As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Searching As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Advertisements

Metode Pencarian Heuristik
Artificial Intelligent
Depth First Search (DFS)
Lecture 3 State Space Search 2 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
Searching CS3243 Kecerdasan Mesin dan Artifisial
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Pencarian Tanpa Informasi
Hill Climbing Best First Search A*
Breadth First Search (BFS)
Uniform-Cost Search (UCS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Problem Solving Search -- Informed Search Ref : Artificial Intelligence: A Modern Approach ch. 4 Rabu, 13 Feb 2002.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pencarian Heuristik.
Informed (Heuristic) Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Disampaikan Oleh : Yusuf Nurrachman, ST, MMSI
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Pencarian Heuristik.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Teknik Pencarian 1 Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Pencarian Buta (Blind Search).
Metode Pencarian dan Pelacakan
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pemecahan Masalah dengan Pencarian
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Search.
Breadth First Search (BFS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Uniform-Cost Search (UCS)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Depth Limited Search (DLS)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Transcript presentasi:

As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Searching As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Langkah-langkah Searching Mendefinisikan ruang masalah Kumpulan keadaan (state) dari keadaan awal (initial state) ke keadaan tujuan (goal state) Mendefinisikan aturan produksi Mengubah satu state ke state lain Memilih metode pencarian Untuk menemukan solusi terbaik

Contoh Kasus 4 galon 3 galon 2 buah embar tanpa skala, masing-masing berukuran 3 dan 4 galon. Terdapat pula sebuah kran air yang dapat mengeluarkan air dengan jumlah tak terbatas. Bagaimana caranya agar ember air yang berukuran 3 galon terisi tepat 2 galon ?

Ruang Masalah Ruang Masalah Initial State  (0,0) Goal State  (n,2) x = 1, 2, 3 atau 4 (isi ember 4 galon) y = 1, 2 atau 3 (isi ember 3 galon) Initial State  (0,0) Menyatakan jumlah air kedua ember (x,y) masih kosong Goal State  (n,2) Ember x berisi berapa pun, y berisi 2 galon

Aturan Produksi Aturan produksi  operasi yang mengubah suatu state ke state lainnya Contoh aturan produksi untuk kasus ember air di atas:

1 if(x < 4) (x,y)  (4,y) Isi penuh ember 4 galon 2 if(y < 3) (x,y)  (x,3) Isi penuh ember 3 galon 3 if(x > 0) (x,y)  (x-d,y) Buang sebagian air dari ember 4 galon 4 if(y > 0) (x,y)  (x,y-d) Buang sebagian air dari ember 3 galon 5 (x,y)  (0,y) Kosongkan ember 4 galon 6 (x,y)  (x,0) Kosongkan ember 3 galon

7 if(x+y >= 4 and y > 0) (x,y)  (4,y-(4-x)) Tuangkan air dari ember 3 galon ke ember 4 galon sampai ember 4 galon penuh 8 if(x+y >= 3 and x > 0) (x,y)  (x-(3-y),3) Tuangkan air dari ember 4 galon ke ember 3 galon sampai ember 3 galon penuh 9 if(x+y <= 4 and y > 0 (x,y)  (x+y,0) Tuangkan seluruh air dari ember 3 galon ke ember 4 galon

10 if(x+y <= 3 and x > 0) (x,y)  (0,x+y) Tuangkan seluruh air dari ember 4 galon ke ember 3 galon 11 (0,2)  (2,0) Tuangkan 2 galon air dari ember 3 galon ke ember 4 galon 12 (2,y)  (0,y) Buang 2 galon air dalam ember 4 galon sampai habis

Metode Pencarian Pilih metode pencarian ????? Air pada ember 4 galon (x) Air pada ember 3 galon (y) Aturan produksi yang digunakan - 3 2 9 4 7

Metode-metode Pencarian Blind/Un-informed Search tidak ada informasi awal yang digunakan dalam proses pencarian Heuristic/Informed Search memberikan perkiraan terhadap solusi yang akan dipilih

Blind/Un-informed Search Breadth First Search (BFS) Uniform Cost Search (UCS) Depth First Search (DFS) Depth-Limited Search (DLS) Iterative Deepening Search (IDS) Bi-directional search (BDS)

Heuristic Generate and Test Hill Climbing (Simple dan Steepest Ascent) Simulated Annealing Best First Search (Greedy dan A*)

Tugas 1 Pecahan koin yg tersedia: $1, $3, $5, $10, $25 Berapa jumlah koin minimal untuk nilai nominal uang $1799 ? Tentukan ruang masalah, initial state, dan goal state dari masalah di atas. Buatlah aturan produksi untuk penyelesaian masalah tersebut.