02 |Introduction to OpenGL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

Grafik 3D.
Pemrograman Generasi Ke 4
Manajemen Prinsip Dasar Input/Output
Pengenalan Software (perangkat lunak)
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
PERANGKAT LUNAK dalam SISTEM INFORMASI
Grafika Komputer (TIZ10)
CORBA “Common Object Request Broker Architecture”
Algoritma & Pemrograman 1
- PERTEMUAN 1 - PENGANTAR DAN INSTALASI JAVA BAHASA PEMROGRAMAN.
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Pendahuluan : Konsep memprogram, bahasa pemrograman dan komputer
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
BGI (Borland Grafik Interface)
Object Oriented Programming (OOP)
Basisdata & Sistem Basisdata
Imam Cholissodin| 04 |Transformations Imam Cholissodin|
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
02 |Introduction to OpenGL
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Amalia Firanty Almira Nur Endah Setiani Sintya Rosdwianty Fildza Novadiwanti Atana Sarah Dinda Nadhirah.
DASAR – DASAR PERANGKAT KERAS DAN LUNAK PADA KOMPUTER
STRUKTUR KOMPUTER.
Java GUI Container Pertemuan 2
Interaksi Manusia dengan Komputer
Struktur Sistem Komputer
Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Arsitektur Sistem Operasi (Windows)
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK09: OpenGL Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS.
Presentasi Perkenalan SDMM ISO 9001: 2008
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Pengenalan Sistem Operasi
PENGANTAR SQL MI2143 – Dasar SQL Disusun oleh:
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Dasar Komputer dan Internet
7 DATABASE Client/Server Wiratmoko Y, ST C H A P T E R
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Basisdata & Sistem Basisdata
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PERANGKAT LUNAK SISTEM
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pemrograman Generasi Ke 4
PERANGKAT LUNAK (Software)
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Perangkat Lunak (Software) Komputer
Pengantar Sistem Komputer
Pemrograman Generasi Ke 4
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Sistem Operasi. Pendahuluan Sistem Operasi Arsitektur Sistem Komputer Hardware Operating System (OS) Programming Language (e.g. PASCAL) Application Programs.
Application Software & System Software
02 |Introduction to OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
02 |Introduction to OpenGL
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR
02 |Introduction to OpenGL
1. KONSEP DASAR SISTEM OPERASI
CLASS VS OBJECT INTRODUCTION OF CLASS. keyword class diikuti dengan nama class yang kita inginkan. Lebih baik digunakan kata yang diawali huruf.
Dasar Pemrograman Java H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1.
Transcript presentasi:

02 |Introduction to OpenGL Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com

Introduction to OpenGL Computer Graphics What’s OpenGL ? OpenGL History OpenGL Architecture Fixed-Function vs Programmability Related Libraries OpenGL Syntax Simple CG Program Architecture Setup OpenGL Demo OpenGL Program

Computer Graphics Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital (sumber : Wiki). Bagaimana menurut pemahaman anda?

What is OpenGL ? Low-level Graphics API (Application Programming Interface) / antarmuka perangkat lunak ke kartu grafis. Independen terhadap platform (hanya menyediakan fungsi grafis, tidak menyediakan fungsi yang dependen terhadap platform : input handling, windowing, dsb). Banyak digunakan di aplikasi grafis : CAD programs, games, data visualization, dsb.

OpenGL History Dikembangkan pertama kali oleh SGI (Silicon Graphics, Inc). 1992 diambil alih oleh OpenGL ARB (Architecture Review Board) : 3DLabs, ATI, Dell, Evans & Sutherland, Hewlett-Packard, IBM, Intel, Matrox, NVIDIA, SGI, Sun Microsystems sebagai pembuat dan pengelola spesifikasi OpenGL. 2006 dikontrol oleh The Khronos group.

OpenGL Architecture Sebuah state machine, contoh untuk menggambar objek dengan warna merah programmer harus merubah color state ke merah lalu menggambar objek tersebut. Tetapi sejak OpenGL 3.0 (programmable pipeline/shader based) menjadi less state- oriented API : state functions untuk color, normals, lighting deprecated (kadaluarsa).

Fixed-Function vs Programmability Fixed-function pipeline dirancang utk berjalan di CPU (single-path rendering). Programmable pipeline (shader based) dirancang utk berjalan di GPU sehingga lebih flexible dan mudah dikontrol oleh programmer. Ada 3 jenis shaders : Vertex shaders (memodifikasi vertex), Fragment shaders (memodifikasi pixel), Geometry shaders (menggenerate vertices, dan bukan fitur inti).

Related Libraries GLUT (OpenGL Utility Toolkit) menyediakan fungsi untuk windowing, menus, input-handling. SDL (Simple Direct Media Layer) : librari multimedia cross-platform . GLFW : windowing, creating an OpenGL context and managing input .

OpenGL Syntax Diawali dengan awalan gl : glVertex3f() Nomor menunjukkan jumlah parameter : glVertex3f(1.0f, 1.0f, 1.0f) punya 3 parameter Huruf setelah nomor menunjukkan tipe data parameter : glVertex3f() bertipe data float.

Simple CG Program Architecture Inisialisasi Berisi kode inisialisasi : penciptaan window, loading resource, dsb . berisi finite loop untuk logika, dan rendering. Update logika Rendering Keluar ? De-Inisialisasi

Setup OpenGL (using GLUT) Windows : http://www.cs.csustan.edu/%7ersc/SDSU/GLUTinstall.html GLUT download : http://www.opengl.org/resources/libraries/glut/glut_downloads.php

Setup OpenGL 3 file penting dalam OpenGL yang akan digunakan, yaitu : glut.h, glut32.lib dan glu32.dll Letakkan glut.h ke dalam direktori : “Programs Files\VC\include” Letakkan glut32.lib ke dalam direktori : “Programs Files\VC\lib” Letakkan glut32.dll ke dalam direktori : “Windows\System32”

Demo Configuration OpenGL Live Demo Setup OpenGL di Kelas Live Demo OpenGL Code Base Create Line Contoh code online dapat di akses pada link berikut : http://www.glprogramming.com/red/chapter01.html (hello.c & double.c)

Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com Selesai Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com