CLASS Pertemuan 003.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman JAVA (TIB09)
Advertisements

Java Progamming Operasi I/O
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Pemrograman Berorientasi Objek
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pertemuan: Object Oriented Programming
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Perulangan (Iteration)
Introduction to object
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
INHERITANCE (PEWARISAN)
Access Modifier.
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Inheritance (Pewarisan)
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Parameter dan Konstruktor
Object-Oriented Programming (OOP)
Pemrograman Berorientasi Object
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Constructor dan Overloading
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
POLYMORPHISM (Overloading)
Pengorganisasian Class
Pengambilan Keputusan dan Pengulangan Proses
MODIFIER JAVA.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Pengorganisasian Class
INTERFACE Pertemuan 005.
Array dalam JAVA.
THREAD Pertemuan 9.
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
Method.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
MATERI PENDUKUNG PENGGUNAAN THROW
As’ad Djamalilleil Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
1.3 Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
JAVA FUNDAMENTAL.
Konstruktor -1- Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat.
Pilar Object Oriented Programming
MENGENAL KEYWORD this, static, final
INHERITANCE (PEWARISAN)
Tugas Akhir Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Pilar Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB III – CLASS (2)
Pilar Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek <PBO>
Pemrograman Berorientasi Object
OOP ENKAPSULASI SMKN 2 SINGOSARI Kelas XI RPL.
E. Haodudin Nurkifli Universitas Ahmad Dahlan Pertemuan
Pertemuan 4 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 2 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #5 - 1
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4 - 1
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #6
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 3
Transcript presentasi:

CLASS Pertemuan 003

Definisi Class Secara sederhana, Class merupakan representasi State dan Behavior dari Object Class merupakan blueprint yang dapat menggambarkan setiap detail Object Komposisi Class terdiri dari 3 hal, yaitu: Nama Atribut Fungsi

Contoh Class Class Flasdisk… Rancangan sebuah flashdisk: ¤ Ada port USB ¤ Ada rangkaian penyimpan data (flash storage) ¤ Apa bisa dilakukan flashdisk? (read and write) Object dari Class Flasdisk… Object: Flashdisk Kingston 8 GB, 4 GB, 2 GB Object: Flashdisk SanDisk 8 GB, 4 GB, 2 GB

Perhatikan Gambar Berikut:

class Sepeda{ int pedal = 0; int kecepatan = 0; int gear = 1; void perubahanPedal(int newValue) { pedal = newValue; } void perubahanGear(int newValue) { gear = newValue; void kecepatanNaik(int naik) { kecepatan = kecepatan + naik; void mengeRem(int rem) { kecepatan = kecepatan - rem;

class BikinSepeda { public static void main(String[] args) { // Membuat Dua Object Sepeda Berbeda Sepeda pancal = new Sepeda(); Sepeda balap = new Sepeda(); // Menerapkan Method ke Object pancal.perubahanPedal(50); pancal.kecepataNaik(10); pancal.perubahanGear(2); balap.perubahanPedal(50); balap.kecepatanNaik(10); balap.perubahanGear(2); }

Tugas