Pengenalan Program Java

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.
Praktikum Bahasa Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN KOMPUTER 2 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Dasar pemrograman.
Pendahuluan Definisi :
Pengenalan JAVA dan Pemrograman Berorientasi Objek
Pengenalan Java.
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
Mendapatkan input dari keyboard
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pengenalan Pemrograman Java
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pengantar Struktur Data Pertemuan 1 Season 1
ABAP.
JAVA ARRAY.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Java array.
Algoritma & pemrograman 1B
Object-Oriented Programing Java Programing
Struktur Kontrol Pemilihan
Mendapatkan Input dari Keyboard
Java array.
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Java array.
Dijalankan dengan interpreter
Struktur Dasar Pemrograman Java
Bahasa Pemrograman 2 Oleh : Safitri Juanita.
JAVA Mudah dipelajari jika telah mengenal konsep OOP, terbuka (open source) dan mudah dikembangkan SEDERHANA KEUNGGULAN JAVA AMAN Dibuat dengan pertimbangan.
Pemrograman Berorientasi Objek
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
PENERAPAN DASAR-DASAR SYNTAX JAVA
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
Java array.
S. Indriani Lestariningati, M.T
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
PEMROGRAMAN JAVA.
Contoh.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
JAVA.
Dasar-Dasar Pemrograman
Java array.
Review C/C++ & Intro to Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Java array.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Struktur Dasar Pemrograman Java
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Transcript presentasi:

Pengenalan Program Java

Pengenalan Lingkungan Java Program Java akan melalui 5 tahap proses, yaitu : Edit Compile Load Verify Execute

a. Edit Menulis program java dengan menggunakan program editor seperti JCreator, Notepad, dll Disimpan dengan ekstensi file .java Misal : HelloWorld.java

b. Compile Menggunakan perintah javac untuk meng-compile program java Akan menghasilkan bytecode (instruksi-instruksi yg dimengerti oleh Java interpreter). Contoh perintah untuk meng-compile program java : javac HelloWorld.java Jika proses kompilasi benar, akan dihasilkan file dengan ekstensi .class, misal : HelloWorld.class

c. Load Menempatkan program (.class) ke dalam memory sebelum dijalankan. Dilakukan oleh class loader. File .class dapat di-load dari penyimpanan di komputer kita atau dari jaringan/network (jaringan lokal atau internet).

d. Verify Memastikan agar bytecode dalam file .class valid

e. Eksekusi Menggunakan Java Interpreter Membaca bytecode dan menerjemahkannya menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa mesin). Perintahnya adalah : java HelloWorld Java Interpreter = Java Virtual Machine (JVM)

Java API Packages / Java Class Library Java menyediakan banyak class yang di kelompokkan ke dalam bermacam-macam kategori yang disebut Packages. Packages ini disebut sebagai Java Application Programming Interface (Java API) atau Java Class Library.

Contoh Packages : Java.io (Java Input/Output packages). Java.lang (Java Language packages, kita tdk perlu menggunakan perintah import pada saat ingin menggunakan class-class yg ada di dalamnya). Javax.swing (Java Swing GUI Component packages). Utk lebih jelasnya lihat di http://java.sun.com/javase/6/docs/api/

Program Sederhana

Komentar / Comments Komentar diawali dg tanda // 1 // Fig. 2.1: Welcome1.java 2 // Text-printing program. Komentar diawali dg tanda // Komentar diabaikan selama proses eksekusi program Sebagai dokumentasi atas kode program Memudahkan pembacaan kode (code readability) Traditional comments: /* ... */ /* Ini ada adalah remark beberapa baris */ Baris kosong Membuat program lebih mudah dibaca Baris kosong, spasi, dan tab adalah ‘white-space characters’ Diabaikan oleh compiler

Catatan : Awal pendeklarasian utk class Welcome1 4 public class Welcome1 Awal pendeklarasian utk class Welcome1 Sebuah program java minimal mempunyai 1 pendeklarasian class. By convention (aturan tdk tertulis), semua nama class di Java dimulai dengan huruf besar dan huruf besar pada tiap katanya. Misal : class Welcome1, class HelloWorld, class HitungLembur.

Catatan lanjutan : Java identifier Sekumpulan karakter yang terdiri dari huruf, angka, underscores ( _ ) dan tanda dollar ( $ ) Tdk boleh diawali dg angka, tdk boleh ada spasi Contoh : Welcome1, $value, _value, button7 7button is invalid Java bersifat case-sensitive. Sehingga AB dan Ab adalah berbeda.

Pada tiap aplikasi Java Aplikasi mulai dieksekusi pada ‘main’ Tanda kurung menandakan ‘main’ adalah method Aplikasi Java terdiri dari 1 atau lbh method Satu method hrs bernama ‘main’ ‘void’ berarti ‘main’ tdk mengembalikan nilai Kurawal kiri (brs 8) menandakan dimulainya pendeklarasian method Diakhiri dg kurawal kanan } (brs 11) 7 public static void main( String args[] ) 8 {

Perintah utk mencetak sekumpulan karakter 9 System.out.println( "Welcome to Java Programming!" ); Perintah utk mencetak sekumpulan karakter String – sekumpulan karakter yg berada di antara tanda kutip ganda System.out Standard output object Print ke command window (i.e., MS-DOS prompt) Method System.out.println Stlh mencetak, cursor akan berada di baris baru Baris 9 ini disebut sebagai statement Tiap statement harus diakhiri tanda semicolon ;

Contoh Program Lain : import java.util.Scanner; public class Addition2 { public static void main (String args[]) { Scanner input = new Scanner(System.in); int number1; int number2; int sum; System.out.print("Masukkan angka pertama : "); number1 = input.nextInt(); System.out.print("Masukkan angka kedua : "); number2 = input.nextInt(); sum = number1 + number2; System.out.println("Jumlahnya : "+sum); }

Hasilnya :