Biodata NAMA : NI MADE SUCIANI, S.PD.,M.PD TEMPAT/TGL LAHIR : DENPASAR, 28 JUNI 1970 ALAMAT : JL. TEGAL DUKUH SELATAN 28 PENAMPARAN DENPASAR JABATAN : WIDYAISWARA MADYA TELP./MOBILE : (0361) 411933/085 237 236 530 TEMPAT TUGAS : LPMP BALI JL. LETDA TANTULAR YANGBATU DENPASAR, TELP. (0361) 225666 PENDIDIKAN : S1 (PEND.MAT), S2 (PEP) IKIP SGR EMAIL : made_suciani@yahoo.co.id Website : www.sucianiblog@blogspot.com
MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 NI MADE SUCIANI
3 HAL PENTING DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN DI ABAD 21 MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGEMBANGKAN KERJASAMA DI DALAM KELAS MELEK TIK
PERLU INOVASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS NETWORK AGAR TUMBUH KOLABORASI SHARING, DAN PEER REVIEW Gathering Information Digital Storytelling Cell Phone activity Audio and Video Conferencing Assessment Video Streaming Collaborative Projects Collaborative Space: Wikis Blogs Podcasts
A mind map for “Web Tools for Educators”
IMPLIKASI Perubahan Gaya Belajar (Learning Style) Perubahan Peran Guru (Teacher Role) Perubahan Lingkungan Belajar (Learning Environment) seizing new ways of learning, facilitating collaboration and creating and sharing of knowledge
AKTIVITAS Belajar (Learn) Berlatih (Practice) Berbagi (Share) Menikmati belajar mandiri yang menyenangk an Berlatih (Practice) Asyik berlatih, melakukan atau mempraktekkan sesuatu Berbagi (Share) Berkomunikas i, bertukar pengalaman belajar dan berbagi dengan sejawat
Virtual-Generation (V-Generation) BELAJAR KINI Pembelajaran Millennium Sekarang; Lancar menggunakan media, Lebih kolektif & belajar berbagi, Lebih realistis & kontekstual, Lebih non-linear Lebih terampil menggunakan simbol Banyak mengekstrak informasi dari gambar Freedom of action learning Motivation and involvement Virtual-Generation (V-Generation) Suka game komputer Masyarakat virtual
APA TINDAKAN KITA? Peluang TIK kita manfaatkan untuk: mengembangkan model-model pembelajaran inovatif Tantangan TIK kita hindari: budaya instan, konsumtif, sikap negatif dan destruktif Marilah kita memanfaatkan Twitter, Facebook dan Friendster untuk hal-hal yang positif, untuk saling berbagi Informasi dan untuk mengembangkan keterampilan berfikir tingkat tinggi Memanfaatkan internet secara sehat & beretika (nettiquette) (a) tidak bersentuhan dengan pornografi, (b) tidak melakukan plagiasi, dan (c) tidak terus menerus main games/online