IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan John Adler john.adler007@gmail.com IF27325P Grafika Komputer © 2008
Nama Matakuliah : Grafika Komputer Bobot : 3 SKS Dosen : John Adler Kode Matakuliah : IF37325P Nama Matakuliah : Grafika Komputer Bobot : 3 SKS Dosen : John Adler Email : grafikacitra@gmail.com Website: http://www.cawanilmu.co.cc IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 2
Kehadiran kurang dari 60% (di bawah 8 x hadir), Nilai E Telat lebih dari 15 menit tidak boleh masuk Penentuan Huruf Mutu : 75<= NA <= 100 HURUF MUTU A 60<= NA < 75 HURUF MUTU B 45<= NA < 60 HURUF MUTU C 30<= NA < 45 HURUF MUTU D 0<= NA < 30 HURUF MUTU E
Materi Kuliah : Minggu ke- tanggal materi kuliah Keterangan 1 Selasa-Rabu-Kamis/ 5-6-7 Maret 13 Pendahuluan 12-13-14 Maret 2013 Izin SEMINAR Ke Medan (13-15 Maret 2013 Kuliah LIBUR 2 19-20-21 Maret 2013 Sistem Grafika 3 26-27-28 Maret 2013 Penyajian Output Dasar 4 2-3-4 April 2013 Atribut Output Dasar 5 9-10-11 April 2013 Transformasi Dua Dimensi 6 16-17-18 April 2013 Transformasi Dua Dimensi Gabungan 7 23-24-25 April 2013 Representasi Dua Dimensi Kuliah pengganti [Minggu Tenang]
Materi Kuliah : 8 30 April-1-2 Mei & 7-8-9 Mei 2013 UTS LIBUR 16 Minggu ke- tanggal materi kuliah Keterangan 8 30 April-1-2 Mei & 7-8-9 Mei 2013 UTS 9 14-15-16 Mei 2013 Teknik Clipping Dua Dimensi 10 21-22-23 Mei 2013 Transformasi Tiga Dimensi 11 28-29-30 Mei 2013 Transformasi Tiga Dimensi Gabungan 12 4-5-6 Juni 2013 Representasi Tiga Dimensi 13 11-12-13 Juni 2013 Konsep Pewarnaan 14 18-19-20 Juni 2013 Pengenalan Animasi Komputer 15 25-26-27 Juni 2013 Pengenalan OpenGL 2-3-4 Juli 2013 LIBUR Minggu Tenang 16 9-10-11 Juli 2013 UAS
Tujuan Memahami konsep grafika komputer Memahami model grafika, teknik dasar, algoritma, serta implementasi dalam grafika komputer Dapat menggunakan tools dalam mengimplementasikan grafika komputer IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 6
Silabus Pendahuluan Sistem Grafika Komputer Geometri Primitive Transformasi 2D Window dan Clipping 3D dan Transformasi 3D Lighting Warna Shading Texture Mapping IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 7
Textbooks Hearn, D. and P. M. Baker 1994. Computer Graphics (Second Edition ed.).Prentice Hall. Foley, J., A. van Dam, S. K. Feiner, and J. F. Hughes. 1996. Computer Graphics: Principles and Practice (Second Edition in C ed.).Addison-Wesley. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 8
Referensi Woo, M., J. Neider, T. Davis, and D. Shreiner 1999. OpenGL Programming Guide (Third Edition ed.).Addison-Wesley. Jeff Molofee. 1997. OpenGL Tutorial. NeHe-Production. Shalini Govil-Pai.2004.Principles of Computer Graphics Teory and Practice Using OpenGL and Maya. Springer Science. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 9
Penilaian Bobot Nilai = 30% tugas + 35 % UTS + 35% UAS IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 10
Prasyarat Aljabar Linier Matriks Vektor Pemrograman (C/C++) IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 11
Aturan Perkuliahan Kalau tidak ada kuliah, jadwal segera dikomunikasikan kepada mahasiswa untuk jadwal ulang Handphone silent / off dan dilarang untuk digunakan di dalam kelas Tugas kelompok Tugas dikirim ke grafikacitra@gmail.com Format subjek email: Tugas# klmpk/kelas IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 12
TERIMA KASIH Semoga sukses