000 hours of reading Baby Boomers Generation X Millennial Generation TV Computers Mobile phones, PDAs

Tanya Dirimu ????? Guru/Dosennya siapa ? Teman2nya siapa saja ? Teman2nya dari mana saja ? Pacarnya siapa saja dan dari mana saja ? Belanjanya kemana saja ? Nontonya apa saja ? Dengerin musiknya dari mana saja ?

Tanya Dirimu ????? Surat2annya sama siapa saja ? Ngobrolnya sama siapa saja ? Sering bertanya ke siapa saja ? Alamat yang dapat dihubungi apa saja ? Makanannya apa saja ? Nongkrongnya dimana saja ? Senyumnya sama siapa saja ? Bagaimana pola hidupnya ?

Tanya Dirimu ????? Relasinya dengan siapa saja ? Senjata pamungkasnya apa saja ? Jalan-jalannya kemana saja ? Nulisnya dimana saja ? Kumpulnya dimana saja ? Kamusnya apa saja ? Berobatnya kemana saja ? Olahraganya apa saja ?

Tanya Dirimu ????? Pajang foto/tebar pesonanya dimana saja ? Pendapatannya dari mana saja ?

Anda Percaya atau Tidak ?? Semua Orang IT saat ini JENIS KELAMINYA WANITA !!! KO BISA !!... Sebutan2 dunia Komputer :

Sebutan2 dunia Komputer : EDP/PDE IT INFORMATIKA TELEMATIKA IS ICT ya ICT di bacanya “Ai SITI” Mana ada SITI jenis kelaminya Lelaki pasti WANITA lah !!!

Communication Revolution IMPACT Internet: Greatest impact TIME TIME

Ekonomi Digital Kecepatan Perubahan Ekonomi Agricultural Age Industrial Age Digital Economy

IT dan RUANG LINGKUP SI

IT dan Ruang Lingkup SI R E C B Y T E B A S E B I T 1965 1995

Computing CS SE IT CE IS

Computing & Basic Item Unit CS SE IT CE IS Base Rec Byte Bit Nasi Beras Padi Benih

Basic Item Unit Knowledge Base Rec Byte Bit

Computing Trends KIT SW HW Human II AI K IT : Knowledge Information Technology TI : Tutoring Intelligent I I : Instrument Intelligent AI : Artificial Intelligent IA : Integrated Application IE : Integrated Environment CMP: Compiler OS: Operating System IA IE CMP SW OS HW size 1960 2000 HW Tabung Transistor VLSI ULSI ………….. Optik …….. Gas

PROSPEK KERJA SI

Kesempatan Kerja Sektor Telematika di Indonesia Dalam ribuan Dimulai dengan hanya 150 ribu, sektor telematika Indonesia akan membangun secara agregat lebih dari 81.000 lapangan kerja baru sejak tahun 2004 hingga 2009 dan berkontribusi terhadap pertumbuhan lebih dari 1.100 perusahaan telematika baru 24

Kesempatan kerja di Industri Telematika Di Indonesia, 150.000 orang bekerja di sektor yang berhubungan dengan telematika. Organisasi atau perusahaan lokal adalah penyumbang terbesar terhadap penciptaan lapangan kerja sektor telematika Berdasarkan sektor telematika Distributor lokal dan perusahaan jasa Produsen Telematika (Hardware & Software) 126,789 15,545 5,161 Organisasi/perusahaan pengguna akhir lokal (IT Professionals) 25

Kebutuhan Tenaga IT Kebutuhan terhadap tenaga IT di bidang industri software baik di luar negeri maupun di dalam negeri, adalah sebagai berikut : Tenaga IT di luar negeri, untuk tahun 2015, diperkirakan 3,3 juta lapangan kerja. Sedangkan Tenaga IT domestik, berdasarkan proyeksi pertumbuhan industri pada tahun 2010 target produksi 8.195.33 US $, dengan asumsi produktifitas 25.000 perorang,dibutuhkan 327.813 orang

Kominfo: Jabatan Pengelola e-Gov ICT Manager Security Administrator Quality Assurance Manager Application Development/ Support Manager Application Systems Analyst Application Programmer Data Manager Database Administrator Technical Support Manager Network Administrator Systems Administrator Systems Analyst Systems Programmer Operation Manager Librarian Panduan Kompetensi Pengelola E-Government Kementerian Komunikasi dan Informasi, 2004

Industri: Contoh Spesialisasi Keahlian Hardware & Network Admin PC, Server, aksesoris, hub, router, switch, perkabelan System Administrator Sistem Operasi, services, Workgroup Domain, Internet Domain Name , messaging (-Email) Database Administrator Sistem Basis Data (Oracle DB, mySQL, MS-SQL) Programmer & System Analyst Pemrograman (JSP, ASP, PHP, C)

12 Kompetensi SANGAT BARU Berbasis IT 1. Searching, dengan search engine 2. Collecting, MP3, garfik, animasi, video 3. Creating, membuat web, membuat game 4. Sharing, web pages, blog 5. Communicating, e-mail, IM, chat 6. Coordinating, workgroups, mailing list 7. Meeting, forum, chatroom, 8. Socializing, beragam kelompok sosial on line 9. Evaluating, on line advisor 10. Buying-Selling, jual beli on line 11. Gaming, game on line 12. Learning, jurnal on line, riset on line Bernie Trilling, Toward Learning Societies, 2006

Kesimpulan Terbentang Luas Kerjaan di dunia IT IT digunakan untuk Manajerial dan Bisnis (SI) IT sebagai solusi seluruh problematika Kehidupan Hidup “ANTARA ADA dan TIADA” atau “DUNIA MAYA” Jamahlah MAYA, krn MAYA skr lagi JABLAY !!

What Should to DO!! Belajar dengan BAIK Belajar dengan ?? IT Dimana belajarnya ?? UTAMA Ambil apa ?? IT (SISTEM INFORMASI) Bagaimana cara daftarnya ?? tanya IT .. Belajarnya pake apa ?? pake IT .. Hidupnya dengan apa ?? dengan IT ..

Referensi : Dr. Iping Supriana, Comuting PAST, CURRENT & FUTURE ?, Makalah Seminar pada MUNAS APTIKOM 2006, 23-25 November di UNPAR Bandung Cahyana Ahmadjayadi Direktur Jenderal Aplikasi Telematika, Departemen Komunikasi dan Informatika PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGHADAPI ERA PERSAINGAN GLOBAL, Makalah Seminar pada MUNAS APTIKOM 2006, 23-25 November di UNPAR Bandung M. H. Marta Adi Darma, Education Manager, Microsoft Indonesia, Industry parnership University – Microsoft, Makalah Seminar pada MUNAS APTIKOM 2006, 23-25 November di UNPAR Bandung Reshaping Education through E-learning David Asirvatham Director Centre for Multimedia Education Development Multimedia University Malaysia, Makalah Seminar Internasional Peran Multimedia di Bandung Hanny Santoso, Program Director, MM/MBA in IS Management Graduate School of Business JWC - Bina Nusantara University, E-Skill in Education @ Binus and For Indonesia. Solikin, Diktat Kuliah SIM, Bandung Sumber bacaan lain baik berupa Buku maupun Internet

Terima Kasih