TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !
Advertisements

Pengenalan Pengolahan Data Elektronik
OPERASI DASAR KOMPUTER
SELAMAT DATANG DI MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
HARDWARE (Perangkat Keras) Disusun Oleh : Anin Kristini,M.Pd.
Perangkat Keras 1. Keyboard 2.Scanner 3.CPU 4. Monitor 5. Printer
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PERANGKAT PADA KOMPUTER
Mengenal Komputer.
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PEMBELAJARAN DENGAN IT
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
STMIK AKBA MAKASSAR.
SEKILAS TENTANG TEKNOLOGI KOMPUTER
Dosen pengampu : Dr. Dwi Sulisworo
Pelatihan Komputer dan Internet Materi: Pengenalan Komputer
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Original Slide From: Renni Angreni, S.Kom.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Bina Sarana Informatika
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KOMPUTER.
Komponen Utama dan Arsitektur Komputer
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERANGKAT KERAS.
PENGENALAN KOMPUTER.
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
PENGENALAN KOMPUTER Oleh : sgo.
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Aplikasi Teknologi Informasi 1
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Materi Perkuliahan Pertemuan 1 : Pengenalan Komputer
TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman PENDAHULUAN (Mengenal Komputer)
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Pengantar Teknik Elektro
Disusun oleh : Ika Zakiyah
KOMPUTER.
PERANGKAT MULTIMEDIA.
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Kenalan dulu, yuk !. Kenalan dulu, yuk ! Nama : Alifia Dyah Ratu Anisa Tempat/tgl lahir : Dili, 12 Juli Alamat : Sukolilo Park Regency M-4 No.
Kumpulan Materi Kuliah
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMKN 1 ) 2008
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
TEL 2112 Algoritma dan Pemrograman
PENGENALAN KOMPUTER.
Nama : Iwan Mahendro, S. Kom NIM : Prodi : S2 KTP
Sekilas Tentang Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
TEKNOLOGI INFORMATIKA
NAMA : RAHMAWATI SETIA WULANDARI
APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 1 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
Oleh Surya Puspita Sari
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman Pengenalan Komputer Dosen: Abdillah, S.Si, MIT HP: 0852 7120 6665 Email: abdill01@gmail.com Website: http://abdill01.wordpress.com

Tujuan Mata Kuliah Mahasiswa memahami dasar pengetahuan mengenai bagian-bagian komputer dan cara kerja komputer baik secara fisik maupun secara sistem Mahasiswa memahami dasar pemrograman yang sesuai dengan standar algoritma pemrograman bahasa C

Aturan Kuliah Aturan berpakaian mengacu kepada peraturan UIN Suska Riau Perkuliahan berlangsung di ruang kuliah dan lab komputer. Kehadiran mahasiswa minimal 75% Ketidakhadiran dosen akan diganti pada hari lain sesuai kesepakatan dengan mahasiswa

Referensi Rinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa C, Edisi ke-3 Jilid 1, Informatika, Bandung, 2005 Semua literatur tentang algoritma dan pemrograman bahasa C

Aturan Penilaian tentang materi yang baru dibahas di kelas Tugas Mandiri 15 % : tentang materi yang baru dibahas di kelas bertujuan membantu mahasiswa memahami materi kuliah melalui riset dan penelusuran literatur Tugas Terstruktur 15 % : bertujuan membantu mahasiswa mengulang pelajaran melalui pengerjaan soal-soal materi yang baru dibahas di kelas

Selanjutnya.. UTS 35 % bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa terhadap pelajaran yang telah diajarkan dari pertemuan 2 sampai pertemuan ke 7. UAS 35 % bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa terhadap pelajaran yang telah diajarkan dari pertemuan ke 9 sampai ke 14.

Materi Perkuliahan Pertemuan 1 : Pengenalan Komputer Pertemuan 2 : Pengenalan Bahasa C Pertemuan 3 : Tipe Data, Operasi & Runtunan Pertemuan 4 : Nama dan Nilai Data Pertemuan 5 : Struktur Dasar Algoritma Pertemuan 6 : Pemilihan Pertemuan 7 : Pengulangan Pertemuan 8 : UTS

Materi Perkuliahan Pertemuan 9 : Pemecahan Masalah Bag. 1 Pertemuan 11 : Pemrograman Modular Pertemuan 12 : Prosedur Pertemuan 13 : Fungsi Pertemuan 14 : Larik Pertemuan 15 : UAS

Komponen Komputer Pengguna (user): operator yang menggunakan komputer Perangkat keras: perangkat komputer yang dapat disentuh secara fisik Perangkat lunak: program yang berisikan perintah-perintah yang menentukan operasi yang dilakukan oleh komputer

Perangkat Keras Contoh perangkat keras adalah prosesor, memori, mainboard, hard disk, monitor, mouse, keyboard, flash disk, printer, scanner, speaker, mikrofon dan bermacam-macam card (VGA card, sound card, LAN card, TV card).

Prosessor Dalam istilah teknik, prosesor inilah yang disebut CPU. Merupakan pusat pengolahan data di dalam komputer Terdiri dari bagian- bagian: ALU, register- register, CU dan internal bus yang menghubungkan ketiganya

Mainboard Mainboard berfungsi untuk menghubungkan semua bagian-bagian lain di dalam komputer Istilah dalam bidang komputer: ‘bus’

Memori Utama Memori utama berguna untuk menyimpan data sementara Prosesor bekerja dengan data yang disimpan di memori utama Memori utama dipasang di slot RAM

Harddisk Digunakan untuk menyimpan data permanen Dihubungkan ke motherboard melalui kabel data Terdapat juga external harddisk

Monitor Berfungsi untuk menampilkan input, proses dan output yang terjadi di dalam komputer Termasuk perangkat output

Mouse Mouse berfungsi untuk memasukkan perintah ke dalam komputer Termasuk perangkat input

Keyboard Berfungsi untuk menginputkan data atau perintah ke komputer Ketika tombol ditekan, keyboard akan mengirimkan data deretan bit tertentu Setiap tombol mengirim deretan data bit yang ‘unik’ Biasanya menggunakan kode ASCII

Flash Disk Flash Disk (Pen drive): Media penyimpanan mobile Keluar di pasaran sekitar tahun 2000 Ditancapkan di port USB Mulai menggeser fungsi floppy disk

Compact Disc Player Berfungsi untuk menulis/ membaca data yang tersimpan pada CD Terdapat laser yang berfungsi menembakkan sinar ke permukaan CD Sinar yang dipantulkan CD akan dibaca sebagai bit “1” atau “0”

Kartu Grafik Kartu grafik (VGA card) berguna sebagai alat bantu bagi prosesor dalam memproses data yang akan ditampilkan di monitor Sekarang umumnya sudah onboard

Printer Berguna untuk mencetak apa yang ada dalam komputer ke kertas Termasuk perangkat output

Scanner Berfungsi menyimpan gambar menjadi data yang disimpan di komputer Biasanya menggunakan port USB Termasuk perangkat input

Perangkat Lunak Perangkat keras tidak bisa bekerja tanpa perintah Perintah itu disebut perangkat lunak Perangkat lunak ditulis/ditentukan oleh manusia Perangkat lunak dibagi menjadi 3 bagian yaitu: Sistem Operasi, Bahasa Pemograman dan Program Aplikasi

Sistem Operasi Pengguna harus tahu cara kerja detail perangkat keras agar dapat menulis perangkat lunak Setiap pabrik memilki karakteristik perangkat keras yang berbeda Untuk membantu agar komputer dapat digunakan setiap orang (meski dia tidak tahu cara kerja perangkat keras) maka dibuatlah sebuah sistem operasi

Sistem Operasi Contoh : Windows, Unix, Linux, FreeBSD, Solaris, Macintosh, dll Sistem operasi berguna untuk mengatur seluruh operasi dan sumber daya perangkat keras komputer Sistem operasi ditulis oleh pabrik software sehingga mudah digunakan oleh orang yang tidak mengerti komputer secara rinci, jadi berfungsi sebagai interface mesin-manusia Misalnya: kita bisa menggunakan perintah print pada komputer untuk mencetak tanpa harus tahu bagaimana komputer dan printer bekerja

Bahasa Pemograman Bahasa pemograman adalah program komputer yang berguna untuk membuat program lain, program yang dibuat bisa berupa program aplikasi, sistem operasi, dll Contohnya C, Pascal, C++, java, delphi dll

Program Aplikasi Program Aplikasi adalah program komputer yang ditulis untuk dapat menyelesaikan permasalahan atau kerja tertentu Dapat dibeli atau dibuat sendiri menggunakan bahasa pemograman Ditulis oleh programmer menggunakan bahasa pemograman Misalnya Ms Word untuk tulisan, Ms Excel untuk spreedsheet, Ms Powerpoint untuk presentasi, software game, open office dll