Pengoperasian Personal Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Jaringan Komputer Pengen. Peng. Data Elektronik.
Advertisements

TEKNOLOGI JARINGAN.
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Gambaran Umum Pengenalan Komputer Dan Teknologi Informasi
Konsep Jaringan UNIVERSITAS GUNADARMA.
Sistem Operasi Jaringan
One: Pengenalan Komputer dan System Perangkat Lunak.
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK ( SOFTWARE )
Dosen : Safarindra T. S. Updated : 03/11/2009. Komputer (computer) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon)
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Universitas Gunadarma
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan 13. Pengantar Komputer A Minggu ke BAHASA PEMROGRAMAN  Bahasa Mesin ; Assembler  Bahasa Tingkat Tinggi - Menggunakan Compiler sebagai.
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
BAB 3 Pengenalan Jaringan LAN
Pertemuan 4 PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
Konsep Jaringan Komputer
Arsitektur Protokol.
PENGANTAR JARINGAN KOMPUTER
Dasar Jaringan Komputer
Computare (Latin) to compute menghitung
JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
PERANGKAT JARINGAN Komponen Hardware A. Personal Komputer - PC Desktop
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
Pertemuan Minggu ke-3 dan 4 Dosen : Anna Fitria
Pengenalan Jaringan Komputer
Konsep Jaringan UNIVERSITAS UNINDRA.
Computare (Latin) to compute menghitung
Sistem Operasi Jaringan
Sistem Operasi Pada Jaringan ( Client – Server )
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
Jaringan Komputer dan Internet
Pengenalan Jaringan Komputer
Konsep Jaringan.
Sistem Operasi Pada Jaringan ( Client – Server )
KOMUNIKASI DATA (Terjadi dalam Jaringan)
GAMBARAN UMUM KOMPUTER
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
Gambaran Umum Pengenalan Komputer Dan Teknologi Informasi
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
Pengenalan Jaringan Komputer
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
P'HES INTRODUCE & APLIKASI JARKOM
Jaringan Komputer dan Internet
6 SUMBER DAYA JARINGAN CHAPTER
Pengantar Ilmu Komputasi
GAMBARAN UMUM By : napalak.
Materi 1 Pengenalan Jaringan Komputer
Presentasi Jaringan Computer
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Konsep Jaringan Darmawan Napitupulu, ST, M.Kom
KONSEP DASAR JARINGAN KOMPUTER
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
Computare (Latin) to compute menghitung
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Universitas Gunadarma
Pengenalan Jaringan Komputer
Konsep Jaringan UNIVERSITAS GUNADARMA.
Mengadministrasi server dalam jaringan adalah suatu bentuk pekerjaan yang dilakukan oleh administrator jaringan. Tugasnya: Membuat server Mengelola jaringan.
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
HUG1S3/ PENGENALAN ILMU KOMPUTASI
Computare (Latin) to compute menghitung
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
Pengenalan Jaringan Komputer
Pengantar Komputer PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Universitas Gunadarma Disusun Oleh: Dr. Lily Wulandari.
Transcript presentasi:

Pengoperasian Personal Komputer Pelatihan Jardiknas Kepala Sekolah Di Univ. Muh. Magelang Oleh : Purwono Hendradi, M.Kom

LUX  Sosial

Apa bedanya ???

Perkembangan teknologi Telepon Fix (rumah/kantor)  Cellular phone Personal Komputer (PC)  Notebook Kolaborasi teknologi

Trend Teknologi Nirkabel (wire less) Dinamapun Kapanpun (Mobile) Harga  Rasional

DEFINISI KOMPUTER Bahasa Latin >>>Computare >>>Menghitung Computer Annual (Robert H. Blissmer) Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain : Menerima input Memproses input sesuai dengan programnya Menyimpan perintah dan hasil pengolahan Menyediakan output untuk informasi

DEFINISI KOMPUTER Computer Today (Donald H. Sanders) Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)

DEFINISI KOMPUTER Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic,S.G. Zaky) Mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital,memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi

DEFINISI KOMPUTER Introduction to The Computer, The Tool of Busines (Wiliam M.Fuori) Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (Definisi ini diambil dari American National Standart Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam satu pertemuan International Organization For Standarization Committe)

DEFINISI KOMPUTER Introduction to Computers (Gordon B. Davis) Tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti

Kesimpulan Definisi Alat Elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakn suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program) Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis Program : kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya.

SIKLUS PENGOLAHAN DATA Data Processing Cycle Input Processing Output INPUT PROSES OUTPUT

SIKLUS PENGOLAHAN DATA Expanded Data Processing Cycle ORGANISASI INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION Storage Organisasi Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar

SIKLUS PENGOLAHAN DATA Input Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device) Processing Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage Output Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.

SIKLUS PENGOLAHAN DATA Distribution Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi Storage Proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan. Data yang disimpan dapat dipergunakan kembali sebagai alat input.

SISTEM KOMPUTER Sistem : jaringan dari elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan : mengolah data untuk menghasilkan informasi. Elemen Pendukung : Hardware, Software, dan Brainware.

Komputer DESKTOP DAN LAPTOP Terpadu vs Terpisah Mobile vs Tetap Hemat vs Butuh listrik besar

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Dibedakan atas : Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi Perkembangan perangkat lunak paket aplikasi Perkembangan perangkat lunak sistem operasi

Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama 300 sm : penggunaan obor sebagai signal untuk mengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa yunani 1842 : Ada Augusta, penulis perangkat lunak pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine. 1933 : Wallace J. Eckert menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda. 1945 : Kutu yang pertama

Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama Menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya unik untuk suatu aplikasi.

Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi 1957 : FORTRAN (Formula Translator), John Bakus,IBM 1958 : LISP (List Programing),John McCarty 1958 : ALGOL (Algoritmic Language) 1959 : COBOL (Common Business Oriented Language), Dr. Grace Hooper 1960 : LOGO, MIT 1961 : GPSS (General Purpose System Simulator) 1961 : RPG (Report Program Generator),IBM 1962 : APL (A Programming Language), Kenneth Iverson,IBM 1964 : BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code), John G. Kemeny & Thomas E. Kurtz 1966 : PL/1 (Programming Language version 1)IBM, gabungan FORTRAN dan COBOL 1968 : PILOT (Programmed Inquiry, Learning, or Teaching), John A. Starkweather

Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi 1969 : FORTH, Charles H. Moore, digunakan dalam bidang astronomi 1970 : PASCAL, dikembangkan oleh Niklaus Wirth 1971 : SAM76,Claude Keagan, gabungan dari LISP dan FORTH. 1972 : PROLOG,Alain Colmerauer & Philippe Roussel, untuk kecerdasan buatan 1974 : C pertama kali dikembangkan bernama BCPL, kemudian diadaptasi di Bell Laboratories dengan nama bahasa B. 1974 : COMAL, Borge Christensen & Benedict Lofsted, gabungan BASIC & PASCAL. 1977 : MODULA-2, Niklaus Wirth,Swiss 1979 : ADA digunakan di Dephan AS, diambil dari ADA AUGUSTA.

Perkembangan perangkat lunak paket aplikasi 1976 : Electrical Pencil, Michael Shrayer, pengolah kata, California 1979 : Word Star,John Barnaby,pengolah kata 1979 : Apple Writer,Paul Lutus, pengolah kata 1979 : VisicalC(Visual Calculator), Robert Frankston, DEC (Digital Equipment Corporation) 1981 : DBASE-II, Wayne Ratliff, ahli teknik NASA 1982 : LOTUS 1-2-3, gabungan program spreadsheet,grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, Mitchel Kapoor,Yale Univ.

Perkembangan Perangkat lunak sistem Operasi 1954 : Sistem Operasi pertama kali Digunakan untuk komputer IBM 701 di General Motor Research Laboratories 1960 : Sistem Operasi untuk komputer mini pertama kali 1969 : UNIX,Ken Thompson, diterapkan pada komputer PDP-7, Bell Laboratories 1970 : CP/M (Control Program / Microprocessor),Garry Kildal,Digital Research 1980 : MS-DOS (Microsoft- Disk Operating System),William Bill Gates, Microsoft Corporation 1985 : Microsoft Windows Pertama 1987 : IBM Operating System/2 1988 : Windows/386 1990 : Windows 3.0 1993 : Mosaic, Browser Internet Pertama 1995 : Windows 95 1997 : Windows 98

KLASIFIKASI KOMPUTER DARI SUDUT PANDANG: Berdasarkan data yang diolah Berdasarkan Penggunaanya Berdasarkan Ukurannya

Berdasarkan data yang diolah Analog Computer Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik,seperti misalnya arus listrik,temperatur,kecepatan,tekanan,dll Digital Computer Digunakan untuk data berbentuk angka atau huruf Keunggulan : Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses Dapat melakukan operasi logika Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar Hybrid Computer Kombinasi komputer analog dan digital

Berdasarkan Penggunaanya Special-Purpose Computer Dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus General-Purpose Computer Dirancang untuk menyelesaikan berbagai macam masalah

Berdasarkan Ukurannya Micro Computer (Personal Computer) Mini Computer Small Computer (Smale-Scale Mainframe Computer) Medium Computer (Medium-Scale Mainframe Computer) Large Computer (Mainframe Computer) Super Computer

PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Komunikasi Data Jenis Perangkat Keras dan Lunak Contoh Konfigurasi Arsitektur Protokol Sistem Operasi Jaringam

Definisi Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer). Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya. Dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan

Sistem Komunikasi Jaringan komputer = jaringan komunikasi data = sistem komunikasi Pertukaran data minimal antar dua entitas Model komunikasi umum: Sistem Pengiriman Penerima Tujuan Sumber Pengirim Sistem Sumber Sistem Tujuan

Sistem Komunikasi (...) Contoh: Jaringan Telepon Umum Modem Server komputer Modem Sistem Sumber Sistem Tujuan

Komunikasi Data Sistem Pengiriman Penerima Tujuan Sumber Pengirim Text Aliran data digital (bit-bit) Sinyal analog Sinyal analog Aliran data digital (bit-bit)

Jenis-Jenis Jaringan Berdasarkan koneksi (keterhubungan): Broadcast Links Point-to-point Links Berdasarkan skala: Local Area Network (LAN) Metropolitan Area Network (MAN) Wide Area Network (WAN) Internetwork (internet) Berdasarkan topologi: Bus Star Ring dll Berdasarkan protokol: Ethernet Token Ring Berdasarkan arsitektur Peer-to-peer Client/Server hybrid

LAN Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km. Teknologi: Ethernet LAN Wireless LAN

Contoh konfigurasi LAN

MAN Jaringan komputer yang jangkauannya mencakup kota. Teknologi: jaringan TV kabel

Server untuk Koneksi ke Internet Contoh MAN Internet melalui Sistem TV Cable Junction Box Head End Server untuk Koneksi ke Internet

WAN Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua. Teknologi: Circuit Switching Packet Switching Frame Relay Asynchronous Transfer Mode (ATM) Jaringan wireless seluler

Contoh WAN Router LAN

internet Sekumpulan jaringan berbeda (LANs, WANs, atau keduanya) yang saling terkoneksi

Contoh internet LAN Router Router

Client/Server Definisi: Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server. Keuntungan: Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan backup data Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal Keamanan lebih terjamin Biaya pembelian hardware dan software server Dibutuhkan administrator jaringan

Peer-to-Peer Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus Keuntungan: Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server Tidak diperlukan administrator jaringan Kekurangan: Sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan Keamanan tidak terjamin

Hybrid Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server

Perangkat Jaringan Alat pemroses (PC, printer, IP phone, laptop, PDA, mobile phone, dll) = host Network Interface Card Media Transmisi Kabel - wired: twisted pair, coaxial dan fibre optic Wireless: antena, microwave, broadcast radio, infrared, dan bluetooth Repeater, Hub, Bridge, Switch, Router dan Gateways = node

Arsitektur Protokol Perangkat lunak dari jaringan komunikasi data Terdiri dari layer, protokol dan interface Jaringan diorganisasikan menjadi sejumlah level (layer) untuk mengurangi kerumitannya Setiap layer dibuat berdasarkan layer dibawahnya Antar layer terdapat sebuah interface yang menentukan operasi dan layanan yang diberikan layer terbawah untuk layer diatasnya Layer pada level yang sama di dua host yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan mengikuti sejumlah aturan dan ketetapan yang disebut sebagai protokol. Dua model: OSI (hanya sebuah konsep) TCP/IP (digunakan secara komersial)

Sistem Operasi Jaringan Menyediakan fungsi khusus untuk menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan mengelola sumber daya jaringan menyediakan layanan menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan: Windows NT Server family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan Unix/Linux Windows 98, Windows 2000 professional, Windows XP professional, dan Windows NT Workstation tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan, seperti dapat mengakses file dan printer

UNIX Multiuser dan multitasking operating system Dibuat di Bell Laboratories awal tahun 1970an Tidak user friendly Dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligus menyediakan layanan internet seperti web server, FTP server, terminal emulation (telnet), akses database, dan Network File System (NFS) yang mengijinkan client dengan sistem operasi yang berbeda untuk mengakses file yang di simpan di komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX Trademark dari UNIX sekarang dipegang oleh the Open Group

Linux Turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system Linux dapat digunakan sebagai sistem operasi server dan client Memiliki implementasi lengkap dari arstitektur TCP/IP dalam bentuk TCP/IP networking software, yang mencakup driver untuk ethernet card dan kemampuan untuk menggunakan Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan Point-to-Point Protocol (PPP) yang menyediakan akses ke jaringan melalui modem Sejumlah layanan yang disediakan oleh Linux yang berbasiskan TCP/IP suite: Web server: Apache Web proxy: Squid File dan print sharing: Samba Email: Sendmail Domain Name Server: menyediakan mapping antara nama dan IP address dan mendistribusikan informasi tentang jaringan (mail server) contoh BIND

Novell Netware Dahulu digunakan sebagai LAN-based network operating system Dibuat oleh Novell, Inc. Banyak digunakan pada awal sampai pertengahan tahun1990-an Konsep: pembagian disk space dan printer Pengembangan: File sharing: layanan modul file, pencarian lokasi fisik dilakukan di server Caching: meng-caching file yang sedang aktif Netware Core Protocol (NCP) lebih efektif: tidak ada perlu ada acknowledgement untuk setiap permintaan atau data yang dikirimkan Pelayanan selain file dan printer sharing seperti web, email, database, TCP/IP, IPX, dll

OS/2 32-bit operating system yang dibuat oleh IBM dan Microsoft, tetapi sekarang dikelola hanya oleh IBM Mirip seperti windows tetapi mempunyai feature yang dimiliki oleh Linux dan Xenix Penggunaan akan dihentikan diakhir tahun 2006 IBM menggunakan Linux dan keluarga Windows

Windows NT Dibuat oleh Microsoft sebagai kelanjutan dari OS/2 versi mereka Versi dari keluarga Windows NT: Windows NT 3.51 Windows 2000 (NT 5.0) Windows 2000 Professional (workstation version) Windows 2000 Server Windows 2000 Advanced Server Windows 2000 Datacenter Server Windows Server 2003 Windows XP

Pengoperasian Periferal PRINTER LASERJET

PRINTER BUBBLEJET

PRINTER DOT MATRIK

Purwono Hendradi, magister komputer program studi teknik informatika STTI Benarif Jakarta dan sarjana komputer program studi sistem informasi Univ. Gunadarma Jakarta. Lahir 24 Juli 1971 di Malang 2004-Sekarang  Dosen Tetap Univ. Muhammadiyah Magelang 1995- 2004  dosen Tetap pada perguruan tinggi swasta di Semarang Blogger : www.leonardo-hendradi.blogspot.com www.kuliah-hendradi.blogspot.com E-mail : p_hendr@indo.net.id p_hendr@mail.com Mobile phone : 0812 286 8871