MEDIA DAN SUMBER BELAJAR TIM Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P3) Kopertis VII. Jawa Timur
Kompetensi Dasar Menentukan media dan sumber belajar yang sesuai dengan matakuliah
Indikator Mengklasifikasikan media dan sumber belajar. Menjelaskan prinsip-prinsip penggunaan media dan sumber belajar yang efektif.
(AECT Association for Educational Communications and Technology : 1977): Segala sesuatu (daya) yang dapat digunakan untuk memfasilitasi (mempermudah) kegiatan individu (mahasiswa) dalam belajar (facilitating human learning).
MACAM SUMBER BELAJAR SB yang dirancang (by design) SB yang dimanfaatkan (by utilization)
SB yang dirancang (by design) yang secara khusus dikembangkan sebagai komponan sistem instruksional, dalam rangka mempermudah tindak pembelajaran secara formal, untuk mencapai tujuan pendidikan. Contoh: buku teks, foto-slide pembelajaran, video pendidikan, Laboratorium, Alat peraga edukatif,dll.
SB yang dimanfaatkan (by utilization) tidak secara khusus dipersiapkan untuk keperluan instruksional tetapi telah tersedia/dapat diperoleh karena memang sudah ada di alam dan lingkungan sekitar, serta dapat digunakan untuk kepentingan belajar-pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan Contoh: pasar, toko, museum, kantor pos, tempat ibadah, posyandu, tugu peringatan, rumah sakit, taman, nara sumber, sungai, sawah, balai desa, kantor kecamatan, pabrik, puskesmas, dll.
Pengertian Media Pembelajaran Sarana komunikasi dalam proses belajar mengajar yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien
PROSES KOMUNIKASI Penerima Informasi Sumber Informasi Sumber Informasi Media Informasi Sumber Informasi Penerima Informasi
Sumber Informasi Media Penerima Informasi Informasi Penerima Informasi PROSES KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN Strategi Pembelajaran Sumber Informasi Penerima Informasi Media Informasi Penerima Informasi Sumber Informasi Metode Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses komunikasi Dalam pembelajaran terjadi penyampaian pesan (informasi), media merupakan sarana pemyampaian pesan yang baik.
CONE OF EXPERIENCE (Edgar Dale & James Finn, 1946) Abstrak Lambang Verbal Lambang Visual Radio Rekaman Gambar Mati Gambar Hidup Pameran Karyawisata Demonstrasi Dramatisasi Pengalaman Buatan Pangalaman langsung Kongkrit DTOT 2A
DAYA INGAT SESUDAH 3 JAM 70 % 72 % 85 % SESUDAH 3 HARI 10 % 20 % 65 %
KEGIATAN BELAJAR 11 % 83 % 1 % 3.5 % +PERABA 1.5 %
Keterkaitan Sumber Belajar, Media dan Alat Peraga Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sumber informasi pembelajaran Sumber Belajar Sarana/perantara komunikasi Media Alat visualisasi konsep tertentu, hardware Alat Peraga Keterkaitan Sumber Belajar, Media dan Alat Peraga
Termasuk apa ini?
Fungsi Media Pembelajaran Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian mahasiswa Dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu Dapat mengatasi perbedaan pengalaman pribadi mahasiswa
FUNGSI MEDIA Fungsi atensi: Media memiliki fungsi untuk menarik perhatian dan mengarahkan mahasiswa untuk berkonsentrasi Contoh dengan menampilkan video lomba makan secara otomatis perhatian mahasiswa akan terarah ketika memulai pelajaran tentang pencernakan Fungsi Afektif Media dapat menggugah emosi dan sikap mahasiswa Contoh, menampilkan gambar kecelakaan dan perbedaannya antara orang yang memakai sabuk pengaman dan tidak dapat mengubah sikap mahasiswa tentang pemakaian sabuk pengaman
FUNGSI MEDIA Fungsi Kognitif Fungsi Kompensatoris Media dapat memperlancar tujuan pembelajaran yakni dengan meningkatkan keterserapan informasi Misalnya dengan simulasi komputer mahasiswa dapat melihat bagaimana gerakan partikel, tumbukan dan bagaimana pengaruhnya kepada sistem. Fungsi Kompensatoris Membantu mahasiswa yang lemah dalam menangkap informasi, mengorganisasi informasi dan memahami sesuatu yang abstrak. Misalnya dengan alat peraga/model mahasiswa lebih mudah mempelajari konsep fisika.
MANFAAT MEDIA Penyampaian materi pelajaran menjadi lebih baku. Setiap mahasiswa mendapatkan pesan yang sama. Pembelajaran menjadi lebih menarik Pembelajaran menjadi lebih interaktif Lama pembelajaran dapat dipersingkat Daya serap mahasiswa dapat ditingkatkan Pembelajaran dapat diberikan kapan saja tidak terikat waktu. Beban dosen dalam pembelajaran dapat dikurangi
Klasifikasi Media Media asli dan tiruan Media grafis Media bentuk papan Media yang disorot Media yang dapat didengar Media pandang dengar Media cetak Media berbasis komputer
Klasifikasi Media Pembelajaran Yang tidak diproyeksi Yang diproyeksikan Audio Multimedia Berbasis Komputer Multi Media Kit
1. Media Asli dan Tiruan Spesimen (benda contoh) makhluk hidup yang masih hidup Spesimen makhluk hidup yang sudah mati Spesimen dari benda tak hidup Benda asli (objek/asli dan alami) yang bukan makhluk hidup Model
Mana yang termasuk spesimen makhluk hidup yang masih hidup? Media asli berupa awetan bintang laut Siswa sedang mengamati perilaku kera di Kebun Binatang
Spesimen makhluk hidup yang masih hidup Aquarium Kebun Percobaan
Spesimen makhluk hidup yang sudah mati: Awetan awetan basah Ganggang dan lumut awetan basah binatang
Spesimen makhluk hidup yang sudah mati: Awetan herbarium rangka ikan
Spesimen makhluk hidup yang sudah mati: Awetan taksidermi
Spesimen dari benda tak hidup Mesin Mobil Kateter jantung
Benda asli yang bukan makhluk hidup Lumpur Lapindo Gunung Semeru
Model Model dibuat karena alasan ukuran obyek sebenarnya Model jaringan tumbuhan Model sel
Model Model Struktur otak di dalam tengkorak (cut away model) Model dibuat untuk menunjukkan bagian dalam suatu obyek biologi Model Struktur otak di dalam tengkorak (cut away model)
Model Model dibuat dengan menghilangkan bagian tertentu dari obyek aslinya Model peredaran darah dibuat dengan menghilangkan bagian tertentu dari obyek aslinya
Model Model disiapkan untuk dibongkar pasang
Memasang Kateter
2. Media Grafis Bagan Grafik Poster Karikatur Gambar Komik Gambar bersambung
Bagan
Grafik Grafik Presentase Cakupan Pertolongan Persalinan
Poster
Karikatur
Gambar Gambar Sistem peredaran darah Gambar Sistem Reproduksi
3. Media Bentuk Papan Papan tulis Papan tempel Papan flanel Papan pameran/visual Papan magnet Papan demonstrasi Papan paku
4. Media yang Disorot Media sorot diam Media sorot bergerak Media sorot mikro
Media Yang diproyeksikan Over Head Projector (OHP): alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada transparansi film Slide projector: alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada film positif
Over Head Projector
Slide projector
Mikroskop elektron Microcope with digital multimedia
5. Media yang Dapat Didengar Kaset audio Radio
6. Media Pandang Dengar Slide audio Televisi
7. Media Cetak Buku Pamflet Majalah Koran Brosur Leaflet Dsb
8. Multimedia Komputer + software Internet dll
Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Computer Assisted Interaction (CAI) Computer Managed Learning (CML) Computer Mediated Communication (CMC) e-learning berbasis jaringan
Model Pembelajaran yg Memanfaatkan TIK dLearning eLearning mLearning 3 Efendi M, 2013
Tahapan Pemanfaatan Aktif Pasif Efendi M, 2013 Presentasi (typing, slides, video, streaming) Pengumpulan Informasi (search engine, url address, multi media forms Interaksi & Komunikasi (e-mail, threaded discussion, chatting or real time discussion, bulletin board, discussion group, tutorial and simulation) Produksi (offline products, web-based products) Aktif Pasif Efendi M, 2013
The Visualiser/ Document Camera Plus Minus The Visualiser/ Document Camera (1) Memperbaiki daya ingat/ konsentrasi, (2) Mudah menjelaskan, (3) Interaktif dan menyenangkan (1) Masalah pengaturan dan pengoperasian, (2) Mahal, (3) Dosen dgn kemampuan minim akan sulit Efendi M, 2013
Bagaimana memilih & menentukan media dengan tepat ….????
Gunakan Kriteria Pemilihan Media, sbb: Sesuaikan dengan tujuan/ kompetensi yg akan dicapai Ketepatgunaan Sesuaikan dengan keadaan dan karakteristik mahasiswa Ketersediaan Mutu teknis Biaya
Faktor dalam Pemilihan dan Pemanfaatan Media Tujuan pembelajaran yang akan dicapai Karakteristik mahasiswa Kondisi yang ada (ketersediaan perangkat lunak dan perangkat kerasnya Materi perkuliahan
Kriteria Pemilihan Media Sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tepat untuk menyampaikan materi pelajaran. Praktis dan luwes Guru trampil dalam memanfaatkan media tersebut Sesuai dengan jumlah siswa Memiliki mutu yang tinggi
Latihan Pilih salah satu kompetensi dasar Tetapkan media yang diperlukan
Kegiatan Pembelajaran Analisis SK/KD Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Sumber Belajar/ Media Buku, LKS, .......