PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK Pertemuan 3.
Advertisements

COST OF SOFTWARE QUALITY
Oleh: Narayoga Wasesa Staff Training & Certification.
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
Manajemen Proyek Sistem Informasi
Klasifikasi Sistem Sistem Abstrak vs Sistem Fisik
Chapter 3: Studi Kasus : Kelompok Proses – Manajemen Proyek
MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
Pengenalan Manajemen Proyek
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek.
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN RISIKO.
KONSEP DASAR PROYEK DAN PROYEK SISTEM INFORMASI 1.
Pertemuan 4 Manajemen Proyek (2)
BAB III KELOMPOK PROSES MANAJEMEN PROYEK
MONITORING & PENGENDALIAN PROYEK
CHOIRU ZAÍN Manajemen Proyek Perangkat Lunak – Perencanaan Proyek.
Testing dan Implementasi Sistem
Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I
Konsep dasar proyek dan Proyek SI
Software Quality Assurance
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
Oleh : Etimanta Veronika Br. Pinem ( ) Oktariani Laoly ( )
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Pengelolaan Sistem Informasi
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Monitoring-Pengendalian Proyek
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Materi Bab 5 Sistem Informasi
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
System Development Life Cycle (SDLC)
Nama Penyaji | Nama Perusahaan
Tutorial Ke-8 Manajemen Proyek Sistem Informasi
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
4 Rekayasa Sistem 3 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
Software Engineering by Pressman
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
KONSEP DASAR PROYEK DAN PROYEK SISTEM INFORMASI Si5D
Manajemen Proyek SI Part 2.
Software Engineering ( Pressman)
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
Rekayasa Perangkat Lunak
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Step Wise: an overview of
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
KONSEP DASAR PROYEK DAN PROYEK SISTEM INFORMASI
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( RPL )
Membangun Sistem Informasi ERP
Membangun Sistem Informasi ERP
TUGAS PROYEK SISTEM PAKAR
Sesi -2 Perencanaan proyek
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN PROYEK TI PERTEMUAN KE 4 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
BAB 6 dan 7 PERTEMUAN KE 3 20/09/2018.
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
PROYEK SISTEM INFORMASI
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
Manajemen Proyek.
Transcript presentasi:

PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK Pertemuan 3 Chandra Lesmana. S.Kom

TUJUAN Mampu memahami mengenai perencanaan perangkat lunak Mampu memahami unsur – unsur yang patut diperhitungkan dalam merencanakan pembuatan perangkat lunak Mampu mengenali metode yang umum digunakan dalam sebuah perencanaan proyek pengembangan perangkat lunak.

Proyek adalah sebuah rencana yang spesifik PERENCANAAN PROYEK Proyek adalah sebuah rencana yang spesifik Proyek Perangkat Lunak adalah perencanaan yang spesifik untuk membangun sebuah perangkat lunak

JENIS PROYEK PERANGKAT LUNAK Dalam sebuah proyek perangkat lunak langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis proyek perangkat lunak yang akan dikerjakan. Jenis dari proyek perangkat lunak adalah : Sistem Informasi Embedded System

Sistem Informasi : merupakan jenis proyek yang umumnya melibatkan basis data dalam sebuah perusahaan dan membutuhkan analisa suatu proses. Embedded System : merupakan perangkat lunak yang banyak berhubungan dengan mesin atau perangkat keras lain, misalnya perangkat lunak untuk melakukan kontrol mesin di manufaktur.

UNSUR – UNSUR DALAM PROYEK PERANGKAT LUNAK 1. People merupakan unsur manusia yang terlibat dalam sebuah pembuatan proyek perangkat lunak. Ada 3 jenis peran dalam tim People tersebut : Pemimpin Tim ( Pimpinan formal ) Pemain Utama ( Para anggota tim yang terlibat langsung dalam proyek perangkat lunak. Programer dan Sistem Analis ) Pemain Pendukung ( Para tim yang bertindak sebagai tester atau trainer )

2. Process Dalam lingkup proses, seorang manajer tim mampu memahami teori proses perangkat lunak ( dan juga siklus hidup ). 3. Product Ruang lingkup dari perangkat lunak serta melakukan pemecahan kebutuhan sistem. 4. Project Unsur yang terakhir adalah proyek itu sendiri. Dalam hal ini adalah kegagalan yang terjadi karena kecemasan dari seluruh unsur tim akan proyek yang mereka kerjakan. Pesimisme

TAHAPAN PERENCANAAN Perencanaan perangkat lunak memiliki beberapa tahapan yang telah distandarisasi oleh IEEE (Institute Electrical and Electronics and Engineering). Standarisasi untuk perencanaan perangkat lunak yang dibuat oleh IEEE terangkum sebagai SCM (Software Configuration Management). Dalam dokumen tersebut, tahapan perencanaan proyek perangkat lunak terbagi menjadi : Introduction SCM Management SCM Activities SCM Schedules SCM Resources SCM Plan Maintenance

1. Introduction (merupakan tahapan awal dari perencanaan yang didalamnya meliputi : a. Ruang Lingkup perangkat lunak yang akan dikerjakan. b. Tujuan dari perangkat lunak yang akan dibuat c. Definisi dari perangkat lunak d. Referensi perangkat lunak

2. SCM Management Merupakan aspek manjerial dari perencanaan proyek perangkat lunak. Didalam tahapan ini, seorang manajer tim melakukan pembagian tugas, pelimpahan tanggung jawab, rencana implementasi serta penetapan prosedur dalam pembuatan perangkat lunak. 3. SCM Activities Merupakan perencanaan aktivitas yang nantinya dilakukan dalam pembuatan perangkat lunak, termasuk di dalamnya target yang harus dicapai dalam satuan waktu tertentu serta wewenang revisi dan kendali saat proyek dilaksanakan.

4. SCM Schedules Merupakan tahapan untuk pembuatan jadwal proyek dengan timeline yang sesuai dengan permintaan pelanggan. 5. SCM Resource Dalam tahapan ini, jadwal serta target yang telah selesai kemudian dipetakan sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya dalam ruang lingkup ini adalah sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak yang dimiliki oleh tim pengembang serta sumber daya manusia yang nanti terlibat dalam proyek pengerjaan perangkat lunak.

6. SCM Plan Maintenance Merupakan tahapan akhir dalam perencanaan, yakni perencanaan tentang pemeliharaan perangkat lunak jika perangkat lunak telah selesai di produksi.

ESTIMASI Estimasi : sebuah pengukuran yang didasarkan pada hasil secara kuantitatif atau dapat diukur dengan angka tingkat akurasinya. Estimasi Perangkat Lunak : melakukan prediksi atau ramalan mengenai keluaran dari sebuah proyek dengan meninjau jadwal, usaha, biaya bahkan hingga ke resiko yang akan ditanggung dalam proyek tersebut.

METODE DALAM ESTIMASI COCOMO ( Constructive Cost Model ) COCOMO adalah model untuk melakukan estimasi biaya, usaha dan jadwal saat merencanakan sebuah aktivitas pengembangan perangkat lunak. COCOMO sendiri diciptakan pertama kali oleh Boehm pada tahun 1981.

Saat ini telah dikembangkan evolusi dari COCOMO yakni COCOCMO II yang mulai dikenalkan pada tahun 2000. Pada perkembangan COCOMO II memiliki tujuan : Mengembangkan estimasi biaya dan jadwal proses pengembangan perangkat lunak. Mengembangkan kapabilitas alat bantu untuk membantu melakukan estimasi biaya pengembangan perangkat lunak Menyediakan sebuah kerangka kerja yang secara kuantitatif dapat melakukan evaluasi mengenai siklus hidup perangkat lunak beserta biaya dan jadwal yang ada.

TUGAS Cari makalah tentang : Sistem Pakar Sistem Informasi Sistem Pendukung Keputusan Buat Kelompok, 1 Kelompok 5 Orang. CATATAN : Pilih salah satu dari pokok bahasan diatas.