REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Advertisements

Pertemuan 4 Use Case dan Aktor
Proses-proses Perangkat Lunak
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Konsep & Prinsip Analisis
USE CASE DIAGRAM.
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Perancangan Perangkat Lunak
Methods for Software Engineering
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
Use Case (Part 1) Pertemuan 5 Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
Pemodelan Kebutuhan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom Model Bisnis v [STMIK MDP] 1Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar UML.
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Use Case
USE CASE DIAGRAM.
Perangkat Lunak 1.
Review Rekayasa Perangkat Lunak
proses PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
USE CASE DIAGRAM.
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
RPL.
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
PROSES REKAYASA PERSYARATAN
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
RPL.
Prescriptive Process Models
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Soal PSBO Pert.1-6.
USE CASE DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
USE CASE DIAGRAM E. Haodudin Nurkifli
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PEMODELAN
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
5 Kebutuhan Software By : Andi Latifa Nabone.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Rekayasa Perangkat Lunak
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Analysis Kebutuhan dengan Use Case Modeling
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Proses Rekayasa Kebutuhan
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
USE CASE DIAGRAM.
Transcript presentasi:

REKAYASA PERANGKAT LUNAK SOAL-JAWAB-PEMBAHASAN PERTEMUAN 6

KELOMPOK 3 : ERLANGGA DWI PRATAMA 1534010080 MADA LAZUARDI NAZILLY 1534010064 NADHIF REVISYACH F.S.W 1534010065 TATAQ DISTASIANTO 1534010081 PARALEL B – TEKNIK INFORMATIKA

Spesifikasi perangkat lunak c. validasi perangkat lunak Soal 1 kegiatan-kegiatan mendasar yang umum bagi semua proses perangkat lunak Pilihan : Spesifikasi perangkat lunak c. validasi perangkat lunak Pengembangan perangkat lunak d. Evolusi perangkat lunak Semua benar Jawaban : E. Semua Benar

Kegiatan dasar pada proses perangkat lunak adalah Spesifikasi Pembahasan soal 1 Kegiatan dasar pada proses perangkat lunak adalah Spesifikasi Pengembangan perangkat lunak Validasi Evolusi Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 8)

Soal 2 apa saja yang merupakan model prosel perangkat lunak Pilihan : a. model air terjun(waterfall) c. model pengembangan sistem formal b. pengembangan revolusioner d. Reusable e. Semua benar Jawaban : e. Semua benar

Pembahasan soal 2 Model atau paradigma umum dalam pengembangan perangkat lunak adalah Pendekatan waterfall Pengembangan evolusioner Transformasi formal Reusable(Perakitan kembali) Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 9)

Soal 3 yang merupakan kegiatan dasar pada model waterfall Pilihan : a. spesifikasi c. validasi b. pengembangan d. Evolusi e. Semua benar Jawaban : e. Semua Benar

Pembahasan soal 3 Model pengembangan air terjun(waterfall) mengambil kegiatan proses dasar, seperti spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 42)

Soal 4 apa saja fase proses yang berbeda dari model waterfall Pilihan : Spesifikasi c. validasi Perancangan perangkat lunak d. Evolusi Semua benar Jawaban : e. Semua benar

Pembahasan soal 4 Model pengembangan air terjun(waterfall) mengambil kegiatan proses dasar, seperti spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 42)

Soal 5 mana yang merupakan jenis pengembangan revolusioner Pilihan : Pengembangan eksplotari c. pengembangan eksternal Pengembangan eksplotasi d. Prototype throw-away Jawaban a dan d benar Jawaban : e. Jawaban a dan d benar

Pembahasan soal 5 Pengembangan evolusioner ada 2 jenis yaitu : Eksplotari : dimulai dengan bagian sistem yang dipahami, sistem berubah dengan tambahan fitur baru sesuai usulan pelanggan Prototype throw-away : berkonsentrasi pada eksperimen, dengan persyaratan pelanggan yang tidak dipahami dengan baik. Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 44)

Soal 6 berikut jenis kebutuhan , yaitu Pilihan : Kebutuhan fungsional dan non-fungsional Kebutuhan domain, fungsional dan non-fungsional Kebutuhan fungsional,non-fungsional dan identifikasi Kebutuhan fungsional dan domain Kebutuhan domain dan spesifikasi Jawaban : B. Kebutuhan domain, fungsional dan non-fungsional

Pembahasan soal 6 Kebutuhan dari pengembangan PL Fungsional : berkaitan tentang reaksi sistem dengan suatu input tertentu dan kerja sistem pada keadaan tertentu Non-fungsional : batasan waktu, batasan pada proses pengembangan Domain : persyaratan yang datang dari domain aplikasi sistem dan merefleksikan karakteristik domain tersebut. Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 94)

Soal 7 tujuan dari validasi Pilihan : Meyakinkan bahwa kebutuhanyang sudah didefinisikan sesuai dengan yang diinginkan pengguna Menyatakan data yang disediakan oleh dan dikirim ke viewpoint Menggambarkan bagaimana sistem merespon ke suatu kejadian tertentu seperti awal transaksi Menemukan kebutuhan dengan mempermudah dalam penggambaran proses Sebagai penerima layana sistem dan mengidentifikasikan layanan yang disediakan untuk masing-masing viewpoint Jawaban : a. Meyakinkan bahwa kebutuhan yang sudah didefinisikan sesuai dengan yang diinginkan pengguna

Pembahasan soal 7 Validasi untuk menunjukkan bahwa sistem sesuai dengan spesifikasinya dan bhawa sistem memenuhi harapan pelanggan Dari : (Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6, hal 57)

Soal 8 VORD dapat berupa diagram untuk menggambarkan kejadian Pilihan : Data yang dikirim dan disediakan c. pengecualian proses Kontrol informasi d. Kejadian berikutnya Semua benar Jawaban : e. Semua benar

Pembahasan soal 8 VORD dapat berupa diagram untuk menggambarkan scenario kejadian Data yang dikirim dan disediakan Kontrol Informasi Pengecualiaan Proses Kejadian berikutnya Dari : http://aila.blog.amikom.ac.id/quis-rekayasa-perangkat-lunak/

Soal 9 jenis relasi yang timbul dari use-case diagram, kecuali Pilihan : Association antara actor dan use case Association antara use case Generalization/inheritance antar use case Generalization/inheritance antara actors Use case system boundary boxes Jawaban : e. Use case system boundary boxes

Pembahasan soal 9 System Boundaries Box Disimbolkan dalam bentuk kotak yang mewadahi use case, sebagai representasi dari ruang lingkup sistem yang akan dikembangkan. Biasanya digunakan apabila terdapat beberapa alternatif sistem, yang dapat dijadikan pilihan Dari : https://ananfauzi.wordpress.com/2013/04/29/mengenal-use-case-diagram-seri-tulisan-uml/

Daftar pustaka Internet : https://ananfauzi.wordpress.com/2013/04/29/mengenal-use-case-diagram-seri- tulisan-uml/ http://aila.blog.amikom.ac.id/quis-rekayasa-perangkat-lunak/ Buku : Ian Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1 edisi 6