Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Berorientasi Objek (Object Oriented Analysis & Design)
Advertisements

Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
1 Pertemuan 19 Function Component Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
1 Pertemuan 6 Hubungan Komponen terhadap Kehandalan Paralel Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 11 Windows Common Control Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
Metode Perancangan Program
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
1 Pertemuan 13 Embedded System Projects Matakuliah: H0182/Pemrograman Sistem Tahun: 2006 Versi: 01.
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Pertemuan 10 Sendi-Sendi Arsitektur Modern
Pertemuan 26 PERANCANGAN LANJUT
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 10 Gaya – gaya dalam
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
1 Pertemuan 01 Pengenalan OOAD Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan #9 Environment-Relationship Nets Matakuliah: H0232/Sistem Waktu Nyata Tahun: 2005 Versi: 1/5.
1 Pertemuan ketujuh Pola-pola kaliamt percakapan Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
1 Pertemuan 3 Pengenalan menu dasar 3D Matakuliah: R0374/Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2005 Versi: V-1/R-0.
Pertemuan 21 SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS (DARI PENJUALAN TUNAI)
1 Pertemuan 9 Rekognisi Obyek dengan Pendekatan PCA (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
1 Pertemuan 26 Review Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
Pertemuan 04 Fungsi-fungsi Microsoft Excel
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Analisa Desain Berorientasi Objek
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM
Pemodelan Analisis.
MODEL RELASIONAL.
Pertemuan 5 Struktur dan Hubungan Antara Class dan Object
Model Berorinetasi Data
Erika Devi, Fajar Agung N Fakultas Ilmu Komputer UDINUS
Pertemuan 1 KONSEP PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan 16 Research Design
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Pertemuan 17 Aplication Domain
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Pertemuan 4 Object and Class.
Tahun : <<2005>> Versi : <<versi>>
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Pertemuan 4 Menentukan Class
Pertemuan 11 Structure Class
Pertemuan 1 Metoda Perancangan Berorientasi Object
Pertemuan 14 Operating System 2
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Matakuliah : N0622/Penerjemahan Lisan Jepang - Indonesia
Pertemuan 12 Structure Class
Pertemuan #1 Introduction
Pertemuan 9 Structure Class
Matakuliah : S0494/Pemrograman dan Rekayasa Struktur
Pertemuan 01 Pengenalan OOAD
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 3 Diferensial
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Model Berorinetasi Data
Pertemuan 13 Bentuk Bangunan
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Tim Dosen Basis Data Fakultas Ilmu Komputer UDINUS
Pertemuan #13 Metoda Cholesky
Pertemuan 4 Object and Class.
Transcript presentasi:

Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun : 2005 Versi : 5 Pertemuan 03 Classes

Memberikan definisi Object dan Class (C1) Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Memberikan definisi Object dan Class (C1) Menerangkan perbedaan class dengan object (C2)

Outline Materi Object Class

Analisis Problem Domain System Definition Behavior Classes Structure Model

Class of ?

Class of Humans

Class of Mammals

Class of Domestic Animals ?

Menentukan Class Principle: Klasifikasikan object didalam problem domain Object: suatu entitas yang mempunyai identitas, state dan behavior Harus bisa mengidentifikasi dan membatasi entity Independent. Class: adalah deskripsi dari kumpulan object yang mempunyai struktur, behavior pattern dan attribute yang sama Principle : Object diberi karakter sesuai dengan eventnya Event: Insident yang terjadi seketika yang melibatkan satu atau lebih object

Menentukan Class Classes Events Problem domain Agreement Customer Bank employee Contract description … Enter into contract Contract is terminated … Events Problem domain

Object Vs Class Object adalah suatu entitas yang memiliki identitas, state, dan behavior Class adalah kumpulan dari object yang mempunyai structure, behavioral pattern, dan attributes yang bersamaan

Menentukan Class dan Event Event table Cari candidate Untuk Class Cari candidate Untuk event Evaluasi dan pilih Secara sistematis

Class Cari Calon Jangan membuang terlalu cepat, lebih baik dievaluasi dengan teliti Model baru atau perbaiki situasi tidak hanya seperti apa adanya Bagaimana menemukan candidate untuk Class Kata benda didalam keterangan atau pembicaraan Daftar dari tipical object Cari persamaan dengan sistem komputer Literatur teknis didalam problem domain Beri nama Class secara hati hati Sederhana, mudah dibaca, tepat, tidak membingungkan, seperti yang digunakan di problem domain

Contoh Class Phenomena Thing People & Role Organizations Places Car, goods, packaging, materials People & Role Employee, parent, customer, member Organizations Company, Department, Group, Project Places Shelf, parking spot, construction site, City Concepts Square, currency, quality, parameters, fee Resources Money, time, energy, labor force, info Apparatuses Radar, sensor, valve, motor System Street register, cash register, alarm system

Kriteria Evaluasi untuk Class Dapatkah mengidentifikasikan object dari class Perlu dapat mengidentifikasikan object secara jelas Apakah class mempunyai informasi yang unik Dapatkah informasi diturunkan dari class lain Apakah class dapat menurunkan banyak object? Jika hanya satu instance, biasanya hampir tidak diperlukan Apakah class mempunyai jumlah event yang cocok dan dapat di manage ? Terlalu banyak event bisa menunjukkan butuh class lagi

To Be Continue