YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH BAB I A YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
KETENTUAN SELALU ADA LITERASI ( 10 MENIT ) 80 % TIDAK ADA PR SEMUA LATIHAN SOAL* DIKERJAKAN DI SEKOLAH PADA JAM PELAJARAN 20% TUGAS KELOMPOK-TERSTRUKTUR-PENELITIAN MASYARAKAT BUTUH 2 BUKU – CATATAN & TUGAS – CATATAN BOLEH DISAMBUNG DARI KELAS 7
Tujuan Pembelajaran Memahami konsep Kerajaan Allah baik menurut masyarakat Yahudi maupun menurut Yesus Membedakan istilah Kerajaan Allah dan Kerajaan Surga yang terdapat dalam sinoptik Memahami cara yang dipakai Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah
LITERASI BUKA BUKU CETAK AGAMA BAB 1 BACA HALAMAN 1 – 9 ( BAGIAN A) RINGKAS MENJADI ¼ - ½ HALAMAN WAKTU 10 MENIT TULIS JUDUL : BAB 1 A
GAMBAR
KONSEP PL & PB PERJANJIAN LAMA PERJANJIAN BARU Allah dilihat sebagai Raja yang penuh kuasa, kuat, perkasa, adil. Raja yang selalu hadir untuk menyelamatkan ketika bangsa Israel hidup dalam penindasan (konsep ini didasari dari 2 pengalaman besar bangsa Israel Terdapat beberapa konsep Kerajaan Allah SITUASI (Pengalaman Pembuangan di Mesir) Allah adalah Raja yang kuat, yang berkuasa, yang berdaulat, yang adil – Allah hadir melalui Musa Pada waktu itu, bangsa Israel dijajah hidup dalam penjajahan Romawi Terdapat dua pusat kekuasaan, yaitu “kekuasaan Negara dikuasai Romawi” dan “kekuasaan Agama” dikuasai Ahli Taurat (Pengalaman Pembuangan di Babelonia) Allah yang tidak membiarkan bangsa Israel hidup dalam penindasan, Allah membela bangsa Israel, Allah sedang membangun suatu dunia baru: damai. Allah hadir melalui Yeremia, Yehezkiel, Yesaya
CIRI KEKUASAAN ROMAWI & KEKUASAAN AHLI TAURAT Pejabat korup, amoral, pemerasan, kekacauan politik, kemiskinan Kaisar, Gubernur, pegawai pemerintahan (mis: pemungut pajak, dll), para serdadu Diskriminatif, munafik, NATO (no action talk only), penghasut, self-confedence (nyaman sendiri) Farisi – Saduki, Pasukan (penjaga Bait Allah) Percaya pada Taurat Musa: (Kejadian, Keluaran, Bilangan, Imamat, Ulangan) Farisi: Percaya Taurat dan Percaya adanya kebangkitan (hidup sesudah kematian) Saduki: Percaya Taurat tapi tidak percaya adanya kebangkitan (hidup sesudah kematian) (Luk 20:27-40)
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH situasi YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH KELOMPOK MASYARAKAT YAHUDI MASYARAKAT BIASA AHLI TAURAT BANGSAWAN KELOMPOK PENDOSA
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH situasi PAHAM MASYARAKAT TENTANG KERAJAAN ALLAH KA Politis Apokaliptis Yuridis - Religius KA hanya tercapai bila Mesias tampil sebagai seorang tokoh politik, melawan penindasan Romawi Masyarakat Biasa (Kaum Zelot) Kelompok Pendosa Ahli Taurat KA hanya tercapai jika Allah meruntuhkan kekuasaan dunia (sekarang). KA adalah dunia baru tidak ada penderitaan, dll (akhir zaman ) KA sudah ada dan akan ada Yuridis: KA ada melalui Tauraat Musa Religius: di akhir zaman KA diperuntukkan bagi orang-orang yang taat pada Taurat Musa
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH Versi Yesus YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH KERAJAAN ALLAH YANG DIWARTAKAN YESUS Baca Teks Luk 4 : 16 – 22 (hal. 8) Kerajaan Allah “sudah datang & sudah ada” di antara mereka, yakni dalam diri YESUS KRISTUS ALLAH (yang hadir dalam diri YESUS KRISTUS) datang untuk membebaskan manusia dari kemalangan, penindasan, penderitaan, dan segala bentuk kejahatan ARTINYA: KA sifatnya “SEKARANG/MASA KINI” SELAIN ITU, KA juga akan disempurnakan pada “MASA DEPAN”, yakni pada akhir zaman; saat manusia bisa menikmati Perjamuan Tuhan di surga. KA bersifat “ESKATOLOGIS”
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH Versi Yesus KERAJAAN ALLAH YANG DIWARTAKAN YESUS Baca Teks Luk 4 : 16 – 22 (hal. 8) Gambaran KA terwujud dalam diri YESUS: pembebasan dari penindasan, penderitaan, (tahun rahmat Tuhan) KA akan datang segera, diambang pintu, tidak akan ditunda-tunda, sudah dekat. Oleh karena itu, BERJAGA-JAGA KA tidak hanya datang di dunia ini dan masa kini. KA akan disempurnakan di masa depan (akhir zaman : ESKATOLOGIS). Oleh karena itu, BERTEKUNLAH DALAM IMAN
KONSEP UMUM KERAJAAN ALLAH KA adalah situasi dimana Allah merajai semua manusia untuk mengasihi dan menyelamatkan manusia. Ciri situasi KA adalah adanya damai, sukacita, tentram, keadilan, kebebasan, etc. Oleh karena itu, KA bersifat “sekarang”. Artinya: dapat diciptakan oleh manusia saat masih hidup di dunia. KA adalah tempat dimana Allah yang tampil sebagai raja pada kehidupan akhir zaman. KA bersifat “akan datang”/eskatologis. Artinya KA yang akan dialami oleh manusia pada akhir zaman / saat kematian di surga
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH Versi Yesus YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH PERBANDINGAN KONSEP KA YESUS DGN KONSEP POLITIK, YURIDIS-RELIGIUS, APOKALIPTIS KONSEP P/YR/A KONSEP YK Bagi masyarakat Yahudi, KA hanya tercapai bila MESIAS tampil sebagai tokoh politik yang kuat, berkuasa dan mengalahkan penjajahan romawi. Bagi Ahli Taurat, KA sudah ada dan akan ada. SUDAH ADA dalam Taurat dalam Taurat Musa. AKAN ADA di akhir zaman dan hanya diperuntukkan bagi orang yang menjalankan ajaran Tauarat Musa Bagi apokaliptis, KA terwujud bila Allah tampil dengan kekuasaanNya meruntuhkan segala kuasa dunia dan mendirikan dunia baru dimana tidak ada penderitaan, dll. Bagi Yesus, MESIAS adalah Allah yang tampil dalam kesederhaan, datang untuk melayani (bukan untuk berkuasa), rela menderita bagi banyak orang Bagi Yesus, KA SUDAH ADA (dalam diri-Nya) karena (Yesus) adalah pemenuhan janji Allah / pemenuhan Taurat Musa. AKAN ADA di akhir zaman (ditujukan bagi siapa saja) dan disediakan oleh Allah yang orang berkenan kepada Allah. Bagi Yesus, KA sudah ada dalam diriNya. IA datang untuk membebaskan orang-orang tertindas, menyembuhkan berbagai penyakit, membangkitkan orang mati, dll.
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH istilah KERAJAAN ALLAH YANG DIWARTAKAN YESUS KERAJAAN ALLAH YUNANI (YAHUDI DIASPORA) ISRAEL / YAHUDI KERAJAAN SURGA Matius Sudah mengenal Allah Nama Allah – sakral Tinggal dalam wilayah Yahudi Markus, Lukas Ada yang sudah – ada yang belum mengenal Allah Pengaruh budaya Yunani Tinggal di luar Yahudi / diperbatasan (diaspora) Konsep Allah perlu diperkenalkan lagi
LATIHAN SOAL Siapakah Allah bagi bangsa Yahudi/Israel menurut Perjanjian Lama? Uraikan struktur masyarakat Yahudi (pada masa hidup Yesus)! Jelaskan 3 pandangan/konsep Kerajaan Allah yang ada pada masyarakat Yahudi (pada masa hidup Yesus)! Apakah konsep Yesus tentang Kerajaan Allah? Manakah perbedaan Kerajaan Allah menurut Ahli Taurat dan Yesus? Apa yang dimaksud dengan Kerajaan Allah Eskatologis? Uraikan perbedaan “istilah: Kerajaan Allah (Markus-Lukas) dan Kerajaan Surga (Matius)! Apa perbedaan konsep Kerajaan Allah sebagai “tempat” dan “situasi” Apa persamaan dan perbedaan antara orang Farisi dan orang Saduki?