Pemrograman Terstruktur Struktur Kendali
Struktur Kendali Struktur kendali adalah perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Ada tiga macam perintah percabangan dalam C: if (kondisi) { … } if (kondisi) { … } else { … } switch () { … }
IF . . . ELSE . . . If (kondisi) <statement jika benar>; Else <statement jika salah>; //Program Ke-1 Nama File : Lat3_1.CPP #include <stdio.h> #include <conio.h> main() { int nilai; printf(“Nilai : “); scanf(”%d”, &nilai); if(nilai>=50) puts(“Selamat Anda Lulus.”); else puts(“Maaf. Anda Tidak Lulus.”); getch(); return 0; }
NESTED IF (IF BERSARANG) Jika kondisi yang harus diperiksa lebih dari 1 kondisi, maka hanya if-else lah yang bisa dipakai. Operator-operator logika yang dipakai adalah operator && (and), dan operator || (or). if ((x>y)&& (x>z)) printf(“%d”,x); else if ((y>x)&& (y>z)) printf(“%d”,y); else printf(“%d”,z);
SWITCH – CASE (1) Selain if-else, perintah yang digunakan untuk percabangan adalah switch – case. switch(ekspresi) { case kondisi1:perintah1;break; case kondisi2:perintah2:break; default : perintah3; }
SWITCH – CASE (2) //Program Ke-4 Nama File : Lat3_4.CPP #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { char index ; int x, y, z; printf("index : “); scanf(“%c”,&index); switch (index) case 'A': puts(“Keterangan : Bagus Sekali“); break; case 'B': puts("Keterangan : Bagus“); break; case 'C': puts(“Keterangan : Cukup“); break; case 'D': puts(“Keterangan : Kurang“); break; case 'E': puts(“Keterangan : Kurang Sekali”); break; default : puts(“Keterangan : Index Tak Diketahui”); } puts(“program selesai”);
Latihan (1) Tulis program dalama bahasa C untuk menyatakan algoritma berikut ini : Kamus N : integer Algoritma Input (N) If (N > 50) N N + 10 Else if (N > 75) N N - 10 N N - 25 End If Output (N)
Latihan (2) Buat algoritma dan program untuk memasukan tiga buah bilangan yang masing-masing menyatakan besar sebuah sudut (dalam derajat). Periksa ketiga buah bilangan tersebut. Jika total ketiganya = 180, maka cetak perkataan “SEGITIGA”, jika tidak maka cetak “BUKAN SEGITIGA” Buat algoritma dan program untuk input dua buah bilangan bulat masing-masing merupakan Jumlah dan harga satuan barang yang dibeli. Kemudian cetak harga yang harusdibayar, apabila berlaku ketentuan sbb: Harga barang = jumlah barang * harga satuan Harga yang harus dibayar = harga barang – potongan Potongan dihitung sbb : Harga barang > 1 juta, maka mendapat potongan 10% dari harga barang Harga barang 501.000 s/d 1.000.000, maka mendapat potongan 5% dari harga barang Harga barang < 501.000, maka tidak mendapatkan potongan