METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
The Product and the Process CHAPTER 2 The Process Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Muhammad Taufik Syastra 2 Pengujian dan Implementasi Sistem Informasi Proses.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK SPIRAL MODEL & COMPONENT ASSEMBLY
Perencanaan Perangkat Lunak
Software Process Model
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Model Proses PL.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
Methods for Software Engineering
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
SESI 2. Software Development Life Cycle (SDLC)
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
PROCESS MODELS.
SIKLUS HIDUP SISTEM INFORMASI
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PriNciples That Guide Practice
PENGEMBANGAN APLIKASI
Analisis Perancangan Berbasis Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
3. The Software Process.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Anna dara andriana., M.kom
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
RPL.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
RPL.
Prescriptive Process Models
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Anna dara andriana., M.kom
KELOMPOK FARHATULLAILA ( )
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Siklus Hidup Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
Rekayasa Perangkat Lunak
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Membangun Sistem Informasi ERP
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
SOFTWARE ENGGINERING Model Model Siklus Rekayasa Perangkat Lunak
Pengembangan Sistem Informasi
R.S. Pressman & Associates, Inc
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Kelompok 3 | Rekayasa Sistem Informasi : Ahmad Rifai Eplin Mimi Susanti [ ] Fitriya Dewi Damayanti [ ] Ulfa Yuliana [ ] Kelompok.
Transcript presentasi:

METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

HOME MENU 4 2 1 6 3 5 3 FASE RPL METODE/ MODEL JENIS SOFTWARE RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS 2 4 PENGERTIAN Software engineering 1 HOME METODE/ MODEL 6 MENU JENIS SOFTWARE 3 TAHAP PENGEMBANGAN RPL 5

MENURUT FRITZ BAUER PENGERTIAN UMUM IEEE PENGERTIAN UMUM : Rekayasa perangkat lunak yang dilakukan oeh engineer yang berpengetahuan dalam membaut software dengan tatacara tertentu

MENURUT FRITZ BAUER PENGERTIAN UMUM IEEE Menurut Frizt Bauer : Software engineering adalah pembuatan dan penggunaan prinsip engineering dalam membuat software yang ekonomis , handal dan efisien

Back To Home PENGERTIAN IEEE : MENURUT FRITZ BAUER PENGERTIAN UMUM IEEE PENGERTIAN IEEE : Pendekatan aplikasi yang sistematis disiplin dan terukur untuk mengembangkan , melakukan operasi dan perbaikan software Back To Home

RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS TOOLS METHOD METHOD RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS PROCES PROCES A QUALITY FOCUS A QUALITY FOCUS

RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS QUALITY : Dasar pembuatan sebuah produk, apalagi produk software adalah kualitas. Software yang dibuat harus handal, efisien, ekonomis, dan sesuai dengan harapan user A QUALITY FOCUS

RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS Proses : Merupakan elemen yang menyatukan lapisan yang lainnya, berfungsi sebagai kerangka kerja, memungkinkan pengembangan yang rasional dan tepat waktu dari software RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS PROCES

RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS METHOD RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS METODE : Cara yang dilakukan untuk membangun software. Mencakup analisis kebutuhan, desain, kontruksi program, pengujian, dan support.

RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS TOOLS TOOLS TOOLS / ALAT : Memberi support unutk lapisan proses dan metode. Saat alat-alat saling terintegrasi , memungkinkan informasi yang dibuat tools dapat digunakan tools lain RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS Back To Home

Contoh : sistem operasi Windows, Microsoft Office GENERIC SOFTWARE Software dengan spesifikasi umum dan berlaku dimanapun. Software yang memiliki standar tetap dan tak berubah. Contoh : sistem operasi Windows, Microsoft Office

Contoh : software akademik univ, COSTUMIZE SOFTWARE : Disebut juga bespoke software adalah software yang dibuat berdasarkan permintaan dan kebutuhan Contoh : software akademik univ, Back To Home

3 Fase RPL Fase Definition Fase Support Fase Developtmen

Fase Definition Fokus pada apa yang akan dibuat identifikasi informasi untuk diproses, fungsi yang akan dibuat, sistem yang diterapkan dan desainnya, agar bisa menghasilkan software yang baik

Fase Development Berfokus pada bagaimana software dibuat, bagaimana detail prosedural diimplementasi, interface dibangun, coding, dan testing. 3 kegiatan yang dilakukan SE : desain software, code generation, dan testing software

Fase Support Berfokus pada perubahan. Fase ininya adalah pengulangan fase defiisi dan development. Terjadi dari perubahan yang memungkinkan baik dari user maupun faktor lingkungan. Lingkup support

Back To Home Jaminan kualitas Tracking dan kontrol Lingkup Fase Support Tracking dan kontrol Manajemen pengaturan Dokumentasi persiapan dan pembuatan Review formal teknis Manajemen penggunaan kembali Pengukuran Back To Home

Maintenence Debug Proces Requirement Test specification Code Design

Tahap pengumpulan dan analisa dan definisi kebutuhan proses bisnis Requirement Tahap pengumpulan dan analisa dan definisi kebutuhan proses bisnis specification Analisa perangkat lunak untuk mengerti sifat program. Design Terjemah dari kebutuhan ke sebuah perancangan rpl yang akan dibuat kodenya

Back To Home Tahap penerjemahan kebutuhan kedalam bahasa pemrograman Code Tahap pengujian logika internal, penyesuaian sistem dengan lingkungan Test Debug Proces Pencarian eror, perbaikan eror dan uji ulang program Maintenence Pengapdatasi software untuk menyesuaikan lingkungan eksternal seperti OS baru. Back To Home

E E M T D O

METODE/MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Penerapan struktur pada pengembangan suatu perangkat lunak(Software) dengan tujuan mengembangkan sistem dan memberikan panduan untuk proyek pengembangan sistem dan kemajuan melalui tahapan tertentu .

MODEL LINIER/ Waterfall SYSTEM/INFORMATION ENGINEERING ANALISIS DESAIN CODE TEST MODEL LINIER/ Waterfall Model ini menunjukkan pendeketan yang sistematis dan terurut untuk mengembangkan software dimulai dari tingkat sistem, dan kemajuan melalui analisis, desain, coding, testing dan support. Kekurangan : Banyak penerapan yang tidak sesuai alur Requirement dari konsumen kurang jelas Memungkinkan adanya kesalahan fatal pada akhir projek

Kostumer mengetest contoh program Model Prototype Bangun contoh program Kostumer mengetest contoh program Dengarkan costumer Sebuah mekanisme untuk mengidentifikasi kebutuhan software. Developer terlebih dulu mengidentifikasi kebutuhan dari kostumer, lalu membuat fragen program melalui tools seperti report generator, windows manager. Dan hasilnya akan dilihat oleh kostumer. Keuntungan : - dapat menghasilkan software yang berkualitas Kerugian : - membutuhkan waktu yang lama.

Model RAD RAD ( Rapid Application Development ) : model pengembangan software cepat yang menekankan siklus sangat pendek. RAD diadaptasi dengan kecepatan tinggi dari model linier sekensial

Model Incremental Metode ini menggabungkan elemen dari sekuensial linier dan iterasi dari model prototipe. Elemen-elemen dikerjakan hingga menghasilkan produk dengan spesifikasi tertentu, kemudian dimulai dari awal kembali hingga muncul hasil produk yang spesifikasinya lebih lengkap.

Model Spiral Model ini mengadaptasi model prototype dengan proses pengulangannya, dan waterfall dengan sistematikanya , metode ini dikenal sebagai spiral Boehm.

TERIMA KASIH

OLEH KELOMPOK 3 RPL : ERLANGGA DWI PRATAMA 1534010080 MADA LAZUARDI NAZILLY 1534010064 NADHIF REVISYACH F.S.W 1534010065 TATAQ DISTASIANTO 1534010081