PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGERTIAN KOMPUTER Modul 1 I-1 1. PENGERTIAN DASAR
Advertisements

Pengenalan Pengolahan Data Elektronik
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung.
PENGANTAR TEKNOLOGI & SI 1A Minggu 2 - Jenis Komputer.
Media pembelajaran Interaktif Perkembangan Teknologi Informasi
Pengantar Tekno. Komp. & Informatika A
PENGENALAN KOMPUTER.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK ( SOFTWARE )
1. Ciri Komputer Generasi Pertama
Dosen : Safarindra T. S. Updated : 03/11/2009. Komputer (computer) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon)
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
KOMPUTER, SEJARAH & PERKEMBANGANNYA
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
Pertemuan 1 Viska Armalina, ST.,M.Eng
KELOMPOK 1 ADINDA FATMAWATI ANILSA AYU UTAMI APRILIANTRI HILYAH IRSALINA RIZKI DUINUGRAHA YULI YUDYASTUTI.
Computare (Latin) to compute menghitung
Sejarah Komputer PENDAHULUAN
Introduction Aplikasi Komputer Chapter 1 SY. Yuliani.
komputer to compute menghitung
Computare (Latin) to compute menghitung
Generasi Komputer Komputer Generasi Pertama ( ) Ciri-ciri :
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
KONSEP DASAR KOMPUTER Dedeng Hirawan, M.Kom.
GAMBARAN UMUM KOMPUTER
computare to compute menghitung
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI (PTI)
Dasar Komputer dan Internet
PLEASE WAIT... الحاسبا العربى مدرس : احمد مكى حسن.
SISTEM KOMPUTER Aplikasi Komputer 1.
Pengantar Teknologi Informasi
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
GAMBARAN UMUM By : napalak.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Materi2.
PENERAPAN KOMPUTER (2-1) DOSEN PENGAMPU : Adi Sampurno (ASP) Sri Untari (SUT) Web Blog =
Pertemuan 2 Pengenalan Organisasi Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Teknologi Informasi Pendidikan Luar Sekolah
HARDWARE (Sejarah Komputer)
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Khoiriyatul Mukhfiyah
DASAR KOMPUTER DAN PEMPROGRAMAN
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Computare (Latin) to compute menghitung
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Modul ke: Fakultas Program Studi 01 MKCU Ida Farida, M.Kom APLIKASI KOMPUTER Pengenalan, Sejarah Komputer dan Sistem Komputer.
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Teknologi informasi Novi Hendriyanto, M.Kom
Computare (Latin) to compute menghitung
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Konsep Sistem Komputer
PENGENALAN KOMPUTER.
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
Dunia Komputer.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
 Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan.
Transcript presentasi:

PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A BAB 1 PENDAHULUAN

DEFINISI KOMPUTER computare to compute menghitung Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A computare to compute menghitung Kata komputer sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani: COMPUTARE yang berarti menghitung. Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A DEFINISI KOMPUTER FUORI Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia ROBERT H. BLISSMER Menerima input Memproses input tadi sesuai dengan programnya Menyimpan perintah – perintah dan hasil dari pengolahan Menyediakan output dalam bentuk informasi DONALD H. SANDERS Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, belerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A DEFINISI KOMPUTER Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolahan data menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan Sistem Komputer (Computer System) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Elemen sistem komputer tersebut saling berhubungan jadi satu kesatuan. Hardware (Perangkat Keras) tidak akan berfungsi apabila tanpa Software (Perangkat Lunaka) atau sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada Brainware (Manusia) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. Hardware : Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa disentuh. Software : Program yang berisi instruksi/perintah pengolahan data. Brainware : Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A DEFINISI KOMPUTER Dari definisi yang diberikan oleh para ahli, maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa : Pengertian dari Komputer adalah : Alat elektronik yang menerima input data, mengolah data dan dapat membuat informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahan sehingga kita dapat bekerja secara otomatis. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK Pengolahan data dengan menggunakan komputer disebut pengolahan data elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processing (EDP). Program adalah : Kumpulan instruksi atau perintah secara terperinci yang sudah disiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

SIKLUS PENGOLAHAN DATA Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A INPUT OUTPUT pengolahan data informasi PROCESSING Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Pengembangan Siklus Pengolahan Data Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Pengembangan Siklus Pengolahan Data ORIGINATION INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION STORAGE Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (pencatatan) Input : tahap proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input Processing : tahap proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output Distribution : tahap penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A SEJARAH KOMPUTER Sejak dahulu kala, proses pengolahan kata telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat2 mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan2 manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Penggolongan alat pengolahan data sejak jaman purba sampai saat ini digolongkan kedalam 4 golongan besar yaitu : Peralatan Manual yaitu : peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia. Peralatan Mekanik yaitu : Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. Peralatan Mekanik Elektronik yaitu : Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik. Peralatan Elektronik yaitu : Peralatan yang bekerja secara elektronik penuh, dan berkembang dari generasi ke generasi.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan, komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Perkembangan teknologi komputer dimulai sejak jaman purba, dimana sejak jaman purba sampai saat ini bisa digolongkan ke dalam 4 golongan yaitu : 1. Peralatan manual, dilakukan sejak jaman primitif contohnya : - Tulang - Petroglyphs - Lempengan tanah liat - Kulit binatang & lempengan kayu - Abacus, Napier’s Bones - Kertas

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 2. Peralatan Mekanik, perkembangan alat manual ke mekanik yang digerakkan oleh tangan, contohnya : Contohnya : Mesin Hitung I : diciptakan oleh Wilhem Schickard (1592-1635) untuk perkalian, pembagian dan perhitungan algoritma. Mesin Hitung Otomatis I : diciptakan oleh Blaise Pascal (1623-1662) disebut Pascal’s Machine Aritmetique. Leibnitz”s Calculating Machine (1646-1716). Babbage’s Difference Engine : diciptakan Charles Babbage (1791-1871) 3. Peralatan Mekanik Elektronik, contoh : - Mesin Tabulasi kartu plong ( Dr. Herman Hollerith 1860-1929) untuk mempercepat pengolahan sensus. - Mesin Hitung Otomatis I oleh Leonard Torres X Quevedo (1852-1936) - Komputer Analog.

Komputer Generasi I (1946-1959) Komputer Generasi II (1959-1964) Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 4. Peralatan Elektronik Alat yang bekerjanya secara elektronik. Alat ini dikembangkan dari generasi ke generasi. Pembagiannya : Komputer Generasi I (1946-1959) Komputer Generasi II (1959-1964) Komputer Generasi III (1964-1970) Komputer Generasi IV (1970-1990) Komputer Generasi V (Sejak 1990an) Komputer Masa Depan (Abad 21) Pembagian 4 golongan besar ini akan memberikan gambaran sejarah komputer dari masa ke alat pengolahan data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer ini merupakan perkembangan dari Hardware (perangkat keras).

2). Perangkat Lunak semasa komputer generasi I : Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Perkembangan Perangkat Lunak (Software) terdiri atas : 1). Perangkat Lunak sebelum komputer generasi I : • Sistem kode yang pertama ~ Signal Obor untuk mengirim berita dilakukan oleh bangsa Yunani. Penulisan perangkat lunak pertama ~ oleh Ada Augusta (1815-1853) untuk permainan alat2 musik. Program mekanik I ~ oleh Wallace J.Eckert (1902-1971) menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong. 2). Perangkat Lunak semasa komputer generasi I : dengan menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer dengan membuat program dalam bahasa mesin (Mechine Language) yaitu Assembler yang tersimpan di memori komputer secara permanen.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 3). Perkembangan Bahasa Pemrograman tingkat Tinggi. Pemprogramannya ditulis dengan bahasa tingkat tinggi yang dilakukan dengan menulis program dalam bahasa awam (bhs sehari-hari) yang kemudian diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa mesin. Contoh : Bahasa Fortran ~ Bhs. Tingkat Tinggi yang I LIPS (List Processor / List Programming) ALGOL (Algorithmic Language) LOGO (Perkembangan dari LIPS untuk komputer Micro) GPSS (General Purpose System Simulator) Bhs. Pertama untuk keperluan proses simulasi RPG (Report Program Generator) ALP (A Programming Language) dikembangkan oleh IBM BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Intruction Code) merupakan bahasa tingkat tinggi yang berbentuk interpreter yang memungkinkan untuk mengoprasikan komputer secara aktif. Program dapat ditulis, dijalankan, diubah dan dijalankan lagi tanpa harus melalui tahap kompilasi spt. COBOL

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A • PL / I ~ Bahasa Tingkat Tinggi yang dikembangkan oleh IBM dari Gabungan Fortran, COBOL dan ALGOL untuk aplikasi Bisnis dan Teknik Perkembangan Perangkat Lunak Paket Aplikasi seperti : Elektrik Pencil, WordStar, APPLE Writer, Dbase II, Lotus 1 2 3, Visicalc. Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi. Paket Operasi atau program yang dibuat dengan high level language seperti: Basic, Fortran, Cobol, Bhs. C dsb tidak akan dapat dijalankan kalau tidak ada OS atau Operating System yang mendukungnya seperti : Unix, CP/M, Ms-Dos, Aplikasi Windows.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Generasi Pertama Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Generasi Kedua Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi, seperti COBOL, FORTRAN, ALGOL (Algorithmic Language) Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Generasi Ketiga Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Generasi Ke empat Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981 seperti yang nampak pada gambar, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer ini menjadi sangat popular.

Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Generasi Berikutnya Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium

PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER Pemanfaatan Teknologi Komputer atau Penerapan Komputer biasa disebut dengan istilah Computerization. Penerapan ini secara nyata telah mempengaruhi manusian secara pribadi, keluarga, masyarakat, organisasi dan semua orang didunia ini. Tidak ada yang terlewat tanpa sentuhan komputer. Adapun penerapan komputer disegala bidang meliputi : 1. Bidang tehnik dan ilmu pengetahuan Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang tepat. Contoh : - Pembuatan Model Reaktor Nuklir dan Molekul-molekul - Pembuatan Aplikasi CAD (Computer Aided Design) - Merancang bentuk mobil, gedung dan susunan tata ruang dalam arsitektur.

Untuk mempelajari keadaan tanah serta kountur dari suatu daerah. Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 2. Bidang Geologi Untuk mempelajari keadaan tanah serta kountur dari suatu daerah. 3. Bidang Bisnis - Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat di dalam Perusahaan - Untuk menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang - Untuk menyediakan informasi meningkatkan mutu manajemen 4. Bidang Industri Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, agar lebih efektif dan effisien. 5. Bidang Perbankan Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan. 6. Bidang Pendidikan Untuk meningkatkan proses belajar agar metode belajar lebih effektif bagi siswa.

Untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 7. Bidang Kedokteran Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT ( Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak. 8. Bidang Penerbangan Untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. 9. Bidang Kriminal Untuk menghasilkan statistik kriminalitas di suatu daerah, sehingga dapat mengatur patroli yang diperlukan untuk mendapatkan data sidik jari dan mencari fakta dan data dengan tepat dan cepat. 10. Bidang Permainan Untuk hiburan, pendidikan, ketrampilan dan untuk membantu pasien yang lemah mental atau terbelakang.