Algoritma.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
Advertisements

1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
Algoritma dan Flowchart
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemograman 1 A
TEORI ALGORITMA.
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
PERTEMUAN I PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA ~
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Flowchart SYAIFUL HUDA, S.Kom.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Struktur Data dan Algoritma
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
Algoritma dan Flowchart
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
PENEMU ALGORITMA Perangko dari Rusia pada Gambar di samping ini bergambar seorang pria dengan nama Muhammad ibn Mūsā al- Khwārizmī. Bagi kalian yang.
Pemrograman Dasar Kelas X.
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Flowchart.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Pemrograman Terstruktur
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Algoritma dan Flowchart
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Algoritma dan Flowchart
Algoritma pemrogaman komputer
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
Algoritma Pemrograman II
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma

Asal Kata Algoritma ALGORITMA berasal dari seorang ilmuwan Muslim bernama Al-Khawarizmi Dari Al-Khawarizmi kemudian berubah menjadi algorithm dalam Bahasa Inggris dan diterjemahkan menjadi algoritma dalam Bahasa Indonesia Algoritma secara bahasa berarti resep, metode, teknik atau prosedur  

Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis

Algoritma Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan bernilai benar atau salah.

* Algoritma adalah blueprint dari program. * Sebaiknya disusun sebelum membuat program. * Kriteria suatu algoritma: – Ada input dan output – Efektif dan efisien – Terstruktur

Contoh 1. Algoritma ( Menghitung Luas Segitiga 1. Start 2. Baca data alas dan tinggi. 3. Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5 4. Tampilkan Luas 5. Stop

Contoh 2. Algoritma (cont) Hasil perbaikan algoritma perhitungan luas segitiga. 1. Start 2. Baca data alas dan tinggi. 3. Periksa data alas dan tinggi, jika nilai data alas dan tinggi lebih besar dari nol maka lanjutkan ke ke 4 jika tidak stop 4. Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5 5. Tampilkan Luas 6. Stop

Kesimpulan Pokok Tentang Algoritma Algoritma harus benar. Algoritma harus berhenti, Setelah berhenti, algoritma memberikan hasil yang benar.

Cara Penulisan Algoritma • Structured English (SE) • Pseudocode • Flowchart.

Structured English (SE) Dasar dari SE adalah Bahasa Inggris, namun kita dapat memodifikasi dengan Bahasa Indonesia sehingga kita boleh menyebutnya sebagai Structured Indonesian (SI). Karena dasarnya adalah bahasa sehari-hari, maka SE atau SI lebih tepat untuk menggambarkan suatu algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemakai perangkat lunak. Algoritma seperti pada Contoh 1 dan Contoh 2 merupakan algoritma yang ditulis menggunakan SI

Pseudocode Pseudo berarti imitasi atau tiruan atau menyerupai, code menunjuk pada kode program. Sehingga pseudocode adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program Pseudocode didasarkan pada bahasa pemrograman sesungguhnya seperti BASIC, FORTRAN, PASCAL.. Apabila Contoh 1 ditulis dalam pseudocode berbasis bahasa BASIC akan tampak seperti pada contoh 3 berikut :.

Contoh 3. Pseudocode. 1. Start 2. READ alas, tinggi 3. Luas = 0.5 * alas * tinggi 4. PRINT Luas 5. Stop pseudocode diatas berbasis bahasa BASIC

Algoritma dalam Kehidupan Algoritma kjugadigunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya resep makanan. Di dalam resep makanan terdapat langkah-langkah yang merupakan algoritma.

Algoritms Dalam Kehidupan

Algoritma dalam Kehidupan

Algoritma dalam Kehidupan

Mengirim surat kepada teman: 1. Tulis surat pada secarik kertas surat. Contoh Algoritma 1 Mengirim surat kepada teman: 1. Tulis surat pada secarik kertas surat. 2. Ambil sampul surat. 3. Masukkan surat ke dalam sampul. 4. Tutup sampul surat menggunakan perekat. 5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat. 6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian 7. Tempel perangko pada surat. 8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Masukkan sebuah bilangan sembarang Contoh Algoritma (Menentukan suatu bilangan apakah merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap Masukkan sebuah bilangan sembarang Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0,maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu. adalah bilangan ganjil

Flowchart Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika.

Program Flowchart dapat terdiri dari : bagan alir logika program (program logic flowchart) Bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart).

Program Flowchart Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika dan biasanya dipersiapkan oleh seorang analis system. Bagan alir program komputer terinci digunakan untuk menggambarkan instruksi instruksi program komputer secara terinci dan biasanya dipersiapkan oleh seorang programmer. Apabila contoh 1 dibuat, program flow chartnya,maka akan tampak seperti gambar berikut :

Gambar Program Flow Chart

Simbol-simbol Flowchart

Simbol-simbol Flowchart – Cont.

Tidak ada kaidah yang baku. Pembuatan Flowchart Tidak ada kaidah yang baku. Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Secara garis besar ada 3 bagian utama: – Input – Proses – Output

Pembuatan Flowchart – cont. Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.

Pembuatan Flowchart – cont. Selalu dimulai dengan BEGIN: Begin Jangan lupa menggambar garis End

Pembuatan Flowchart – cont. Input / Output Begin Jangan lupa garis Input/output Mungkin anda ingin berkomunikasi dengan pemakai

Pembuatan Flowchart – cont. Proses Begin Input Anda dpt melakukan perhitungan di dlm proses Proses

Pembuatan Flowchart – cont. Begin Input Anda dapat menampilkan hasil di output Proses Output End

Contoh Flowchart