Modul 11 KECERDASAN BUATAN Tri Wahyu Agusningtyas - 41812120039.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AI(Artificial Intelligent)
Advertisements

SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 11
Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
Aplikasi Mikroprosesor pada Robot
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Mega Anis Kartika Perkembangan Intelegensi Buatan Mulai sekitar abad 18 sebagaimana mesin telah menjadi lebih kompleks, usaha yang keras.
Pengenalan Logika Informatika
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Isu Sosial Dan Masalah Komputer Dalam Pemerintahan
Sistem Pakar.
SISTEM CERDAS SISWO WARDOYO, S.T., M.Eng. Jurusan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 1SISTEM CERDAS7 Sept 2009 Tlp:
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
PERKEMBANGAN BAHASA KOMPUTER
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
Artificial Intelligence
Computare (Latin) to compute menghitung
L/O/G/O KECERDASAN BUATAN OLEH: 1. Niko Dwi Auliyantho( ) 2. Zulfa Izza Azzah-ra( )
BAB XIV KECERDASAN BUATAN. PENDAHULUAN Mulai sekitar abad 18 sebagaimana mesin telah menjadi lebih kompleks, usaha yang keras telah dicoba untuk ii manusia.
Problem Solving.
APLIKASI KOMPUTER BAB IV. DAMPAK PEMAKAIAN KOMPUTER Oleh: PAK ENDY 22 April
Pengenalan Sistem Pakar
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Sistem Informasi Manajemen
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
KOMPUTER ALAT PEMECAH MASALAH
INTELEGENSI BUATAN DAN TES TURING Ir. Abdul Wahid, MT.
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
Sistem pakar M Ridwan Dwi Septian.
KONSEP INTERFACE
Representasi & penalaran
MANAJEMEN PENGETAHUAN
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan.
PENGENALAN KOMPUTER.
KOMPUTER & INDUSTRI.
KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)
Fakultas Ilmu Komputer
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
Interaksi Manusia dan Komputer
Artificial Intelegence
11 Kecerdasan Buatan Miranti Estu Mukti
Praktikum pengantar kecerdasan buatan (pkb)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
BAB XIV KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Materi2.
Computare (Latin) to compute menghitung
SISTEM PAKAR.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
Konsep Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Computare (Latin) to compute menghitung
SUDAHKAH ANDA CUCI TANGAN SEBELUM MASUK KE RUMAH SAKIT ???
Transcript presentasi:

Modul 11 KECERDASAN BUATAN Tri Wahyu Agusningtyas - 41812120039

Apakah Intelegensi Buatan Itu? AI dapat didefinisikan sebagai mesin atau alat pintar (biasanya adalah suatu computer) yang dapat melakukan suatu tugas yang bilamana suatu tugas tersebut dilakukan oleh manusia dan dibutuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya. Dalam katagori AI ada yang dikatakan sebagai AI tingkat rendah dan AI sebagai tingkat tinggi. Ruang lingkup penelitian dan pengembangan AI sekarang ini dapat dikelompokkan kedalam beberapa bidang yaitu: Game Playing (Permainan game) General problem solving (Pemecahan masalah secara umum) Natural language recognition (Pengenalan bahasa alamiah) Speech recognition (Pengenalan percakapan) Visual recognition (Pengenalan penglihatan) Robotics Expert System (Sistem ahli)

General Problem Solving Game Playing Game Playing (Permainan game) merupakan bidang AI yang sangat popular berupa permainan antara manusian melawan mesin yang mempunyai intelektual berpikir. General Problem Solving Bidang AI ini berhubungan dengan pemecahan masalah terhadap suatu situasi yang akan diselasaikan oleh computer. Permasalahan diungkapkan dalam suatu cara yang sedemikian rupa sehingga computer dapat mengartinya. Semua diskripsi-diskripsi yang diinginkan juga diberikan kepada computer. Biasanya permasalahan tersebut akan diselesaikan secara trail and error sampai solusi yang diinginkan dan didapatkan.

Natural Language Recognition Studi mengenai AI mencoba supaya computer dapat mengerti bahasa alamiah yang diketikan lewat keyboard. Bahasa alamiah (natural language) adalah bahasa sehari – hari yang dipergunakan oleh orang untuk berkomunikasi. Bahasa computer yang khusus untuk AI dan dapat digunakan pada bidang ini diantaranya adalah IPL, LISP, INTERLISP, SAIL, PLANNER, KRL dan PROLOG. Bidang AI ini masih sangat sulit dan belum dapat sempurna penerapannya.

Speech Recognition Bidang ini masih dikembangkan dan terus dilakukan penelitiannya. Kalau bidang ini berhasil dengan baik dan sempurna alangkah hebatnya computer. Suatu alat recognizer dapat ditambahkan pada computer mikro sehingga dapat digunakan untuk speech recognition, diantaranya yaitu: Voice Recognition Module (VRM) buatan Interstate Electronic. Voice Data Entry System (VDEC) buatan Interstate Electronic. SpeechLab buatan Heuristics Inc. Voice-Entry Terminal (VET) buatan Scott Instruments. Cognivox buatan Voicetek.

Visual Recognition Robotics Bidang AI ini merupakan kemampuan suatu computer yang dapat menagkap signal dari suatu kamera dan dapat memahami apa yang dilihat tersebut. Penerapan AI ini misalnya pada computer yang dipasang dipeluru kendali, sehingga peluru kendali dapat deprogram untuk selalu mengejar sasarannya yang tampak di kamera. Robotics Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia. Secara ideal robot diharapkan dapat melihat, mendengar, menganalisa lingkungannyadan dapat melakukan tindakan-tindakan tany terprogram. Negara yang banyak menggunakan robot untuk industri adalah Jepang, Amerika Serikat dan Jerman Barat.

Robotics 3 hukum tentang robot yaitu: Suatu robot tidak boleh melukai manusia atau tidak boleh menyebabkan manusia berada dalam posisi yang berbahaya. Suatu robot harus menurut pada perintah yang diberikan oleh manusia, kecuali perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama. Suatu robot harus dapat melindungi keberadaannya sendiri sejauh mana tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua. Robot modern pertama kali dikembangkan Joseph Engelberger dan George Devoe yang kemudian mendirikan perusahaan Unimation Company, merupakan perusahaan yang memproduksi robot pertama kali.

Robotics Penggolongan Robot Ada yang menggolongkan robot menurut sumber tenaganya (secara elektronok, hidrolik dan peomatik). Ada yang menggolongkan kedalam kerumitannya (Robot yang sederhana hanya dapat bergerak dalam satu, dua atau tiga jurusan saja, sedangkan robot yang canggih dapat bergerak puluhan sudut secara serentak).Robot juga dapat digologkan dalam daya angkatnya dan robot juga dapat digolongkan dalam kecepatan geraknya. Berdasarkan penggunaannya, robot dapat digolongkan sebagai robot pribadi (personal robots), robot industri (industrial robot) dan robot pendidikan (Educational robots). Personal Robot Personal robot juga disebut dengan home robots (robot rumah tangga), karena tijutukan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan rumah tangga mulai dari yang pokok yaitu membersihkan lantai, memasak, mencuci pakaian, mengatur jadual, menerima telpon sampai dengan pekerjaan-pekerjaanruti lainnyadapat ditangani robot

Robotics Industrial Robots Industrial robots merupakan robot yang digunakan untuk membantu didalam proses industri jadi, misalnya untuk menangani material, mengelas, mengecat, memasang komponen dll. Beberapa robot yang digunakan untuk industri adalah sebagai berikut: - Motionmate - IBM Assembly Robots - The Rhino Charger - GMF Robots - Prab Model 4200 - Educational Robots - Cincinnati/Milacron T3 - Rhino Robot XR-2 System - Prab FC - Microbot - Cybotech P15 - Hero -1 - Puma Model 500

Expert System Komputer dapat deprogram untuk berbuat seperti orang yang ahli dalam bidang tertentu. Komputer yang demikian dapat dijadikan seperti konsultan atau tenaga ahli dibidang tertentu yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan nasehat-nasehat yang dibutuhkan. System demikian disebut dengan Expert System. System ini dapat digunakan untuk bidang yang tertentu seperti misalnya mendeteksi penyakit, menganalisis kimia dsb. Salah satu Expert System yang pertama adalah MACSYMA yang digunakan untuk tugas-tugas matematika. Untuk mengembangkan Expert System, harus diciptakan terlebih dahulu suatu knowledge base yang dibutuhkan oleh aplikasinya. Suatu knowledge base terdiri dari kumpulan data tertentu untuk permasalahan yang spesifik dan aturan-aturan bagaimana memanipulasi data yang disimpan tersebut.

Terima Kasih