METODE (2) SUSSI
Method Overloading Dalam Java kita boleh memiliki lebih dari satu method yang memiliki nama sama. Inilah yang disebut Method Overloading. Walaupun Java mengizinkan memiliki nama method yang sama lebih dari satu tetapi daftar parameter yang digunakan haruslah berbeda untuk masing-masing method.
Parameter Sepeda (bicycle) akan berguna apabila ada object lain (misalnya anda) yang berinterasi dengan sepeda (bicycle) tersebut Object software berinteraksi dan berkomunikasi dengan object lain dengan cara mengirimkan message Informasi dalam message ini dikenal dengan nama Parameter
UML - Class Diagram
KONSTRUKTOR method yang secara langsung/otomatiss dieksekusi ketika object itu dipanggil. Konstruktor, nama method haruslah sama dengan nama kelas nya ,tidak ada kata kunci void atau pun nilai kembalian(return value) dan dapat diberi modifier akses (public, protected, default, private).
Konstruktor Tidak mendeklarasikan satupun konstruktor, maka java secara otomatis menambahkan konstruktor default kedalam class yang kita buat walaupun tidak kelihatan pada kode program. Jika mendeklarasi kan satu atau lebih konstruktor maka java tidak akan menambahkan konstruktor default.
Mengenal kata kunci static (1) Batasan pada saat pendeklarasian static : Method static hanya dapat memanggil method yang bersifat static Method statis hanya dapat mengakses data-data yang bersifat statis Method statis tidak dapat diacu melalui referensi this maupun super Java mengizinkan programmer untuk mengakses anggota kelas tanpa dilakukan instansiasi Untuk itu data atau method tersebut harus dibuat static main() dapat langsung dipanggil tanpa dibuat obyeknya terlebih dahulu karena bersifat static
Latihan 1 Buat Class bernama Matematika, yang berisi method dengan dua parameter: pertambahan(int a, int b) pengurangan(int a, int b) perkalian(int a, int b) pembagian(int a, int b) Buat Class bernama MatematikaBeraksi, yang mengeksekusi method dan menampilkan: Pertambahan: 20 + 20 = 40 Pengurangan: 10-5 = 5 Perkalian: 10*20 = 200 Pembagian: 20/2 = 10
Variasi Tampilan pertambahan(int a, int b){ System.out.println(a + “ + “ + b + “ = “ + (a+b)) } System.out.println(“Hasil = “ + (a+b)) int hasil = a + b; System.out.println(“Hasil = “ + hasil)
Latihan 2 Buat class Buku Buat class BukuBeraksi dan tampilkan 2 buku: Tentukan variable buku: judul, pengarang, penerbit, tahun Buat konstruktor class Buku dengan parameter: judul, pengarang, penerbit, tahun Buat method cetakBuku Buat class BukuBeraksi dan tampilkan 2 buku: Rogers Cadenhead & Laura Lemay, Teach Yourself Java 6 in 21 Days, Sams Publishing, 2007 Deitel & Deitel, Java How to Program 7th Edition, Prentice Hall, 2007