D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN 4 PEMROGRAMAN API OOP Concept mudafiqriyan.com.
Advertisements

By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Pemrograman JAVA (TIB09)
Inheritance.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Pemrograman Java Pewarisan / Inheritance Polimorfisme Pemrograman Java.
Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
ABSTRACT CLASS & INTERFACE
Inheritance (Pewarisan)
1.Polymorphism Polymorphism adalah konsep yang memungkinkan mendefinisikan metod pada class anak (sub class) yang memiliki definisi sama dengan metod.
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Pertemuan 8 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
BAB 1 KONSEP OOP.
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Abstract Class.
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
PEWARISAN Pertemuan 7.
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
11. Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Inheritance (Pewarisan)
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
More about Class Maududie
Pemrograman Berorientasi Objek
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Constructor dan Overloading
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
BAB 1 KONSEP OOP.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Abstract Class.
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Pewarisan (Inheritance)
Kelas Abstrak dan Interface
KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance.
Inheritance (Turunan)
Inheritance (Pewarisan)
INHERITANCE SUSSI.
ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Pemrograman Berorientasi Object
Pewarisan (Inheritance)
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB VII - INHERITANCE.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Pemrograman Berorientasi Objek
Algoritma dan Struktur Data
Polimorphism Dosen Pengampu : Nur Iksan.
PEWARISAN Kelompok : Alim Mutohidin ( )
OO Sebagai Paradigma Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 5 Inheritance
Perkembangan Teknik Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Disusun oleh : Khairan Marzuki, M.Kom Fakultas Teknik dan Kesehatan, Universitas Bumigora.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007 Penuruan Class D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007

Inheritance Inheritance merupakan pewarisan atribut(variable) dan method pada sebuah class yang diperoleh dari sebuah class yang telah terdefinisi. Sebagai contoh class sepeda mempunyai sub class sepeda motor, sepeda balap, sepeda gunung. Bangun Wijayanto, ST.

Setiap turunan dari class sepeda itu mempunyai behaviour(method) dan atribut yang diwariskan dari class sepeda. Jadi setiap subclass akan mewarisi state(variable-variabel) dan behaviour(method-method) dari superclass nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state (variable) dan behaviour (method) baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi state atau behaviour yang diturunkan oleh superclassnya Bangun Wijayanto, ST.

Keuntungan Pewarisan Subclass kemudian dapat menambahkan state (variable) dan behaviour (method) baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi state atau behaviour yang diturunkan oleh superclassnya Programer java dapat mendefinisikan kelas khusus yang bersifat generic, atau yang sering disebut sebagai abstrak class untuk mendefinisikan class dengan tingkah laku dan state umum. Bangun Wijayanto, ST.

Contoh Class Sepeda{ double roda; double stang; double rantai; /*konstruktor*/ Kotak(){ roda=2; stang=1; rantai=1; } Sepeda(double r, double s, double t){ roda=r; stang=s; rantai=t; Bangun Wijayanto, ST.

Class turunannya Class SepedaMotpr extend Sepeda{ Double Mesin; /*konstruktor*/ SepedaMotor(double r, double s, double t, double m){ roda=r; stang=s; rantai=t; Mesin=m; } Bangun Wijayanto, ST.

Contoh Class Kotak{ double panjang; double Lebar; double Tinggi; /*konstruktor*/ Kotak(){ panjang=0; lebar=0; tinggi=0; } Kotak(double p, double l, double t){ panjang=p; lebar=l; tinggi=t; Public double volume(){ return(panjang*lebar*tinggi); Bangun Wijayanto, ST.

Dari class kotak tersebut diturunkan ke kelas kotak yang memiliki berat Class KotakBerat extend Kotak{ Double Berat; /*konstruktor*/ Kotak(double p, double l, double t, double m){ panjang=p; lebar=l; tinggi=t; Berat=w; } Bangun Wijayanto, ST.

Ilustrasi Class Kotak Class KotakBerat Bangun Wijayanto, ST.

D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007 KONSEP POLYMORPHISM D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007

Polymorphism adalah konsep OOP tentang banyak bentuk (poly = banyak, morphism = bentuk). Disini banyak bentuk maksudnya bahwa objek yang dasarnya sama tapi bertindak/bertingkah laku berbeda-beda Bangun Wijayanto, ST.

Dalam dunia nyata misalnya, ada class abstract mahkluk hidup, disebut abstract karena belum tau wujudnya, nah mahkluk hidup punya method untuk bergerak yang masih abstract belum tau gimana geraknya. Kemudian ada class manusia turunan mahkluk hidup, dan ada juga class burung turunan mahkluk hidup, manusia disuruh bergerak sudah barang tentu jalan, sedangkan burung disuruh bergerak terbang. Bangun Wijayanto, ST.

Jadi walaupun dasarnya sama berasal dari class abstract mahkluk hidup tapi manusia disuruh bergerak akan berjalan dan burung disuruh bergerak akan terbang, kecuali manusianya superman bisa terbang juga. Bangun Wijayanto, ST.

Class Abstrak Kelas abstrak digunakan untuk mendefinisikan sebuah class yang hanya mendefinisikan format generic tanpa mengimplementasikan secara detail fungsi-fungsi dari kelas abstrak yang ada. Bangun Wijayanto, ST.

kita tau bahwa bangun 2 dimensi itu bisa mencetak luas dan Setiap bangun 2 dimensi memiliki cetak luas dan keliling, kemudian kita bentuk class-class bangun 2 dimensi implementasinya, seperti persegi panjang dan bujur sangkar Bangun Wijayanto, ST.

Bagaimana membuat Class Abstrak public abstract class Bangun2D { public abstract void cetakLuas(); public abstract void cetakKeliling(); } Bangun Wijayanto, ST.

Class Turunannya public class BujurSangkar extends Bangun2D { private int sisi; public BujurSangkar(int sisi) { this.sisi = sisi; } public void cetakLuas() { int luas = sisi * sisi; System.out.println(luas); } public void cetakKeliling() { int keliling = 4 * sisi; System.out.println(keliling); } } Bangun Wijayanto, ST.

Tugas Nomor 1 Buatlah Class Pegawai yang mempunyai spesifikasi sebagai berikut Nama, nip, alamat, gaji Class OB adalah turunan pegawai yang mempunyai spesifikasi keahlian Class HRD adalah turunan pegawai yang mempunyai spesifikasi unit kerja dan jenjang karir Buatlah ketiga class tersebut dalam Java Bangun Wijayanto, ST.

Tugas Nomor 2 Buatlah contoh konsep Polymorphism untuk perhitungan bangun 3d Buatlah Class trurunan dari Class abstrak bangun 3d tersebut (min 4 class turunan) Bangun Wijayanto, ST.

Buatlah class-class tersebut dan jalankan dalam class penguji Class Kotak adalah Class yang memiliki spesifikasi state panjang dan lebar dan memiliki behaviour hitung luas Kubus dan balok adalah turunan class tersebut dengan memiliki tambahan state yang spesifik berupa tinggi dan memiliki behaviour berupa method hitung volume Buatlah class-class tersebut dan jalankan dalam class penguji Bangun Wijayanto, ST.