PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Proses-proses Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Perencanaan Perangkat Lunak
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Software Process Model
Madhata,S.KomRekayasa Perangkat Lunak 1 1 Chapter 04.
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
BAB 3 MANAJEMEN PERANGKAT LUNAK
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Program Studi Manajemen informatika
Perancangan Perangkat Lunak
Methods for Software Engineering
PROSES Perangkat Lunak
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Proses Perangkat Lunak
PENGUJIAN DENGAN SIKLUS HIDUP
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
MODEL PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK R P L Wahyunita Lakoro.
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
Perangkat Lunak 1.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
RPL.
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Perancangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
Prescriptive Process Models
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
KELOMPOK FARHATULLAILA ( )
Analisis Persyaratan System
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PEMODELAN
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGGINERING Model Model Siklus Rekayasa Perangkat Lunak
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Oleh : Nanscy Evi Wardani

Apa yang disebut RPL?

Pengertian RPL Proses membuat perangkat lunak dengan menggunakan kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip rekayasa sehingga dihasilkan perangkat lunak yang berkualitas

Tujuan dari RPL

Tujuan RPL Perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Dapat digunakan dan beroperasi dengan benar di lingkungan sebenarnya. Memberikan manfaat bagi pemakai yang menggunakannya. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya rendah, Tepat waktu, baik saat pembuatan, penyerahan ke pemakai, maupun instalasinya. Setiap tahap pekerjaan terjamin kualitasnya, terdokumentasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (ada proses verifikasi dan validasi).

Karakteristik RPL

Understandability, membuat bagaimana agar proses mudah untuk dimengerti Visibility, Aktifitas proses menghasilkan hasil yang jelas Supportability, Aktifitas Proses dapat didukung atas CASE tools Acceptability, Penerimaan atas proses yang digunakan selama pembangunan Produk Perangkat Lunak. Reliability, Proses didesain dalam suatu metode untuk dihindarkan dari kesalahan Robustness, Proses dapat meneruskan dalam masalah yang tidak diharapkan terjadi Maintainabiity, Proses yang merefleksi atas perbaikan proses yang diidentifikasi Rapidity, bagaimana cepat proses pengiriman sebuah sistem dari Spesifikasi yang ada sampai selesai Karakteristik RPL

Komponen Perangkat Lunak

Sistem Operasi : Sistem Operasi (disebut juga platform software) terdiri dari program utama dan program low-level yang mengatur operasi dasar komputer. Device Driver : adalah program komputer yang mengawal jenis-jenis peranti yang dipasangkan (install) pada komputer Program Utilitas: Adalah sebuah program yang digunakan untuk Meningkatkan kapabilitas program komputer yang telah ada pada computer. Komponen PL

Prinsip Analisis dan desain

Prinsip Analisis dan Desain. Prinsip analisis : Untuk mencari kebutuhan pengguna dan organisasi serta menganalisa kondisi yang ada (sebelum diterapkan sistem informasi yang baru). Desain : Bertujuan menentukan spesifikasi detil dari komponen-komponen sistem informasi (manusia, hardware, software, network dan data) dan produk-produk informasi yang sesuai dengan hasil tahap analisis. Prinsip Analisis dan Desain.

Domain informasi dari suatu masalah harus direpresentasikan dan dipahami. Fungsi-fungsi yang akan dilakukan oleh perangkat lunak harus didefinisikan. Tingkah laku perangkat lunak (sebagai suatu urutan kejadian eksternal) harus diwakilkan. Model-model yang menggambarkan informasi, fungsi, dan tingkah laku harus dipecah-pecah dalam suatu cara yang membongkar suatu detail dalam bentuk lapisan. Proses analisis harus bergerak dari informasi dasar ke detail implementasi. Prinsip analisis

Ragam model proses pengembangan pl

Ragam model proses pengembangan PL Model air terjun : Model ini adalah model klasik yang mengusung pengembangan  perangkat lunak yang sistematis, Model prototype : Metode ini menyajikan gambaran yang lengkap dari sistem, terdiri atas model kertas, model kerja dan program. Model RAD : proses pembangunan Perangkat Lunak yang menekankan pada siklus pengembangan yang pendek dan singkat. Model spiral :Model ini mengadaptasi dua model perangkat lunak yang ada yaitu model prototyping dengan pengulangannya dan model waterfall dengan pengendalian dan sistematikanya. Dan lain lain. Ragam model proses pengembangan PL

DISKUSI KELOMPOK BENTUKLAH KELOMPOK MASING-MASING TERDIRI DARI 4 ORANG! DISKUSIKAN MENGENAI KONSEP PEMODELAN PERANGKAT LUNAK! MASING-MASING KEMUDIAN PRESENTASIKAN HASIL DISKUSI TIAP KELOMPOK KE DEPAN KELAS!

Thanks 