PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE-3 “BAGIAN PENGOLAHAN DAN MEMORI Oleh : Ahmad Rudini, S.Kom
2.1 Bagian Dalam Komputer Beberapa komponen penting dalam sebuah komputer yang perlu di ketahui yaitu : Chasis Motherboard Processor Memory Power Supply Expansion Slot Device Controller Disk Drive Bus Komponen-komponen lainnya
2.2 Bagian Pengolahan Arithmetic and Logic Unit (ALU) Register Controt Unit Kecepatan Pengolahan Rancangan Processor Pembuatan Chip untu prosesor
2.3 Memory Ada 2 Jenis Memori yaitu : Memori Utama (Primary Memory) - RAM (Random Acces Memory) - ROM (Read Only Memory) Memori Tambahan (Scondary Memory) - Hard disk - floppy disk
Memory Utama RAM (Random Acces Memory) merupakan memori bersifat volatile (hanya menyimpan data pada saat komputer hidup). Struktur RAM : Input Storage (menampung semua data yang di input melalui alat input) Program Storage (menyimpan semua intruksi program yang akan diproses) Working Stroge (menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahannya Output Storage (menampung hasil akhir dari pengolahan data)
Jenis-Jenis RAM ada 2 jenis RAM yaitu : DRAM (Dinamic Random Access Memory) mempunyai kapasitas terbesar 4 GB/Chip. tipe DRAM : SDRAM, DDR SDRAM, BAT-RAM SDRAM, EDO DRAM dan RDRAM SRAM (Static Random Access Memory) tipenya : DDR SRAM, QDR SRAM, SyncBurst dan ZBT SRAM Ukuran memory utama atau RAM ditunjukan oleh satuan Kilo Byte (KB), Mega Byte (MB) dan Giga Byte (GB).
ROM (Read Only Memory) merupakan memory yang datanya hanya dapat dibaca dan bersifat tidak volatile. Jenis ROM Yaitu : PROM (Programble Read Only Memory) EPROM (Erasable Programble Read Only Memory) EEPROM (Electricaly Erasable Programble Read Only) Flash Memory
Pertimbangan dalam menentukan memory Ada tiga hal yang dipertimbangkan dalam memilih memori utama (RAM) : Kecapatan Jumlah / Kapasitas Biaya Cache Memory adalah Buffer antara CPU yang berkecepatan tinggi dan memori yang berkecepatan rendah.
BUS Bus merupakan suatu sirkuit yang digunakan sebagai jalur transformasi informasi antara dua ata lebih alat-alat dalam sistem komputer. Diantaranya : a. Internal bus (CPU – Memori) b. External bus (CPU – input/Output) Struktur Bus Address Lines Data Lines Control Lines
Menjalankan Progam Oleh Prosesor Ada 2 cara menjalankan program : Fetch Cycle adalah suatu proses dimana CPU mengambil atau membawa (menjemput) instruksi dari memori ke CPU. Execution Cycle adalah proses dimana CPU melaksanakan instruksi yang tersimpan pada register yang berasal dari memori. Kedua cara tersebut di sebut Machine Cycle
Bahasa Komputer Bahasa komputer didasarkan kepada bilangan biner yaitu 0 dan 1 Sistem Bilangan Bilangan Desimal Bilangan Biner Bilangan Hexadesimal
Bilangan Desimal Disebut dengan bilangan desimal karena menggunakan 10 simbol bilangan dari 0 sampai 9. contoh : 12.39810 Bilangan dasar 10/ desimal Bilangan diatas terdiri dari (1,2,3,9,8), masing-masing angka memiliki nilai kelipatan 10 dan dihitung mulai dari angka paling kanan seperti : 1 x 104 = 10.000 2 x 103 = 2.000 3 x 102 = 300 9 x 101 = 90 8 x 100 = 8 12.39810
Bilangan Biner Sistem bilangan biner menggunakan simbol 0 dan 1 . Setiap posisi angka dalam bilangan biner merupakan kelipatan dari 2 dan dihitung mulai dari kanan. contoh : 10110010 Bilangan dasar 2/biner Tentukan ekivalensinya dalam bilangan desimalnya? 1 x 27 = 128 0 x 26 = 0 1 x 25 = 32 1 x 24 = 16 0 x 23 = 0 0 x 22 = 0 1 x 21 = 2 0 x 20 = 0 17810 Jadi angka desimal dari bilangan 10110010 adalah 178
Bilangan Hexadesimal Sistem bilangan hexadesimal menggunakan 16 lambang yaitu : 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F Contoh : bilangan biner 0010 1100 0110 1110 bilangan hexadesimal 2 C 6 E
Latihan Ubahlah dan NPM anda menjadi Bilangan Biner ? Example: NPM hanya 2 digit didepan dan 4 digit di belakang saja seperti “132222” Binernya : 10 0000 0100 0111 1110