Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (software requirement analysis)
Software Engineering Overview.
PEMODELAN PROSES.
Perancangan Sistem PSI-MK5.
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
BY DR. HERI NUGRAHA. SE.MSi
BAB 4 ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Perangkat Pemodelan Terstruktur
Pendekatan dalam Produksi Perangkat Lunak
Perancangan Terstruktur (Structured Analisys and Design / SSAD)
Rekayasa Perangkat Lunak
System Development Life Cycle
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
UML (Unified Modelling Language)
Analisis Kebutuhan Software
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Thomas Andrianto, S.Si., M.Cs.
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
Perancangan Sistem Informasi
Object-Oriented Analysis (OOA)
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
Rekayasa Perangkat Lunak
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
Citra N., S.Si, MT ProDi Sistem Informasi - UNIKOM
PENGANTAR KE UML Dewi Sartika, M.kom.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
RPL.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
PENGANTAR UML Citra N., S.Si, MT UNIKOM.
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Pemodelan Berorientasi Objek
Analisis Persyaratan System
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Siklus Hidup Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pertemuan 2 Model Proses + Metodologi
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
Pengantar Objek.
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 4 OOAD Coad Yourdon 5 Lapisan Kegiatan
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
Perancangan Sistem / ERP
Transcript presentasi:

Rekayasa Produk (Perangkat Lunak) Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT1 Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Definisi Rekayasa perangkat lunak adalah penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa yang tangguh/teruji dalam upaya memperoleh perangkat lunak secara ekonomis, handal dan bekerja efisien di mesin nyata, dan berkaitan dengan metode dan kaidah yang diperlukan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk computer. Sedangkan pengertian rekayasa perangkat lunak menurut IEEE :Rekayasa perangkat lunak adalah pendekatan sistematis untuk pengembangan, operasi, pemeliharaan dan pemberhentian pemakaian perangkat lunak. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Prinsip Perangkat Lunak Kekakuan (Rigor), Rekayasa yang dilakukan harus sesuai dengan keinginan user, walupun terkadang diperlukan kreativitas perekayasa untuk membuat perangkat lunak. Resmi (formal) Pemilihan salah satu metodologi/pendekatan perangkat lunak, berdampak pada harus dilaksanakannya aktivitas rekayasa sesuai dengan metodologi yang dipilih, serta notasi yang dipilih harus selalu konsisten digunakan Pemisahan kepentingan Berkaitan dengan apek-aspek persoalan : melebarnya focus kerja, kompleksitas sistem. Abstraksi Menggambarkan keseluruhan sistem dalam bentuk yang sederhana Modularitas Mendekomposisikan persoalan menjadi modul-modul independent sehingga memisahkan perhatian mengenai persoalan internal modul dan interaksi modul-modul dengan lingkungan luarnya. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Lapisan Perangkat Lunak Lapisan fondasi berupa Proses. Lapisan fondasi adalah lapisan proses pengembangan perangkat lunak yang merupakan perekat bagi lapisan-lapisan teknologi yang lain, serta yang memungkinkan pengembangan perangkat lunak yang rasional dan tepat. Lapisan proses mendefinisikan kerangka kerja untuk sekumpulan proses pokok (KPA –Key Process Area) Lapisan Metode Lapisan Metode memberikan cara teknis dalam membangun perangkat lunak pada kegiatan penetapan kebutuhan, analisis, perancangan, pembangunan program, pengujian. Lapisan Alat Bantu Lapisan yang mendefinisikan alat Bantu yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan proses dan metode. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Milestone Activity Kerangka Kerja Proses Umum Aktivitas Pendukung Aktivitas Kerangka Kerja Rangkaian Tugas Tugas Kejadian Penting SQA Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Alat Bantu Perangkat Lunak Berorientasi aliran data (proses) Alat bantu yang digunakan : Konteks Diagram – Data Flow Diagram – Kamus Data Control Flow Diagram – State Transition Diagram Berorientasi Struktur Data Alat Bantu yang digunakan : Diagram Warnier Orr (DSSD - Data Structured System Development) JSD (Jackson System Development) Diagram ER – Normalisasi – Relasi Tabel Berorientasi Objek OOAD – Object Oriented Analysis and Design (Coad dan Yourdon) OMT – Object Modelling Technique (Rumbaugh) OOSE – Object Oriented Software Engineering (Ivar Jacobson) Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT