PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
Advertisements

PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Memori Sekunder Lanjutan
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Hardware Komputer.
Hardware Software Brainware
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
APLIKASI KOMPUTER PER - 3
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Memori Sekunder Lanjutan
Gambar Konfigurasi Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KOMPUTER.
BAB VI ALAT INPUT.
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
Pengantar Teknologi Informasi
Perangkat Keras Komputer dan Perangkat Input Output
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
APLIKASI KOMPUTER DALAM AKUNTANSI
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
ALAT PEMROSES Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk Mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya.
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
KEGIATAN BELAJAR 1 SISTEM KOMPUTER IDIK 4010 Komputer dan Media Pembelajaran by maspupang.co.id.
Gambar Konfigurasi Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
KOMPUTER.
PERALATAN INPUT (Input Device)
Pengantar Teknologi Informasi
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Desain Sistem Informasi Bab:Kebutuhan Hardware Dan Kebutuhan Software
Input & Output Devices Bab V.
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Pertemuan 7 Hardware.
TEKNOLOGI INFORMASI Nahot Frastian s,com.
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Materi Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Hardware Komputer.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KELOMPOK 4 Anggota : M. Iqbal Rizkya Adzan Ramadhani Awis A.Q.F
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Transcript presentasi:

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Dosen : Nahot Frastian, S.Kom Penulis : Dewi Safitri (201243500413) Wenda Puspita (201243500417) Vivi Ahadiatami (201243504019) Kelas : x1E Kelompok : 2 (dua) Materi : III. Dasar-Dasar Perangkat Keras IV. Dasar-Dasar Perangkat Lunak PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

III . Dasar-Dasar Perangkat Keras Kerja Komputer Bite , Byte , Buzzword Inti dari Komputer Memory Komputer Alat Input Alat Output Alat Penyimpanan Sistem Komputer

1. Kerja Komputer Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu : 1.  Input : Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process . ext : Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM 2.  Process : suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan dikeluarkan ke system Output. Media ini sangat berperan penting untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yang disebut Mainboard (Motherboard). dimana didalamnya terdapat CPU (Central Processing Unit),tetapi inti dari proses adalah Processor yang merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. 3. Output : keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

2. Bite,Byte,Buzzword Bite : suatu sistem penomoran biner yang mewakili unit terkecil dari data dalam suatu sistem komputer. Suatu bit hanya terdiri dari dua buah angka yaitu 1 dan 0. Di dalam komputer, sebuah 0 berarti suatu sinyal elektronik atau magnetis adalah tiada atau absen, sementara 1 berarti sebaliknya. Byte : suatu grup dari delapan bit. Sebuah byte mewakili satu karakter, satu digit atau satu nilai. Kapasitas dari memory komputer, atau RAM, dinyatakan di dalam bytes atau sekumpulan dari bytes. Buzzword : aplikasi pengolahan data yang berbasis web dan menggunakan beberapa teknologi terbaru untuk menciptakan salah atu procesor / online yang pernah dibuat.

3. Inti dari Komputer Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan jaringan dan koneksi internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara program tersebut dengan program yang lain

4. Memory Komputer Kata “memory” digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program. Memory dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa dijalankan dalam waktu yang sama, sekaligus juga jumlah data yang bisa diproses. Memory terkadang disebut sebagai primary storage, primary memory, main storage, main memory, internal storage atau juga random access memory (RAM). Ada empat macam tipe dari memory komputer, yaitu: 4.1. random access memory (RAM) 42. read only memory(ROM) 4.3.CMOS memory 4.4. virtual memory

4.1. Random Access Memory (RAM) RAM merupakan memori yang dapat dimasup(diakses) sehingga dapat diisi dan diambil isinya oleh programer. Bersifat reusable atau bisa digunakan kembali. Struktur dari RAM dibagi menjadi 4bagian : a. Input Strorage : digunakan untuk menampung input yang dimasukan lewat alat input. b. Program Strorage : digunakan untuk menyimpan semua intruksi-intruksi program yang akan diproses. c. Working Strorage : digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan. d. Output Strorage : digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output

4.2.Read Only Memory (ROM) Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. Bersifat non volatile atau tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. Variasi dari ROM, yaitu : a. PROM (programmable read only memory) chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus digunakan oleh pabrik sebagai control device di dalam produk-produknya

b. EPROM (erasable programmable read only memory) program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet digunakan untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya c. EEPROM (electronic erasable programmable - read only memory) dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus sehingga tidak perlu dicabut atau diubah.

4.3. “complementary metal oxide semiconductor CMOS CMOS (diucapkan dengan “seemoss”) adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen. Tanpa adanya data ini, komputer tidak akan bisa beroperasi. CMOS lebih permanen dari pada RAM dan kurang permanen dibandingkan ROM. CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.

4.4.Virtual Memory Virtual memory adalah suatu metode penyimpanan data dimana bagian dari program atau data disimpan di dalam magnetic disk dan tidak di dalam RAM, sampai suatu saat diperlukan. Ini akan memberikan semacam ilusi bahwa RAM tersebut sifatnya unlimited. Jadi kesimpulannya, virtual memory mensimulasikan dirinya sebagai suatu RAM. Dia mengijinkan komputer untuk menjalankan lebih banyak program daripada sebelumnya, memanipulasi data yang lebih besar dan juga menjalankan program yang besar tanpa takut kekurangan RAM. Virtual memory lebih lambat daripada RAM dan sifatnya non volatile.

5. Alat Input Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input . Input adalah energi yang dimasukan kedalam suatu sitem dan dapat berupa signal input / maintenace input . Dalam sitem komputer ; - signal input adalah data yang dimasukan kedalam komputer . - maintenace input adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan . Jadi fungsi alat input selain untuk memasukan data dapat juga memasukan program. Alat input yang memiliki fungsi ganda sebagai alat input itu sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil disebut Terminal.

Golongan terminal : - Non Intelligent Terminal berfungsi sebagai alat pemasukan input dan penampil output saja sehingga tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai prosesor. - Smart Terminal mempunyai suatu microprocessor dan beberapa internal memory sehingga input yang sudah terlanjut dimasukan dapat dikoreksi kembali , tapi tidak dapat diprogram oleh pemakai komputer. - Intelligalent Terminal mempunyai microprocessor dan internal memory dan juga dapat diprogram oleh pemakai komputer sehingga dapat dikoreksi kembali jika salah. Alat input terbagi menjadi 2 golongna ; - Alat input langsung -Alat input tidak langsung

5.1. Alat Input Langsung Alat input langsung yaitu input yang dimasukan langsung proses oleh CPU tanpa lewat media lain , sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sitem komputer . Beberapa golongan alat input langsung : - 5.1.1 Keyboard (papan tombol) - 5.1.2 Pointing device - 5.1.3 Scaner - 5.1.4 Cencor - 5.1.5 Voice Recognizer

5.1.1. Keyboard (papan tombol) Yaitu : input dimasukan ke alat proses dengan cara mengetikan lewat penekatan tombol yang ada dikeyboard . Berfungsi : memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Beberapa alat yang mempergunakan keyboard : a. Teleprinter terminal : terdiri dari keyboard dan tampilan berupa alat cetak (printer) sehingga apa yg ditekan akan tercetak dilayar berbentuk kertas. Contoh : mesin tik

b. Financial transaction terminal : terdiri dari beberapa b. Financial transaction terminal : terdiri dari beberapa tombol keyboard tertentu . Digunakan untuk transaksi yang berupa keuangan. Contoh : mesin ATM c. Point of sale terminal : terdiri dari keyboard untuk memasukan data barang yang dijual dan display untuk menampilkan data transaksi dan alat cetak untuk tanda terima pembeli . Contoh : mesin kasir d. Visual display terminal : terdiri dari keyboard dan visual display (tampilan visual) Gambar Keyboard

5.1.2 Pointing device Berfungsi untuk keperluan tertentu untuk membuat suatu grafik / gambar dengan cepat dan singkat . Beberapa contoh pointhing device : a. Mouse : digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar sehingga perintah bisa dilakukan secara praktis dan cepat dibanding keyboard, dengan cara click dan double click. GAMBAR MOUSE b. Touch Screen (layar sentuh) : layar monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu dilayar disentuh dengan tangan .

c. Light Pen : digunakan untuk menyentuh suatu titik c. Light Pen : digunakan untuk menyentuh suatu titik dilayar dengan menggunakan pen dan komputer akan membaca lokasi tersebut . Gambar dari light pen d. Digitizer Graphics Tablet : menggambar grafick secara elektronik dengna cara menghubungkan dua titik yang menyerupai pen

5.1.3. Scaner Alat ini bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca Alat ini dapat berupa : a. Magnetic Ink Charakter Recognition : alat pembaca penegnal karakter tinta magnetik . Biasa digunakan di Bank Amerika untuk memproses cek yang ditulis b. Optikal Data Rider : alat untuk membaca data data langsung dari kertas biasa tanpa menggunakan tinta magnetik khusus.Dapat berupa : 1. OCR Readerds 2. OCR Tag Reader 3. Bar Code Wand 4.OMR readers Gambar scaner

5.1.4. Sensor Alat input ini mampu secara langsung menangkap data kejadian phisik kemudian data analog tersebut dimasukan ke pengubah analog-to-digital converter yang berikutnya akan diproses oileh komputer . 5.1.5. Voice Recognizer Alat ini membuat komputer mengerti omongan manusia dengan menggunakan mikrophone .

5.2. Alat Input Tidak Langsung Alat input tidak langsung adalah input yang dimasukan tidak langsung diproses oleh cpu melainkan direkam terlebih dahulu kesuatu media machine reable form. Macam2ny a. Key-To-Card : alat ini memungkinkan operator untuk memasukan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu kedalam bentuk media punched card (kartu plong/kartu pon) . b. Key-To-Tape : alat ini memungkinkan operator untuk merekam data ke media simpanan luar pita magnetik (tape reader/tape drive/tape unit) terlebih dahulu . c. Key-To-Disk : alat ini memungkinkan operator untuk merekam data terlebih dahulu simpanan luar disk magnetik (diskette) .

6. Alat Output Alat output adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan keluaran dari komputer. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu: 1. Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain. 2. Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar. 3. Suara, dalam bentuk musik atau omongan. 4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form), dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.

Untuk mendapatkan bentuk-bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaitu alat output atau output device atau output unit. Alat output dapat berbentuk: 1. Hard copy device, berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (kertas). bersifat permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum dipergunakan adalah printer yang digolongkan kedalam dua kategori impact printer dan nonimpact printer. Alat output hard copy device yang lain adalah plotter dan computer output to microfilm.

2. Soft copy device, berupa alat yang digunakan untuk 2. Soft copy device, berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain), image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) yang berupa signal elektronik. Yang umum dipakai biasanya berupa video display, flat panel dan speaker 3. Drive device atau driver, berupa alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Yang umum dipakain : mempergunakan media disk magnetik adalah disk drive dan yang menggunakan media tape magnetik adalah tape drive.

7. Alat Penyimpanan Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas Contoh dari memori eksternal : 7.1.floppy disk 7.2.zip drive 7.3.harddisk 7.4.cd-rom 7.5.dvd

7.1.  FLOOPY DISK Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.

7.2. ZIP drive ZIP drive berasal dari lomega. ZIP drive berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus, yang mapu menampung sampai 100MB data. Dengan kapasitas sebesar ini, dapat memungkinkan orang menyimpan file grafik dan mutimedia.

7.3.Hard-disk Sebagaimana disket, hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster.  Sistem operasi komputer mencatat sektor berdasarkan cluster-nya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada setiap cluster dan mencatat alamat file di hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT, Virtual File Allocation Table). VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan mengetahui alamat file sesuai cluster yang digunakan. Oleh sebab itu, VFAT berisi setiap nilai pada setiap cluster yang menjelaskan lokasi disk tempat cluster berada.  Terkadang sistem operasi menganggap sebuah cluster sebagai cluster yang sedang dipakai, meskipun pada saat itu cluster tersebut tidak berisi file apapun. Hal ini dinamakan lost cluster, dan pengguna dapat membebaskan cluster tersebut (yang berarti dapat menambah ruang hardisk) dengan memakai utilitas ScanDisk di Windows.

7.4.Cd-rom CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte) dibandingkan dengan floppy disk (1,4 MB) . CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.Mudah dibawa kemana-mana karena berukuran kecil. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi.Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk.Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas.

7.5.dvd DVD (Digital Audio Compact Disc)adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan. DVD memiliki macam-macam versi, yaitu 1. (DVD-R for General) hanya sekali penulisan 2. (DVD-R for Authoring)hanya sekali penulisan 3. (DVD-RAM) dapat ditulis berulang kali 4. (DVD-RW) dapat ditulis berulang kali 5. (DVD+R) hanya sekali penulisan Setiap versi 6. (DVD recorder ) dapat membaca DVD-ROM disc

8. Sistem Komputer Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan,membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Untuk membentuk suatu sistem dibutuhkan elemen-elemen yang saling berhubungan seperti : - Hardware (perangkat keras/piranti keras) ; peralatan di sitem komputer yang secara phisik terlihat dan dapat dijamah. - Software (perangkat lunak/piranti lunakn) ; program yang berisi perintah perintah untuk melakukan pengolahan data. - Brainware ; manusia yang terlibat didalam mengoprasikan serta mengatur sitem komputer.

Gambar sitem kerja komputer Keterangan 1. Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer Contoh : Keyboard, Mouse, Speaker, Scanner,Kamera Digital, Tocuh Pad, Microphone.

Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output. Contoh : CPU Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses. Contoh : Monitor, Printer, Speaker.

IV . Dasar-dasar Perangkat Lunak Pemprosesan dengan program Sistem software : hubungangan hardware & software Aplikasi software :alat untuk pengguna Interface pengguna hubungan manusia dan mesin Interface pengguna yang akan datang

1.Pemprosesan Dengan Program Program adalah suatu intruksi yang di berikan kepada suatu komputer . Proses adalah suatu bagian dari program yang berada dalam setatus tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Jadi pemprosesan dengan program merupakan intruksi kepada komputer untuk mengolah suatu data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output berada dalam status tertentu dalam rangkaian esekusinya .

Gmbar pemrosesan dengan program CPU REGISTER CONTROL UNIT ALAT OUTPUT ALAT INPUT ALU Gmbar pemrosesan dengan program Jadi , dari CPU semua kalkulasi dan perintah perintah diproses dan diolah sehingga membuat komputer dapat dioperasikan

2.Sistem software(hubungan hardware & Software) Sistem perangkat lunak adalah program komputer yang berinteraksi dengan komputer tingkat rendah ke tingkat yang sangat dasar. Hubungan antara software dan hardware : 1. hardware merupakan perangkat keras Software merupakan perangkat lunak 2. Contoh hardware : monitor, keyboard, hard disk, dan segala sesuatu yang keberadaannya dapat diraba oleh indera peraba kita. Contoh software : operating system, program aplikasi, utility program, dan segala sesuatu yang kehadirannya tidak dapat diraba oleh indera peraba kita namun dapat dimonitor.

Adapun Software hanya akan menjadi sekumpulan program data digital semata dalam kepingan cakram disk (CD dan DVD) atau dalam memory digital lainnya. Hardware komputer hanya hidup dan dapat dipakai jika telah di install software program. Software komputer hanya bisa bekerja atau berfungsi jika telah di instalkan pada hardware komputer. Jelas keduanya saling berkaitan sehingga keduanya menjadi penting : - Hardware tanpa software, seperti onggokan besi yang tidak berarti apa-apa. - Sedangkan software tanpa hardware ibarat angan-angan yang tak pernah terealisasi. Namun demikian, pada akhirnya, software sering bernilai (dihargai) jauh lebih tinggi ketimbang hardware (tetapi banyak juga software yang bernilai rendah, semua tergantung kemanfaatannya bagi user).

3.Aplikasi software (alat untuk pengguna) Aplikasi perangkat lunak (Software) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas tertentu. Ada berbagai software aplikasi yang biasa digunakan yaitu : 1. Free Software adalah setiap program yang dapat digunakan, disalin, dipelajari dan didistribusikan tanpa pembatasan dan gratis . 2. Perangkat lunak komersial adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan yang dibuat baik dengan menjual atau lisensi penggunaan iklan dalam program .

4.Interface pengguna hubungan manusia dan mesin Interface (antarmuka) adalah tempat suatu piranti dihubungkan dengan piranti yang lain (contoh port paralel untuk menghubungkan komputer dengan printer) Spesifikasi-spesifikasi interface harus memiliki : a. Mekanik : bentuk fisik dari port, jumlah pin , dll . b. Tegangan Listrik : karateristik dari tegangan listrik yang diperlukan untuk pengenal data. c. Fungsi: signal-signal yang diguna atau fungsi pin-pin yang ada. Dikategorikan menjadi 4 : data , pengontrol , penguat , penetral (grounmud). d. Prosedur : prosedur atau langkah-langkah penggunaan signal untuk konikasi data yang berlaku.

Macam Hubungan (Interaksi) Manusia – mesin : 1. Sistem manusia – Mesin Secara Manual : a. Masukan ( Input) akan langsung ditransformasikan oleh manusia menjadi keluaran (output) b. Manusia memegang kendali secara penuh dalam menjalankan aktifitas c. Mesin hanya sekedar menambah kemampuan dalam menyelesaikan aktifitas. d. Manusia sebagai sumber tenaga (Power) dan sekaligus fungsi kendali (Control) 2. Sistem manusia – mesin secara Semi-otomatis : a. Adanya mekanisme khusus yg akan mengolah masukan (input) atau informasi dari luar sebelum masuk kedalam system manusia b. Reaksi yg berasal dari Sistem Manusia akan diolah atau dikontrol terlebih dahulu melalui suatu mekanisme tertentu, sebelum suatu output berhasil diproses oleh mesin c. Mesin yg memberikan sumber tenanga (Power) d. Manusia yg melakukan proses kendali (Control)

3. Sistem manusia – mesin secara Otomatis : a. Mesin memegang peranan penuh secara langsung b. Mesin sebagai penerima rangsangan dari luar c. Mesin juga sebagai pengendali aktifitas d. Manusia hanya memonitor agar mesin dapat bekerja secara baik e. Manusia dapat memasukan data atau mengganti program apabila diperlukan f. Mesin berfungsi penuh sebagai sumber tenanga (Power) & Pengendali (Control) aktifitas. Berdasarkan Penyelidikan : - Kedua sub Manusia & Mesin mempunyai kelebihan dan kekurangan - Ada pekerjaan yang akan lebih baik jika dikerjakan oleh Manusia - Ada pekerjaan yang lebih baik dikerjakan oleh Mesin

5.Interface pengguna yang akan datang Tujuan sebuah user interface : mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua barangkali kedua tertua setelah gesture yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis semua pengguna komputer dan Internet kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca dapat mengerti tulisan. Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

Kesimpulan Komputer dapat digunakan dengan baik jika ketiga elemen komputer saling berhubungan dan membentuk satuan kesatuan . Tanpa adanya software , hardware komputer tidak dapat berfungsi dengan baik hanya seperti benda mati saja. Software yang akan mengoprasikan hardwarenya.Hardware yang sudah didukung software tidak akan berfungsi tanpa adanya manusia(brainware ). Begitupun alat-alat outpun / input lainnya jika tidak ada salah satu pendukung komputer tidak akan broprasi dengan baik.

TERIMA KASIH Dosen : Nahot Frastian, S.Kom PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI III. PERANGKAT KERAS IV. PERANGKAT LUNAK Dosen : Nahot Frastian, S.Kom Penulis : Dewi Safitri (201243500413) Wenda Puspita (201243500417) Vivi Ahadiatami (201243504019) Kelas : x1E Kelompok : 2 (dua) Program Study : TEKNIK INFORMATIKA