SOFTWARE ENGINEERING (cont.)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Created By : Siti arofah, s.soS
Rekayasa Perangkat Lunak
PETEMUAN 7 ETIKA PROFESI.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Interaksi Manusia dan komputer
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROSES Perangkat Lunak
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
IKI Teknik Perangkat Lunak Introduction. 2 Perangkat Kuliah Pengasuh: Eko K. Boediardjo R. Indra Budi
Testing dan Implementasi Sistem
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGINEERING (Nelly Sofi).
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KKNI Bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Perangkat Lunak 1.
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Anna dara andriana., M.kom
SIM Rumah Sakit Materi Kuliah PERTEMUAN 6.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Stake Holder dalam Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
Analisa dan Perancangan Sistem
RPL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Nency Extise Putri, M.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Anna dara andriana., M.kom
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
RETNO AYU APRIANI Sistem Informasi
Siklus Hidup Perangkat Lunak
PARADIGMA REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( RPL )
Pengembangan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Implementasi Perubahan dg Teknologi Informasi
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Testing Dan Implementasi Sistem
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
SOFTWARE ENGINEERING (cont.)
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

SOFTWARE ENGINEERING (cont.) (Nelly Sofi)

Sebuah Analogi Gas Oksigen dapat dibuat oleh : - Sebuah Laboratorium - Industri Pabrik Gas Perangkat lunak dapat dikembangkan oleh : - Sekelompok programmer - Sebuah organisasi yang mengembangkannya melalui rekayasa Apa yang membedakan antara keduanya ? RPL

Perbedaan SE & CS Apa perbedaan antara software engineering (rekayasa perangkat lunak) dengan computer science (ilmu komputer) ? Berhubungan dengan : Computer Science Software Engineering Teori-teori Dasar-dasar Ilmu Komputer Pengetahuan praktis untuk pengembangan Untuk menghasilkan soft. yg berguna RPL

Perbedaan SE & CS (cont.) Comp. Science terkait dgn teori-teori & dasar-dasar dari ilmu komputer, sedangkan software engineering terkait pada pengetahuan & penyerahan perangkat lunak yg berguna. Teori-teori ilmu komputer biasanya tidak cukup digunakan sebagai pendukung yang lengkap dari software engineering. RPL

Mengapa perlu Soft. Engineering Masalahnya adalah kompleksitas Banyak dibutuhkan sumber-sumber, tetapi kuncinya adalah ukuran (size) : - UNIX berisi 4 juta lines of code - Windows 2000 berisi 108 lines of code dikerjakan oleh Tim dengan 1400 orang Soft. Engineering adalah bagaimana mengelola komplesitas tsb. dan dpt bekerja dalam satu Tim Work RPL

Tahap-tahap Proses Pengembangan Soft. Bagaimana bekerja dalam suatu proyek skala besar, kompleks & melibatkan banyak orang ? 1. Spesifikasi Kebutuhan (requirement specification) 2. Analisis (anlysis) 3. Perancangan (design) 4. Implementasi & Pengujian (implementastion & testing) 5. Perawatan & Up-grade (maintenance & upgrade) RPL

RPL

RPL

RPL

RPL