Mata Kuliah : Organisasi Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Advertisements

Organisasi dan Arsitektur Komputer
Kelompok Sistem Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A)
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
Pengantar Arsitektur Komputer
Organisasi Komputer : Struktur dan Fungsi Komputer
Hardware Software Brainware
DOAGRAM BLOK KOMPUTER.
PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Central Processing Unit
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Sistem Pengolahan Data Komputer bag.1
KOMPUTER.
Konsep Arsitektur Komputer
ARSITEKTUR KOMPUTER Oleh : FIRDAUS, S.Kom, M.Kom
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Pengantar Arsitektur Organisasi Komputer
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Komputer dan Perangkat Input Output
BUS BUS SITEM Disusun Oleh : 1. Mutiara Dwi Anggraini (H1D015058)
Struktur Sistem Komputer
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
PERTEMUAN II P1.
PERTEMUAN I EVOLUSI KOMPUTER P1.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Sistem Pengolahan Data Komputer
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi dan Arsitektur Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Sistem dan Teknologi Perangkat Keras Komputer
Pengantar Sistem Komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ORGANISASI KOMPUTER & ARSITEKTUR KOMPUTER
KOMPUTER.
Mata Kuliah : Organisasi Komputer
Pertemuan 2 Pendahuluan
Pengantar Organisasi Komputer
Oleh : Devie Rosa Anamisa
Perbedaan: Organisasi Komputer dengan Arsitektur Komputer
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BAB V CENTRAL PROCESSING UNIT
PERTEMUAN EVOLUSI KOMPUTER P1.
Pertemuan 2 Pengenalan Organisasi Komputer
Pertemuan Ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Evolusi dan Kinerja Komputer
Udin Sidik Sidin, S.Pd., MT Arsitektur Komputer Udin Sidik Sidin, S.Pd., MT
Pertemuan ke 3 Struktur CPU
Copyright © Wondershare Software -m.erdda habiby.SST Central Processing Unit.
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
ARSITEKTUR KOMPUTER Struktur & Fungsi Arsitektur Komputer
Konsep Sistem Komputer
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Informatika SEJARAH KOMPUTER BOOTING DAN SHUTDOWN PERANGKAT LUNAK PERANGKAT KERAS DAN SISTEM OPERASI KUIS.
Transcript presentasi:

Mata Kuliah : Organisasi Komputer STT Banten

Apa itu Organisasi? Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang- orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama. Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih

Organisasi Komputer adalah : 1. Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

2. Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hardware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasn

Objek Organisasi Komputer Unit-unit operasional komputer —Hubungan antara komponen sistem komputer —Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan sinyal– sinyal

Fungsi dari Komputer Pemindahan data – Contoh: keyboard ke screen Penyimpanan data – Contoh: Internet download ke disk Pemrosesan data dari penyimpan data ke I/O – Contoh: printing a bank statement

Struktur & Fungsi Komputer Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengancara tertentu dengan dunia luar. —Contoh : CPU ( Procesor), Memory Utama —Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur

Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu 1. Unit pengolahan pusat (CPU) 2. Unit masukan/keluaran (I/O) 3. Unit memori

Keterangan : CPU mengendalikan urutan dari semua pertukaran informasi dalam komputer dan dengan dunia luar melalui unit I/O. Sedangkan unit memori terdiri dari sejumlah besar lokasi yang menyimpan program dan data yang sedang aktif digunakan CPU. Ketiga unit tersebut dihubungkan dengan berbagai macam bus. Bus adalah sekelompok kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-register dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul. Informasi saling dipertukarkan di antara modul dengan melalui bus.

Komputer Sebagai Mesin Multilevel Tingkatan bahasa dan mesin virtual yang mencerminkan kemudahan komunikasi antara manusia sebagai pemrogram dengan komponen elektronik dalam sebuah komputer sebagai pelaksana Prinsip Mesin Multilevel : Semakin tinggi level mesin, semakin mudah cara komunikasinya

Komputer sebagai Mesin 6 level Level Bahasa Tingkat Tinggi Level Bahasa Rakitan; bahasa aras rendah (assembler) Level Mesin Sistem Operasi; interpretasi parsial oleh Sistem Operasi Level Arsitektur Perangkat Instruksi; instruksi dasar mesin sesuai manual pabrik Level Arsitektur Mikro; rangkaian dasar prosesor Level logika digital; logika dibuat dalam logika gerbang

Fase Umum Perkembangan Komputer Tahap Manual —Ditemukan sistem penghitungan oleh manusia melalui hitungan jari, tanah liat. 9000 – 2500 SM : dikenal sistem perhitungan jam, kalender, rumus, dan fungsi hitungan. Berkembang seiring ditemukan beberapa sistem baru seperti perbankan, audit. Sampai sekarang masih dipakai. Tahap Mekanikal - Pascaline (kalkulator Tradisional) oleh Blaise Pascal (1623 – 1662), Logic Demonstrator ( mesin logika) oleh Charles Mahon (1777), Babbage’s Analitycal Engine ( alat hitung/ kalkulator, oleh Charles Babbage (1833) Tahap Mekanik Elektronik - Diawali dengan penemuan mesin tabulasi kartu plong pada tahun 1890 oleh Dr. Herman Holerith. Dari amerika membuat mesin ini untuk digunakan sensus penduduk dan kemudian bekerja sama mendirikan perusahaan IBM ( International Bussines Machine ) Tahap Elektronik - Ditandai dengan penemuan komputer pertama ABC (Anatasoff- Berry Computer) yang menggunakan tabung hampa udara (1942) Dilanjut dengan MARK I oleh Howard Aiken (1944)

Generasi dari Komputer Tabung Vakum - 1946-1957 Transistor - 1958-1964 Small scale integration - 1965 on àUp to 100 devices on a chip Medium scale integration - to 1971à100-3,000 devices on a chip Large scale integration - 1971-1977 à 3,000 - 100,000 devices on a chip Very large scale integration - 1978 to date à 100,000 - 100,000,000 devices on a chip Ultra large scale integration àOver 100,000,000 devices on a chip.

Komputer Generasi Pertama (ENIAC) bag-1 Electronic Numerical Integrator And Computer — Eckert and Mauchly University of Pennsylvania Pembuatan jarak dan tabel lintasan peluru kendali senjata baru Dimulai tahun 1943 Selesai tahun 1946 (Too late for war effort) Digunakan sampai tahun 1955

Komputer Generasi Pertama (ENIAC) bag-2 Decimal (not binary) 20 akumulator masing-masing menampung 10 digit desimal Diprogram secara manual dengan switch 18,000 tabung vakum 30 tons 15,000 meter persegi 140 kW konsumsi dayanya 5,000 operasi penambahan / detik

Komputer Generasi Kedua (59-63) Menggunakan transistor sebagai sirkuit dan dioda untuk menggantikan tabung vakum Kapasitas memori lebih besar Memiliki kemampuan pross realtime dan time sharing Program dibuat dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi Contoh : PDP1, IBM7070, UNIVAC III

Komputer Generas Ketiga (63-65) Munculnya sirkuit mini berbentuk Hybrid Integrated Circuit Transistor dan diode diletakkan dalam satu tempat Beriorentasi ke komunikasi data Penanganan lebih dari satu operasi secara serempak Contoh : IBM S/360

Komputer Generasi Keempat (70-80) Menggunakan LSI (Large Scale Integration)/ Memadatka ribuan IC dalam sebuah chip Menggunakan mikriprosesor dan memori internal yang juga menggunakan semikonduktor berbentuk chip. Mulai dikembangkan jaringan komputer dan konsep LAN Contoh : IBM 370

Komputer Generasi Kelima Ditandai dengan pemanfaatan Very Large Scale Integration

Peralatan output dapat berupa: Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana 1. Input Device Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : • keyboard • mouse • scanner

2. Output Device Output device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Contoh : • monitor

3. I/O Ports I/O adalah Input/Output 3. I/O Ports I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan- peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.

4. Central Processing Unit Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memilikidua bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.

5. Memory Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.

6. Data Bus Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.

7. Address Bus Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

8. Control Bus Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

Komponen Utama CPU Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi fungsi pengolahan data komputer Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi fungsi operasinya Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register register dan juga dengan bus bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya

Fungsi CPU Fungsi CPU adalah penjalankan program program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah Proses Eksekusi Program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute)

Perbedaan antara Organisasi Komputer dgn Arsitektur Komputer Perbedaaan Utamanya : Organisasi Komputer : Bagian yang terkait dengan erat dengan unit-unit operasional Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control. Arsitektur Komputer : Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Apa itu Memori ? Memori adalah bagian dari komputer tempat program – program dan data – data disimpan. Istilah store atau storage untuk memori, meskipun kata storage sering digunakan untuk menunjuk ke penyimpanan disket. Tempat informasi, dibaca dan ditulis

Memori Internal dan External Memori internal adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor register yang terdapat di dalam prosesor, cache memori dan memori utama berada di luar prosesor. Memori eksternal adalah memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O disket dan hardisk.