PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak
Advertisements

REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
CLASS DIAGRAM.
Unified Modelling Language (UML)
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
Pertemuan 6 Structural modelling
SEQUENCE DIAGRAM.
Lebih Lanjut Tentang UML
Architecture dan design
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Analisis Model.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
PEMODELAN SISTEM INFORMASI
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Diagram Objek Materi.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
CLASS DIAGRAM Materi Pertemuan 26
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
Unified Modeling Language [UML]
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
CLASS DIAGRAM.
Analisis Model.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
Diagram Class, Diagram Objek Diagram Component dan Deployment
Object-Oriented Design (OOD)
Lanjutan.
Lebih Lanjut Tentang UML
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
SEQUENCE DIAGRAM.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Class Diagram Siti Mukaromah, S.Kom.
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Latihan Soal 1. Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle), yang tidak masuk dalam kategori tahapan SDLC adalah a. Analisa.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMODELAN SISTEM INFORMASI
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Use Case Diagram.
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Use Case Diagram.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REVIEW UML.
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
Analisis Model.
Perancangan PL berorientasi objeck
Unified Modelling Languange (UML)
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
Lanjutan.
Rekayasa Perangkat Lunak Part 7
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) PALANGKARAYA
Suplemen collaboration diagram component diagram
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Perancangan Perangkat Lunak –Part 2
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

PENDEKATAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERORIENTASI OBJEK UNTUK MENDESAIN SEBUAH SISTEM DISEBUT DENGAN DESAIN BERORIENTASI OBJEK. DESAIN BERORIENTASI OBJEK BANYAK TERKAIT DENGAN IDENTIFIKASI DAN KLASIFIKASI TIGA TIPE OBJEK, MELIPUTI OBJEK ANTARMUKA, ENTITI, DAN KONTROL. TIPE OBJEK ANTARMUKA DAN KONTROL ADALAH OBJEK YANG MERUPAKAN HASIL DARI IMPLEMENTASI KEPUTUSAN YANG DIBUAT SELAMA DESAIN SISTEM.

PERANCANGAN OBJEK OBJEK ENTITY DIIDENTIFIKASI SELAMA ANALISIS SISTEM DAN BIASANYA DIHUBUNGKAN DENGAN ITEM DIDALAM KEHIDUPAN NYATA DAN MEMUAT INFORMASI, YANG DISEBUT ATRIBUT, YANG MENGGAMBARKAN CONTOH-CONTOH YANG BERBEDA DARI SEBUAH ENTITY. OBJEK ANTARMUKA ADALAH OBJEK YANG MEWAKILI SEBUAH ALAT YANG AKAN DIPAKAI OLEH PENGGUNA UNTUK BERANTARMUKA DENGAN SISTEM. FUNGSIONALITAS USE CASE.

C. OBJEK CONTROL DIANGGAP SEBAGAI “POLISI LALU-LINTAS” YANG BERISI LOGIKA APLIKASI ATAU ATURAN BISNIS DARI SEBUAH PERISTIWA. SIMBOL: OBYEK ENTITI OBYEK ANTARMUKA OBYEK KONTROL

PERANCANGAN HUBUNGAN (DEPENDENCY, NAVIGABILITY) MI51/19/12/2011 DEPENDENCY, HUBUNGAN DEPENDENSI/KETERGANTUNGAN DIGUNAKAN UNTUK MEMODELKAN ASOSIASI ANTARA DUA BUAH KELAS DALAM DUA BUAH CONTOH/INSTANCE. UNTUK MENUNJUKKAN BAHWA KETIKA TERJADI PERUBAHAN PADA SEBUAH KELAS, PERUBAHAN TERSEBUT DAPAT BERPENGARUH PADA KELAS LAIN. HUBUNGAN DEPENDENSI DIGAMBARKAN DENGAN SEBUAH ANAK PANAH DENGAN GARIS PUTUS-PUTUS.

In OO programming every piece of code resides inside an object class CONTOH: In OO programming every piece of code resides inside an object class

NAVIGABILITY, OBJEK DARI SEBUAH TIPE DAPAT MENAVIGASI KE OBJEK YANG TIPENYA LAIN. NAVIGABILITY DIILUSTRASIKAN DENGAN ANAK PANAH YANG HANYA MENUNJUK KE ARAH PESAN TERSEBUT DIKIRIM. CONTOH:

VISIBILITY ADALAH LEVEL AKSES YANG DIMILIKI OLEH SEBUAH OBJEK EKSTERNAL PADA SEBUAH ATRIBUT ATAU METODE. UML MEMPUNYAI TIGA BUAH LEVEL VISIBILITY: PUBLIC, DENGAN SIMBOL “+” PROTECTED, DENGAN SIMBOL “#” PRIVATE, DENGAN SIMBOL “-” CONTOH:

TANGGUNG JAWAB OBJEK ADALAH KEWAJIBAN BAHWA SEBUAH OBJEK HARUS MEMBERIKAN LAYANAN KETIKA DIMINTA DAN BEKERJA SAMA DENGAN OBJEK LAIN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN TERSEBUT JIKA DIMINTA. METODE ADALAH LOGIKA PERANGKAT LUNAK YANG DIEKSEKUSI SEBAGAI RESPONS TERHADAP SEBUAH PESAN

KEMAMPUAN OBJEK UNTUK DIGUNAKAN KEMBALI. JANGAN PERNAH MEMBUAT PERANGKAT LUNAK BARU UNTUK MEMECAHKAN MASALAH DI MANA ORANG LAIN TELAH MEMBUAT PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMECAHKAN MASALAH TERSEBUT DENGAN BENAR DAN EFISIEN.

ADA PERTANYAAN ?