As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Abstract & Interface As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Advertisements

Package As’ad Djamalilleil
ABSTRACT CLASS Imam Fahrur Rozi.
Abstract Class & Interface
Inheritance (Pewarisan) As’ad Djamalilleil
Pemrograman JAVA (TIB09)
Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
ABSTRACT CLASS & INTERFACE
INTERFACE & ABSTRACT CLASS
Pemrograman Berbasis Obyek
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
- PERTEMUAN 6- INTERFACE
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
Abstract Class.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
INTERFACE & ABSTRACT CLASS Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma &Pemrograman 1
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
1 Pertemuan 7 INTERFACE Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Inheritance (Pewarisan)
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Pengorganisasian Class
Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing
MODIFIER JAVA.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pengorganisasian Class
INTERFACE Pertemuan 005.
ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Constructor overloading
Tipe Data, Variabel, dan Operator
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Interface.
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class dan Object As’ad Djamalilleil
Inheritance (Pewarisan)
As’ad Djamalilleil Package As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
Matakuliah : M0864/Programming I
KELAS & OBJEK SUSSI.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Interface Pertemuan 2.
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Pilar Object Oriented Programming
Pilar Object Oriented Programming
Pewarisan (Inheritance)
Interface pada Java Untuk memahami lebih mudah, interface sekumpulan dari method-method yang dibuat tapi belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut,
Pilar Object Oriented Programming
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman berorientasi objek
Dian Wahyuningsih, S.Kom., MMSI
Pemrograman Berorientasi Objek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Transcript presentasi:

As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Abstract & Interface As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Class Abstract Class abstract adalah class yang di dalamnya terdapat class member yang hanya berupa deklarasi abstract function saja dimana function tersebut tidak memiliki definisi Definisi function itu nantinya dibuat pada sub-class dari class abstract tersebut, dengan cara meng-over-ride function yang bersifat abstract itu

Syntax class abstract abstract class NamaClass { //deklarasi atau definisi class member yg //lain bila ada //deklarasi function tanpa definisi abstract tipe namaFunc([prm1, prm2, …]); }

Pada awal class diberi keyword abstract yang menandakan bahwa di dalam class tersebut memiliki function yang bersifat abstract Class member lain dapat ditambahkan bila memang diperlukan Function yang bersifat abstract diawali juga dengan keyword abstract Function abstract tidak memiliki definisi, hanya berupa kepala function dan parameter bila ada

Contoh kode class abstract (10.1) abstract class Mencuci{ boolean sabun; int banyakAir; abstract void cuci(); void menyiram(){ System.out.println("menyiram air"); } class CuciBaju extends Mencuci{ void cuci(){ System.out.println("masukan ke mesin cuci"); System.out.println("tambah sabun"); System.out.println("nyalakan mesin");

void menyiram(){ System.out.println("membuang air cucian"); } class CuciTangan extends Mencuci{ void cuci(){ System.out.println("buka kran air"); System.out.println("bilas tangan"); class Bekerja{ public static void main(String args[]){ Mencuci bersih; CuciBaju kaos = new CuciBaju(); CuciTangan makan = new CuciTangan();

bersih = kaos; bersih.cuci(); bersih.menyiram(); bersih = makan; }

Pada sub-class CuciBaju dan CuciTangan masing-masing memiliki implementasi yang berbeda bagaimana proses cuci dilakukan Pada level sub-class, over-riding wajib dilakukan terhadap function yang bersifat abstract Teknik seperti ini biasanya diistilahkan juga sebagai polymorphism walaupun setiap sub-class memiliki bentuk yang sama namun berbeda dari segi implementasi

Interface Penggunaan interface mirip dengan class abstract Perbedaannya adalah pada interface memang disediakan khusus untuk template atau design class saja Sebuah interface digunakan dengan cara diimplementasi pada sebuah class Sebuah class dapat mengimplementasi lebih dari satu interface

Java tidak mendukung multiple-inheritance, sub-class hanya dapat di-extends dari satu class saja Interface adalah cara untuk dapat membuat turunan dari dua atau lebih class

Syntax interface interface NamaInterface { // isi interface } Isi dari interface seperti halnya sebuah class abstract namun dengan beberapa perbedaan Variabel yang dideklarasikan harus bersifat static dan final, artinya nilai variabel tersebut adalah tetap

Seluruh function yang dideklarasikan di dalam sebuah interface akan diasumsikan sebagai function abstract, oleh karena itu penggunaan keyword abstract tidak diperlukan Sebuah interface dapat diimplementasikan pada class dengan menggunakan keyword implements, berbeda dengan inheritance yang menggunakan keyword extends

Contoh kode dari sebuah interface (10.2) interface Permainan{ int panah = 4; public void panahKiri(); public void panahKanan(); public void panahAtas(); public void panahBawah(); } class Bola implements Permainan{ public void panahKiri(){ System.out.println("tendang ke kiri");

public void panahKanan(){ System.out.println("tendang ke kanan"); } public void panahAtas(){ System.out.println("tendang ke depan"); public void panahBawah(){ System.out.println("balik belakang"); class Balapan implements Permainan{ public void panahKiri(){ System.out.println("belok kiri");

public void panahKanan(){ System.out.println("belok kanan"); } public void panahAtas(){ System.out.println("injak gas"); public void panahBawah(){ System.out.println("injak rem");

Terdapat dua class yg mengimplementasi interface Permainan, yaitu class Bola dan Balapan Class yang mengimplementasi sebuah interface harus mendefinisikan setiap function dari interface Class Bola dan Balapan memiliki definisi yang berbeda untuk setiap function sesuai dengan fungsinya seperti dalam sebuah permainan komputer